5 Jenis Cat Besi Sering Digunakan, Manakah yang Terbaik?

Material besi merupakan jenis bahan yang bisa dibilang mampu menyaingi kayu soal desain interior. Adanya lapisan cat besi membuat material ini mampu memberikan aksen dalam interior rumah atau kantor dalam berbagai season. Tahukah Anda bahwa besi memiliki jenis finishing yang sangat luas? 

Apabila Anda ingin memperlihatkan keindahan dari furnitur atau dekorasi dari besi di rumah, maka pemilihan cat besi anti karat sangatlah penting. Baik itu tampilan yang practical atau yang sesuai dengan gaya Anda harus dicari dengan tepat. Semua itu bisa Anda dapatkan jika mengetahui jenis finishing dan bahan apa saja yang banyak digunakan di luaran sana. 

Supaya tak salah memilih cat besi untuk furnitur yang akan jadi proyek Anda selanjutnya, kenali jenis-jenisnya di sini. Sebagai awalan, akan lebih baik jika Anda mengenali jenis besi dan finishingnya terlebih dahulu. 

Bukan Hanya Cat Besi, Ini Tampilan Menarik dari Bahan Metal

Jangan terburu-buru ketika hendak memutuskan apakah cat besi terbaik yang sebaiknya digunakan. Karena Anda bisa saja salah menerapkannya pada sebuah metal. Jika Anda membeli besi kemudian dirakit sendiri, bisa saja besi tersebut sudah difinishing sebelumnya.

Contohnya saja untuk besi galvanis atau galvalum, bahan metal ini sudah memiliki lapisan cat dari pabrikan. Sehingga metode yang digunakan untuk mengecatnya ulang untuk mendapatkan tampilan baru pun berbeda. Berikut ini beberapa tampilan dari cat besi yang diaplikasikan. 

1. Anodisasi

Ada tiga jenis hasil finishing pada produk metal yang banyak digunakan. Pertama adalah anodisasi yaitu proses membentuk lapisan oksida yang memanfaatkan O2 dari larutan elektrolit. Sehingga terbentuklah lapisan oksida yang bisa melindungi bahan metal khususnya aluminium. 

Hanya saja proses ini membutuhkan langkah yang benar karena pekerjaan yang salah akan menurunkan lapisan kimia yang melindungi serta justru mudah rusak. Beberapa jenis furnitur besi outdoor membutuhkan finishing ini. Prosesnya yang cepat membuatnya finishing paling murah

2. Flash Plating

Finishing ini secara umum adalah membentuk lapisan tipis dari bahan metal itu sendiri seperti perak, tembaga dan lainnya. Hasilnya akan tampak sangat otentik dan unik sehingga lebih menarik. 

Hanya saja finishing ini tidak tahan terhadap korosi, namun bisa menciptakan tekstur yang sangat bervariasi. Anda bisa mendapatkan hasil finishing ini dengan kuas atau dipoles. 

3. Perpaduan metal dengan kayu

Sebuah furnitur dari bahan metal bukan berarti hanya satu bahan yang digunakan saja. Akhir-akhir ini pada desain industrial, bahan metal justru lebih sering dipadukan dengan material kayu. Kombinasi ini pun menjadi tren di sepanjang tahun 2019 lalu. 

Sebuah furnitur dari metal dan kayu akan memperluas cara untuk memperindah sebuah ruangan. Kesan hangat dari serat kayu dipadukan dengan tampilan dingin dari sebuah metal. Pembentukan karakter yang baru inilah, membuatnya banyak digandrungi. 

4. Metal dapat di finishing apapun

Secara umum, material metal sebenarnya bisa di finishing dengan cara apapun. Anda bisa menggunakan cat besi dengan warna solid, bisa juga memperlihatkan kesan maskulin hanya dengan memolesnya saja. 

Hal yang perlu diperhatikan adalah Anda tidak perlu membatasi imajinasi dalam finishingnya. Sama dengan kayu, metal bisa di finishing dengan warna apapun juga. 

Besi atau metal adalah jenis bahan yang memiliki ketahanan sangat tinggi. Apabila digunakan sebagai home dekor pun cocok di sepanjang musim. Dengan kekuatannya juga Anda bisa mendapatkan sebuah furnitur yang spesial. 

