cat duco kayu

Mengubah Tampilan Kabinet Dapur dengan Cat Duco Kayu

Kabinet dapur Anda sudah memulai tampak kusam? Sudah saatnya untuk mengubah tampilan menjadi lebih indah dengan cat duco kayu. Jika sebelumnya kabinet menggunakan warna natural maka akan lebih mudah mengubahnya. Cukup dengan sedikit amplas saja, cat bisa diaplikasikan. 

Berbeda halnya jika sebelumnya kabinet juga diberikan lapisan cat duco, maka perlu bahan kimia penghapus cat. Anda bisa mengaplikasikan bahan pembersih seperti thinner ke seluruh permukaan kabinet lalu mengamplasnya. Pastikan saja permukaan kabinet bebas dari lapisan cat yang lama. 

Mengapa memilih cat duco? Cat duco kayu adalah jenis cat dengan hasil warna solid. Pigmen warna yang digunakan lebih kuat dibandingkan dengan stain. Jadi cat akan menutup warna asli dari kayu hingga seratnya. Anda akan benar-benar mendapatkan tampilan yang baru. 

Sebelum mulai mengecat ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Bukan hanya cat duco saja yang digunakan, Anda juga perlu menggunakan produk pendukung lainnya. Pilih juga produk yang tepat untuk kabinet, agar hasilnya sempurna dan bisa lebih tahan lama. Apakah cat itu? Simak selengkapnya disini. 

Komponen yang Dibutuhkan selain Cat Duco Kayu

Anda akan mengecat menggunakan cat duco pada kabinet maka ada beberapa lapisan sebelum dan sesudahnya yang harus diperhatikan. Komponen ini dibutuhkan untuk menghasilkan warna duco yang tajam. Selain itu juga akan meningkatkan perlindungan pada kabinet agar tampilannya bisa bertahan lebih lama.

Apa saja komponen yang dibutuhkan dan harus dipersiapkan? Berikut ini macam-macamnya. 

  • Dempul kayu

Mengecat kabinet dapur lama artinya Anda akan berhadapan pada beberapa kerusakan. Selama penggunaan pasti akan muncul beberapa cacat penggunaan seperti goresan, paku, atau rayap. Kerusakan ini harus diperbaiki sebelum aplikasi cat duco sehingga tidak semakin meluas. Bahan yang dibutuhkan untuk memperbaiki adalah dempul kayu. 

Permukaan kabinet yang sudah menggunakan dempul biasanya akan kembali seperti semula dan lebih halus. 

  • Cat primer

Jangan pernah melupakan aplikasi cat primer jika Anda ingin menutup warna kayu dan seratnya. Cat duco saja tidak cukup untuk menutup warna asli kayu, jadi penting untuk mengaplikasikan primer terlebih dahulu. Selain menutup warna kayu, primer juga akan menutup pori kayu, sehingga hasil cat duco akan lebih halus. 

Tanpa penggunaan cat primer, kabinet tidak akan pernah halus. Pada beberapa kasus bahkan cat duco tidak menempel dengan rata pada permukaan kabinet. 

  • Top coat 

Apapun finishing yang diinginkan baik itu warna solid atau natural, top coat sangat dibutuhkan. Anda perlu lapisan berwarna transparan ini untuk membentuk lapisan film. Cat duco tidak memiliki kemampuan ini jadi sangat penting untuk tidak melewatkannya. Top coat diaplikasikan pada bagian akhir dan proses pengeringannya pun cukup lama. 

Produk Cat Duco Kayu yang Sebaiknya Digunakan

Anda sudah mengenal komponen lain yang dibutuhkan, kini saatnya untuk memilih produk cat duco yang terbaik. Jangan memilih produk sembarangan apalagi membeli dalam bentuk kiloan tanpa merk. Alasannya adalah kabinet digunakan untuk menyimpan makanan dan peralatan makan atau masak. Sehingga bahan finishing yang digunakan pun harus aman. 

Salah satu cat duco yang aman dan bisa Anda andalkan untuk hasilnya adalah Bioduco. Cat ini terbuat dari bahan dasar air, jadi bisa disebut sebagai cat duco kayu water based. Ketika menggunakan cat ini Anda tidak perlu khawatir lagi soal pencemaran lingkungan akibat cat. Buktinya adalah cat ini tidak menimbulkan gas amonia yang menyengat seperti kebanyakan cat duco lainnya. 

