Tips Finishing Kayu yang Ramah Lingkungan

Saat ini, kita sudah tidak asing lagi dengan istilah “ramah lingkungan”. Banyak lembaga ataupun organisasi yang bergerak untuk tujuan meningkatkan kesadaran menggunakan produk-produk yang aman dan ramah lingkungan. Hal ini dilatarbelakangi oleh banyaknya produk berbahan kimia yang menyebabkan masalah kesehatan dan pencemaran lingkungan.

Produk ramah lingkungan yang saat ini mulai marak adalah penggunaan produk cat water based. Cat water based mengandung bahan-bahan yang direkomendasikan oleh regulasi demi menjaga keamanan dari kandungan bahan kimia, seperti VOC dan bahan kimia berbahaya lainnya.

Penyebabnya tentu saja karena masih banyak produk yang digunakan di kehidupan sehari-hari mengandung bahan-bahan berbahaya dalam konsetrasi yang cukup tinggi.

Walaupun pada dasaranya cat tidak sedikit mengandung bahan kimia aktif yang justru berbahaya bagi kesehatan, toh mereka masih punya kesempatan untuk medapat setrifikasi sedikit mengandung bahan kimia berbahaya atau malah tidak ada kandungan bahan kimia berbahayanya serta ramah lingkungan melalui regulasi internasional seperti US EPA.

Sebagai lembaga regulasi yang mengatur sertifikasi dampak kesehatan dan lingkungan dari cat, US EPA menyatakan bahwa produk dengan kandungan VOC menengah sampai tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. VOC sendiri merupakan senyawa organik dengan tekstur gas yang diemulsikan dari benda padat ataupun cair.

Cat umunnya menimbulkan bau yang menyengat sampai menimbulkan gejala seperti mual, pusing, sesak nafas ataupun iritasi. Namun, dengan kemajuan teknologi tentu tidak sulit jika menciptakan produk yang ramah lingkungan.

Jika beberapa tahun lalu, sudah mulai gencar meninggalkan penggunaan plastik, kini dalam dunia finishing yang awalnya menggunakan cat solvent based kini beralih kepada cat water based.

Finishing Cat Water Based

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa cat water based merupakan solusi terbaik sebagai alternatif atau pengganti cat solvent based. Meskipun saat ini mulai dijumpai cat water based di Indonesia, faktanya masih banyak masyarakat yang awam dengan cat water based.

Jika dilihat lagi, cat water based sebenarnya lebih simple dan fleksibel, loh. Anda tidak perlu lagi membeli pelarut seperti thinner yang semaking menguras isi kantong. Belum lagi waktu keringnya yang hanya hitungan satu sampai dua jam saja. Bukan kah sangat cocok dengan kehidupan masyarakat saat ini yang lebih memilih untuk lebih fleksibel dan cepat?

Bagi seorang aplikator, pemilihan produk yang berkualitas akan memberikan pengaruh yang bagus sehingga membutuhkan cat dengan teknik yang cukup rumit. Namun, bukan bagi seorang pengrajin ataupun orang yg masih awam. Pemilihan cat biasanya tergantung hasik warna serta pengerjaannya yang cepat.

Masyarakat urban saat ini memiliki peluang waktu yang tidak banyak. Umumnya mereka hanya akan menghabiskan waktu di rumah untuk istirahat. Ya, masyarakat urban lebih menghabiskan waktunya di luar rumah baik untuk bekerja ataupun aktivitas lainnya. Bagi Anda yang suka bereksperimen di rumah, ada baiknya untuk menggunakan cat yang hasilnya cepat namun juga mudah diaplikasikan.

Tidak hanya mengecat tembok saja yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Anda bisa mengecat ulang atau mengecat furniture yang baru saja Anda beli. Pilihan cat kayu pun sangat banyak namun jika Anda menginginkan cat yang cepat kering, tidak menimbulkan bau menyengat serta aman digunakan Anda bisa menggunakan cat water based tersebut.