Selain itu besi adalah bahan yang bisa didaur ulang. Sangat berbeda dengan plastik, untuk mendaur ulangnya Anda bisa dengan mengganti cat dengan yang baru. Bagaimana, apakah Anda sudah menentukan tampilan seperti apakah furnitur besi di rumah? 

Jenis-Jenis Cat Besi yang Sering Digunakan untuk Finishing

Mendengar material besi, kebanyakan orang pasti hanya memikirkan soal bahan untuk konstruksi atau mesin. Namun besi juga bisa digunakan untuk dekorasi ruangan hingga furnitur dan menjadi elemen esensial dalam sebuah ruangan. 

Sebagai elemen sebuah desain, memberikan finishing pada besi adalah sebuah keharusan. Bukan hanya membuat proteksi pada besi tetapi juga memperindah tampilannya. Jika Anda sedang mempertimbangkan cat dasar besi apa yang sebaiknya digunakan, maka kenali dulu jenis-jenisnya. 

Sama seperti cat untuk kayu, ada banyak tipe cat untuk besi. Apa saja jenisnya, simak di bawah ini. 

1. Epoxy coating

Lapisan ini adalah opsi yang terbaik pada tingkatan industri. Epoxy sendiri disebut dengan dua coating, karena terdiri dari lapisan top coat dan juga primer. Cat besi ini didesain khusus untuk memberikan proteksi pada besi dari karat dan oksidasi. 

Coating dari epoxy terkenal sangat keras serta tahan terhadap retakan, alkali, asam, atau produk petroleum. Oleh karenanya bahan finishing ini banyak digunakan pada material besi untuk konstruksi, mesin atau pipa gas dan minyak. 

2. Powder coating

Proses finishing yang didapatkan dari bahan finishing ini melibatkan beberapa langkah. Bahan ini juga terbuat dari resin khusus, filler dan juga pigmen. Bubuk kering yang dilapiskan pada besi akan menimbulkan efek secara elektrostatis. Sehingga menarik partikel pada besi di saat suhu tinggi. 

harga cat besi tidaklah mahal mengingat hasilnya yang lebih tahan dan melindungi permukaan. Selain itu ada banyak pilihan warna yang tersedia untuk meningkatkan tampilan estetisnya. 

3. Galvanis

Anda pasti tidak asing lagi dengan istilah galvanis. Sebuah besi yang berwarna silver yang sudah diberikan lapisan galvanis menjadi produk yang tahan terhadap sinar uv. Bahkan besi juga tahan dari air laut yang mengandung asam tinggi. 

Proses finishingnya adalah dengan mencelupkan besi ke dalam galvanis cair yang sangat panas. Sehingga membentuk lapisan kuat dan tebal untuk mencegah korosi. Zinc bekerja sebagai lapisan yang mencegah karat. 

4. Metal Plating

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, metal plating adalah langkah finishing yang menggunakan material metal lain untuk melindungi besi. Kekurangan yang dimiliki dari cat besi ini adalah tidak bisa menghasilkan finishing yang halus. 

Kerusakan asli yang dimiliki permukaan kayu akan tetap terlihat dan membuatnya tampak buruk jika Anda menginginkan hasil mulus. 

5. Cat Enamel

Merupakan cat kayu dan besi yang akan memberikan warna solid atau keemasan pada kayu. Bahan finishing ini akan memberikan tampilan halus merata pada permukaan kayu. Cat enamel juga sudah dilengkapi dengan zinc yang mampu mencegah korosi. 

Saat ini jenis cat besi enamel yang paling banyak digunakan adalah cat Orchid. Produk cat water based ini hanya cukup dicampurkan dengan air saja kemudian cara mengaplikasikannya adalah dengan kuas. Ada 20 pilihan warna cat besi Orchid yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. 

Di antara semua jenis cat besi ini, manakah yang paling mudah digunakan? Cara paling mudah adalah dengan cat Orchid. Karena produk ini akan membentuk lapisan pelindung. Anda tidak perlu pusing dengan proses anodisasi yang melibatkan bahan kimia. 

Bagi Anda yang ingin mendapatkan produk Orchid, bisa langsung melakukan pembelian melalui link berikut ini:

  1. https://www.tokopedia.com/catkayu 
  2. https://www.tokopedia.com/bioindustries
  3. https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X