Selain aman, apalagi kelebihan dari Bioduco? Berikut ini macam-macam kelebihannya:

  • Proses aplikasi mudah

Bagi para DIY tidak perlu repot membeli thinner karena Bioduco hanya membutuhkan pelarut air. Kemudahan aplikasi terletak pada waktu kering yang cepat, daya sebar yang tinggi dan daya tutup sempurna. Anda bisa mengaplikasikannya satu hingga dua lapisan sampai warna solid lebih tajam. 

  • Memiliki dua jenis warna

Bioduco memiliki dua pilihan warna, pertama adalah warna solid dan kedua adalah warna metalik. Bagi Anda yang suka dengan tampilan sedikit unik bisa menggunakan warna metalik seperti gold atau cooper. Namun jika tidak ada banyak pilihan warna solid yang bisa digunakan. 

  • Cat yang lentur

Lapisan cat harus memiliki fleksibilitas tinggi. Semakin lentur akan semakin baik agar menyesuaikan perubahan bentuk kayu. Kabinet akan berubah ukurannya walaupun tidak terlihat akibat cuaca panas dan dingin. Karena mudah memuai dan menyusut maka lapisan cat harus bisa mengikutinya agar tidak timbul retakan. 

  • Daya rekat tinggi

Kerekatan sebuah cat akan menentukan ketahanannya. Oleh karena itu Bioduco juga dilengkapi dengan bahan anti jamur dan rayap. Jadi selain kuat dan lentur, kabinet akan terlindung dari jamur bahkan rayap. 

Perlu diingat bahwa hasil finishing cat duco kayu terbaik akan lengkap jika Anda juga menggunakan komponen lain di atas. Untungnya Bioduco juga menyediakan produk-produk tersebut jadi Anda tidak perlu mencari merk lainnya lagi. 

Cara Lengkap Mengaplikasikan Cat Duco pada Kabinet

Saatnya masuk pada tahapan mengaplikasikan cat duco kayu yang bagus. Mengapa sebaiknya Anda menggunakan Bioduco series? Satu hal yang mendasar karena semua produk ini terbuat dari bahan dasar air. Jadi masing-masing lapisan akan cocok satu sama lain dan membentuk daya rekat terbaik.

Proses aplikasinya pun tidak jauh seperti pengecatan cat duco pada umumnya. Ada lima tahapan yang perlu Anda lakukan mulai dari persiapan hingga pengeringan. Berikut ini langkah-langkahnya. 

Langkah 1. Persiapan kabinet

Pada tahapan ini Anda harus menghilangkan semua permukaan cat yang lama seperti cara yang sudah dijelaskan di awal. Setelah cat bersih, Anda akan melihat permukan kayu yang asli. Saatnya mengamplas, akan lebih baik menggunakan mesin. Gunakan amplas nomor 180 kemudian 220. Bersihkan debu amplas sesudahnya. 

Langkah 2. Aplikasi dempul kayu

Anda akan melihat berbagai jenis cacat dan bisa memperbaikinya dengan Bioduco woow putty. Cukup oleskan dan tekan pada bagian yang berlubang. Tunggu dempul mengering 20 menit dan baru di amplas. Gunakan amplas nomor 240 dan bersihkan debu amplas sesudahnya. 

Langkah 3. Aplikasikan primer coat

Setelah dempul, Anda bisa mengecerkan Bioduco primer coat dengan air. Larutkan hingga mendapatkan viskositas 11-12 NK 2. Baru semprotkan ke seluruh permukaan kayu dengan spray gun. Tunggu lapisan ini mengering dan amplas dengan amplas 400. Jika warna kayu masih terlihat maka aplikasikan sekali lagi. 

Langkah 4. Aplikasi cat duco

Campurkan terlebih dahulu Bioduco solid yang sudah dipilih dengan air. Dapatkan viskositas 11-12 detik NK2. Kemudian semprotkan cat ke seluruh permukaan kabinet dapur hingga merata. Diamkan selama 60 menit hingga kering lalu amplas ambang dengan amplas 400. Ulangi apabila warna masih kuran tajam. 

Langkah 5. Aplikasi top coat

Lapisan terakhir berwarna transparan dengan tingkat gloss berbeda. Anda bisa mengaplikasikan Bioduco top coat yang sudah dilarutkan dengan air. Semprotkan secara merata dan terakhir diamkan selama 24 jam. Barulah kabinet dapat digunakan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X