Kenapa cat kayu berbahan water based cenderung tidak meninggalkan bau menyengat? Sebab, cat tersebut tidak menggunakan bahan-bahan organik seperti thinner atau spiritus sebagai pelarut. Selain itu, cat tersebut tidak mudah menguap dan mengeluarkan bahan cat yang berbahaya.

Cat Ramah Lingkungan dan Juga Higienis

Bumi membutuhkan ruang untuk bernafas karena banyak hutan yang pepohonannya ditebang secara ilegal. Hal ini membuat oksigen semakin menipis sehingga kebutuhan udara bersih pun juga menipis. Tidak ingin bernafas dengan udara yang sudah tercemar, bukan? Semakin banyak penduduk maka kebutuhan oksigen pun seharusnya semakin banyak. Sayangnya, banyak faktor yang membuat udara semakin tercemar, salah satunya adalah dengan penggunaan cat yang mengandung VOC sangat tinggi.

Namun, setiap cat pasti memiliki kelebihan dan kekurangan sesuai dengan fitur yang ditawarkan. Selama ini, cat dengan kualitas yang baik pasti harganya cenderung lebih mahal. Memang benar, kualitas cat akan sangat berpengaruh pada harga karena hal tersebut sebanding dengan , proses pembuatan, bahan baku serta hasil cat.

Untuk menciptakan nuansa ruangan yang indah, cat memiliki peran untuk menghidupkan suasana. Para pakar menganggap bahwa cat sangat berpengaruh pada mood atau suasana hati penguhuni rumah.

Wajar apabila banyak orang yang sangat memperhatikan warna cat. Belum lagi jika dalam ruangan dihiasi dengan furniture. Hingga saat ini, desain furniture selalu berputar sesuai dengan tren yang diinginkan masyarakat. Seperti awal tahun semacam ini, tren furniture selalu menjadi topik hangat di kalangan pecinta desain interior.

Tahun 2021, furniture mengalami perubahan mengikuti tren akibat tragedi pandemi yang terjadi sejak tahun 2020. Secara tidak langsung, tren interior termasuk furniture juga terpengaruh mengikuti kecenderungn rasa dan rasa nyaman penghuni rumah. Orang-orang lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah sehingga banyak aktivitas di dalam rumah sangat memperhstiksn tren furniture mereka. Adakalanya, furniture dapat dialihfungsikan sesuai kebutuhan misalkan saja meja makan yang beralih fungsi menjadi tempat bekerja sesuai dengan selera penghuni rumah.

Agar furniture tetap nyaman digunakan selama pandemi sepeti sekarang ini maka kita sangat wajib memperhatikan penggunaan cat dalam lingkungan rumah kita. Ada baiknya, cat water based menjadi konsern kita semua. Cat tersebut lebih nyaman digunakan karena tidak menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Menjaga imun dan kesehatan sudah menjadi kewajiban agar tidak mudah terserang virus.

Biovarnish sanding sealer

Banyak orang memilih mengecat sendiri furnituremereka sendiri untuk mengisi waktu luang di rumah. Dengan menggunakan cat water based, tidak hanya menghasilkan furniture yang estetik saja tapi juga lebih ramah lingkungan dan aman untuk kesehatan. Untuk dapat mengecat ulang furniture lama di rumah, Anda bisa mengikuti alur mengecat berkut ini.

  • Amplas terlebih dahulu permukaan furniture lama agar cat lama tidak menganggu lapisan coating yang baru untuk melekat dengan sempurna.
  • Setelah bersih, aplikasikan cat sesuai dengan tahapan yang dibutuhkan. Misalkan, langkah awal apabila furniture mengalami cacat akibat gesekan benda tumpul maka aplikasikan terlebih dahulu dempul kayu. Setelah itu, Anda dapat mengaplikasijan wood stain.
  • Anda dapat mengkreasikan warna baik warna natural kayu atau mix and match dengan warna solid.
  • Jika Anda menggunakan cat water based maka cat akan lebih cepat kering dan furniture lama sudah siap untuk digunakan kembali.

