Jenis dan Cara Menggunakan Cat Lemari Kayu Warna Putih

Jenis dan Cara Menggunakan Cat Lemari Kayu Warna Putih

Siapa takut mengecat warna putih? Hasil finishing berwarna putih akan menandakan kebersihan dan furniture akan tampak lebih indah. Khususnya pada furniture yang terbuat dari bahan kayu buatan. Agar tidak merusak substrat kayu maka hindari menggunakan finishing HPL karena Anda akan merusak permukaan kayu.

Cat adalah pilihan terbaik untuk semua lemari kayu yang terbuat dari plywood, multiplek, triplek hingga particle board. Seringkali bagi pemula warna putih banyak dipilih karena, menjangkau warna tersebut lebih mudah.

Warna putih tersedia dalam berbagai jenis merk cat namun belum tentu semuanya memberikan hasil yang sempurna. Anda harus menemukan merk cat kayu warna putih yang berkualitas.


Seperti apakah cat kayu warna putih untuk lemari di rumah yang berkualitas? Bagaimana Anda akan mengaplikasikannya? Apakah terdapat beberapa hal yang harus dihindari agar bisa tetap mendapatkan hasil warna putih yang sempurna?

Jenis dan Cara Menggunakan Cat Lemari Kayu Warna Putih
Lemari pakaian berwarna putih

Semua pertanyaan tersebut akan Anda dapatkan jawabannya dalam artikel ini.

Jenis Cat Kayu Lemari Warna Putih yang Sebaiknya Digunakan

Apakah Anda sedang mencari produk cat kayu dengan warna putih yang memiliki kualitas paling baik> Maka Anda berada di tempat yang tepat. Mencari produk cat yang berkualitas dengan warna putih ini cukup sulit.

Anda harus dilihat dari bahan kimia apa saja yang digunakan, bagaimana proses aplikasinya hingga bagaimana ketahanannya dimasa depan. Contoh warna yang diberikan dari produsen cat seringkali tidak memuaskan.

Warna yang dihasilkan bisa saja berbeda dari contoh, karena warna kayu akan sangat mempengaruhi. Oleh karena itu penting sekali untuk memberikan cat dasar kayu yang berupa primer coat.

Karena Anda akan mengaplikasikan cat kayu warna putih maka warna dari primer coat yang dipilih juga berwarna putih. Primer coat akan menutup warna kayu dan seratnya sehingga memperkuat warna putih di atasnya dari cat.

Baca Juga:  Wood Filler Tahan Air Yang Cocok Untuk Kayu Jati

Nah untuk mendapatkan warna cat putih yang lebih kuat dan tahan lama ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebagai berikut ini:

  • Bahan yang digunakan

Apakah bahan utama yang digunakan untuk membuat cat tersebut? Jika itu adalah solvent maka hindarilah. Cat solvent adalah cat yang mengandung logam berat dan bahan pelarutnya adalah thinner. Cat tersebut akan mengandung formalin tinggi sehingga akan mengubah warna cat warna putih.

Efek warna yang berubah akan terjadi setelah beberapa bulan masa pemakaian. Cat pada furniture akan berubah menjadi warna kekuningan disebabkan kandungan formalin. Apalagi jika furniture tidak terkena panas matahari dan lembab maka warna tersebut akan cepat sekali muncul.

  • Prosedur aplikasi

Pada kemasan cat cobalah untuk memperhatikan bagaimana prosedur aplikasi yang dianjurkan. Berapa lama cat akan mengering dan apakah langkah tersebut salah satunya menghambat kinerja Anda. Misalnya saja waktu cat yang mengering membutuhkan waktu lebih dari satu hari.

Ingat Anda tidak hanya akan mengecat dalam satu kali lapisan. Diperlukan beberapa lapisan cat sehingga memilih waktu kering yang cepat adalah bijaksana. Waktu kering yang cepat dari cat ini setidaknya adalah satu hingga dua jam.

  • Alat aplikasi

Pilih alat aplikasi yang bisa Anda gunakan dengan sempurna. Jika Anda menuntut kesempurnaan maka cat yang diaplikasikan dengan alat semprot adalh pilih yang terbaik. Tekanan angin akan membuat lapisan cat langsung menempel pada permukaan sehingga memberikan hasil yang lebih sempurna.

Jika Anda menggunakan alat semprot maka pastikan untuk membeli memperhatikan seberapa banyak cat akan mengcover permukaan lemari. Cat semprot akan lebih boros digunakan daripada cat yang diaplikasikan dengan kuas.