Langkah mengecat ulang di atas sebenarnya cukup sederhana. Namun, adakalanya orang mengabaikan proses mengamplas permukaan kayu sebelum diaplikasikan cat sehingga tampilan warnanya cenderung tidak rata. Di sinilah pentingnya mengtahui teknik finishing yang baik agar hasilnya dapat optimal. Dengan demikian, Anda tidak perlu menyewa jasa tukang untuk mengecat furniture Anda. Selain mengeluarkan biaya lebih, Anda juga tidak dapat mengkreasikan furniture Anda sendiri.

Sebelumnya sudah dijelaskan tentang cat water based yakni cat yang terbuat dari bahan air. Sejak awal tahun 2000an, cat water based sudah merambah pasar di Indonesia. Sayangnya, masih sedikit orang yang memahami dan pentingnya penggunaan cat water based demi lingkungan.

Untuk beberapa tahun terakhir, cat water based mulai populer di kalangan masyarakat. Meskipun tidak semua orang yang mengenal cat tersebut namun perkembangan cat water based mulai terlihat signifikan. Hal ini diiringi dengan mulai banyaknya perusahaan cat lokal yang mengembangkan cat water based. Banyak orang mulai melirik dan menjadikan cat water based sebagai alternatif  karena cat tersebut lebih ramah lingkungan.

Cara Beli Cat Kayu Ramah Lingkungan

Saat ini, Anda tidak perlu import merek dagang cat dari luar negeri untuk mendapatkan cat kayu yang ramah lingkungan untuk proses finishing. Cat water based saat ini sudah dengan mudah dijumpai di Indonesia. Meskipun diproduksi oleh perusahaan cat lokal, cat water based lokal tidak kalah dengan cat water based yang diproduksi luar negeri. Produk dari Bio Industries Omnipresen adalah salah satu cat water based unggulan yang sudah terjamin kemananan dan kualitas hasil finishing karena sudah terverifikasi oleh lembaga US EPA dan ECHA.

Bio Industries Omnipresen memiliki beberapa produk cat water based di antaranya adalah Biovarnish dan Bio Duco. Cat tersebut sangat cocok Anda gunakan untuk mengecat rumah dan perabotan sehari-hari Anda. Bio Industries Omnipresen menawarkan cat kayu natural dan solid colour yang bisa Anda gunakan untuk finishing pada lapisan media yg heavy duty. 

Cat water based bukan hanya sekedar tren tapi merupakan salah satu upaya meminimalisir penggunaan produk kimia berbahaya yang mampu mengancam keamana dan lingkungan. Dengan menggunakan produk-produk ramah lingkungan macam cat water based maka Anda sudah ikut serta menjaga lingkungan dari dampak buruk bahan kimia berbahaya.

Lalu bagaimana cara mendapatkan berbagai produk dari Bio Industries? Produk-produk dari Bio Industries ini bisa Anda dapatkan langsung di agen-agen Bio Industries di setiap daerah terdekat dengan kota Anda. Atau Anda dapat langsung mengunjungi Bio Centre Office yang terletak di Jl. Sidikan No. 94, Sorosutan, Umbulharjo, Yogyakarta. Lebih mudahnya, Anda bisa langsung menghubungi kontak hotline yang tercantum pada website ini atau juga via e-mail [email protected]

Selain menghubungi kontak hotline atau e-mail di atas, Anda juga dapat membeli produk Bio Industries di marketplace kesayangan Anda;

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/bioindustries

Bio Industries tidak hanya menyediakan produk cat saja melainkan juga produk untuk keperluan perkayuan lainnya seperti bahan bleaching, obat anti jamur/anti serangga dan perawatan kayu. Semua produk tersebut menggunakan bahan yang ramah lingkungan. Meskipun produk tersebut mengadung bahan yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan produk lainnya, Anda disarankan untuk tetap menjaga protokol kemanan seperti menggunakan sarung tangan, masker, kacamata pelindung dll.

Yuk ciptakan ruangan Anda lebih nyaman menggunakan cat yang ramah lingkungan. Selain nyaman, keluarga serta orang-orang sekitar Anda akan merasa lebih aman karena cat ersebut tidak menimbulkan gejala gangguan kesehatan pada tubuh.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X