  • Ketahanan

Pilih cat kayu yang memiliki ketahanan setidaknya lebih dari tiga atau lima tahun. Jangka waktu tersebut tentu saja akan tepat bila Anda berencana untuk mengganti furniture atau mengecat ulang. Cat yang memiliki ketahanan tersebut biasanya tahan terhadap perubahan cuaca.

Baca Juga:  Fungsi Cat Kayu Tahan Air Pada Pagar Rumah

Untuk memastikannya, perhatikan pada label kemasan. Terdapat juga catatan ketahanan dari cat, mulai dari tahan panas, tahan hujan, tahan goresan dan juga tahan kelembaban. Ketahan ini akan membuktikan bahwa mampu bertahan hingga beberapa tahun.

  • Pilih cat dengan tampilan gloss

Satu lagi yang perlu Anda pilih adalah lapisan akhir yaitu top coat. Cat yang memberikan ketahanan lebih lama dan tampilan yang elegan adalah top coat gloss. Top coat ini ketika diaplikasikan memiliki warna yang transparan dan proses keringnya membutuhkan waktu semalaman.

Jenis dan Cara Menggunakan Cat Lemari Kayu Warna Putih
Produk Bioduco warna solid

Tampilan gloss sendiri cocok untuk diaplikasikan pada lemari. Ketika mengeras lemari akan lebih mudah dibersihkan dan mampu menyamarkan jika adanya goresan. Tampilan lemari akan selalu terlihat baru dengan top coat gloss.

Jika dilihat kualifikasi dari jenis cat warna putih yang terbaik tersebut maka cat kayu Bioduco adalah pilihan yang harus Anda gunakan. Bioduco adalah cat kayu semprot yang terbuat dari air sehingga tidak ada logam berat khususnya kadar formalin yang tinggi.

Warna putih akan didapatkan oleh lemari tanpa efek menguning dengan ketahanan yang sangat lama. Lebih dari lima tahun jika lemari tidak Anda letakan di luar ruangan. Ketahanan dari Bioduco meliputi panas, hujan, perubahanya, rayap, jamur dan juga kelembaban.

Tidak sedikit juga yang menggunakan Bioduco untuk finishing furniture luar ruangan. Seluruh proses finishing akan menggunakan alat semprot. Bahan pelarut air akan membuat Anda menjadi lebih hemat dalam proses finishing.

Cara Aplikasi Cat Warna Putih untuk Lemari agar Sempurna

Proses aplikasi cat Bioduco lebih mudah daripada yang Anda bayangkan. Anda tidak perlu menunggu berhari hari untuk proses kering setiap lapisannya. Dalam waktu satu hari saja Anda sudah bisa menyelesaikan  seluruh lapisan cat.

Baca Juga:  Warna Cat Kayu Yang Bagus Untuk Furniture Mid Century

Ada empat produk Bioduco yang bisa Anda gunakan, mulai dari wood putty, primer coat warna putih, Bioduco warna putih dan juga top coat gloss. Jika Anda ingin mendapatkan tampilan yang rendah kilap bisa menggunakan top coat matte.

Jenis dan Cara Menggunakan Cat Lemari Kayu Warna Putih
Proses aplikasi cat warna putih dengan spray gun

Seluruh proses aplikasi akan dimulai dengan mempersiapkan lemari. Lepaskan seluruh perangkat keras dari lemari dan simpan. Anda akan memasang keesokan harinya setelah cat mengering.

Amplas seluruh permukaan kayu dengan kertas amplas nomor 220. Bersihkan debu amplas sehingga tidak ada debu dan kotoran yang menyumbat permukaan kayu. Setelah itu ikuti langkah aplikasi setiap produk berikut ini.

  1. Aplikasikan Bioduco wood putty untuk cacat pada lemari. Isikan dengan pisau palet hingga merata. Tunggu kering kemudian amplas dengan amplas 240 hingga menjadi rata. Bersihkan debu bekas amplas.
  2. Campurkan Bioduco primer coat dengan air, semprotkan ke seluruh permukaan kayu. Tunggu kering kemudian amplas ambang dengan amplas nomor 400. Ulangi aplikasi hingga warna kayu dan seratnya tidak terlihat.
  3. Campurkan Bioduco warna putih dengan air. Semprotkan cat ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Tunggu lapisan mengering kemudian amplas ambang dengan amplas nomor 400. Ulangi aplikasi cat sekali lagi dan bersihkan debu bekas amplas.
  4. Campurkan Bioduco top coat gloss dengan air, semprotkan merata dan tunggu kering selama semalaman. Setelah kering pasang kembali semua perangkat keras pada lemari.  

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X