mainan dari bambu

7 Mainan Bambu yang Cocok untuk Anak-Anak

Mainan anak-anak disarankan menggunakan material yang ramah lingkungan. Salah satu mainan yang ramah lingkungan adalah mainan bambu.

Bambu merupakan tanaman yang mudah tumbuh di kawasan Asia, salah satunya adalah Indonesia. Terdapat ratusan jenis bambu yang dapat tumbuh dengan baik di Indonesia. Oleh karena itu, tanaman bambu dahulu banyak dimanfaatkan sebagai hunian rumah, perkakas dapur bahkan sebagai senjata perang.

Bambu masih eksis untuk kebutuhan sehari-hari seperti furniture, aksesoris, bangunan dan kerajinan tangan. Wajar saja banyak yang berminat dengan bambu karena memiliki nilai artistik yang hampir sama dengan kayu namun harganya jauh lebih murah dibandingkan kayu.

Salah satu kerajinan yang terbuat dari bambu adalah mainan bambu. Mainan ini lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan mainan yang terbuat dari plastik, poliester dan bahan lainnya. Di tangan pengrajin, bambu dapat dibentuk menjadi mainan untuk anak-anak.

7 Mainan Bambu Yang Bagus Untuk Anak-Anak

mainan kayu dari bambu

Mainan termasuk salah satu stimulus anak agar tumbuh kembang anak dapat berjalan dengan baik. Ya, mainan bukan hanya sekadar untuk bermain saja melainkan juga sebagai media belajar. Untuk menjaga kenyamanan dan keamanan anak-anak, banyak mainan yang menggunakan material yang ramah lingkungan.

Material yang ramah lingkungan yang bagus adalah material yang berasal dari alam seperti bambu. Mainan bambu ini sangat bagus untuk anak-anak atau hanya sekadar koleksi. Nah, penasaran apa saja mainan yang dapat diciptakan dari bambu?

  • Boneka Bambu

Tidak kalah dengan boneka-boneka seperti barbie, boneka bambu bisa menjadi pilihan yang menarik untuk mainan anak atau hanya sekadar oleh-oleh alias cindera mata. Cara membuat boneka bambu tergolong sederhana dan bahan-bahannya mudah didapatkan di pasar.

Jika Anda ingin membuat mainan bambu seperti boneka ini maka alat  dan bahan yang dibutuhkan di antaranya adalah bambu, gergaji, ampelas, cat untuk mewarnai, kain motif sebagai pakaiannya dan cutter atau pisau.

Bentuk sesuai pola dari boneka yang diinginkan. Banyak pola boneka bambu yang dapat Anda cari di internet. Setelah menemukan pola boneka yang diinginkan maka selanjutnya adalah membuatnya.

  • Senapan Angin

Mainan bambu satu ini sangat populer di kalangan anak laki-laki tahun 90-an. Anak-anak pun juga bisa membuatnya sendiri. Bahan yang diperlukan cukup bambu, cutter atau pisau, karet gelang dan kerta atau biji buah sebagai pelurunya.

Mainan ini sudah sangat umum di pedesaan dan bahkan menjadi mainan favorit anak-anak. Namun, kini cukup sedikit anak-anak yang memainkannya. Nah, jika Anda rindu dengan masa kecil semacam ini, Anda dapat membuatnya untuk anak-anak Anda di rumah. Selain murah juga praktis karena bahannya mudah untuk didapatkan.

  • Motor Mainan Bambu

Seperti halnya miniatur dari kayu, bambu juga dapat dibentuk menjadi miniatur seperti motor-motoran. Figur motor yang dibeli di toko tentu saja dijual dengan harga yang mahal, alternatif paling baik adalah membuatnya sendiri dari bambu yang mudah didapatkan.

Yang dibutuhkan untuk membuat figur motor dari bambu adalah bambu sebagai bahan utama, cutter dan kemudian cat. Anda dapat melihat berbagai figur motor di internet lalu menyesuaikan desain yang ingin diciptakan.

  • Othok-Othok

Satu lagi mainan bambu yang sangat populer di tahun 90-an yakni othok-othok. Cara membuat mainan satu ini sangat mudah dan materialnya pun dapat dijumpai di sekitar lingkungan. Alat dan bahan yang perlu Anda butuhkan adalah seng tipis, bambu, cutter, karet gelang dan kertas. Setelah mainan ini jadi, putar-putar hingga terdengar suaranya yang nyaring.

  • Gasing Bambu

Bukan hanya senapan air dan othok-othok, gasing adalah salah satu mainan yang populer di kalangan anak 90-an. Anda dapat membuat sendiri di rumah dengan material bambu yang ada di lingkungan Anda. Untuk mengobati masa kecil Anda, tidak ada salahnya Anda membuatnya untuk anak-anak Anda di rumah.

Keseruan memainkan gasing akan menambah kenyamanan anak untuk bermain dan aktif di rumah terlebih di masa pandemi covid-19 seperti saat ini.

  • Suling Bambu

Bagi Anda yang lahir di tanah Sunda, sepertinya sudah tidak asing lagi dengan alat musik satu ini. Suling bambu yang menarik untuk dimainkan anak-anak adalah suling yang memiliki penarik yang dimasukkan ke dalam lubang bambu. Suara yang dihasilkan menyerupai burung dan terdengar sangat nyaring.

  • Ayunan Bambu

Bagi Anda yang memiliki lahan kebun atau taman di sekitar rumah, tidak ada salahnya mencoba membuat ayunan dari bambu. Bangku dari bambu juga terasa nyaman ketika digunakan sebagai ayunan. Caranya sangat mudah dan mirip ketika Anda menggunakan kayu sebagai bangku ayunan. Mainan bambu ini sangat cocok bagi keluarga kecil Anda di rumah.

Bahan Finishing untuk Mainan Bambu yang Ramah Lingkungan

Dari sekian mainan bambu diatas pasti tidak terlepas dari finishing atau pengecetan. Tujuannya adalah untuk mempercantik mainan sehingga anak-anak lebih tertarik ketika memainkannya. Bahkan jika digunakan sebagai oleh-oleh pun, finishing menjadi suatu kewajiban karena dapat mempengaruhi harga jual mainan bambu tersebut.

Salah satu cat kayu yang sangat cocok untuk mainan bambu adalah Biovarnish. Cat ini khusus untuk finishing warna natural kayu dan tergolong ramah lingkungan. Tentu tidak menginginkan cat kayu yang berbahaya ketika dimainkan anak-anak, bukan? Oleh karena itu, Biovarnish menjadi pilihan tepat untuk finishing pada mainan anak-anak.

Berikut teknik finishing mainan bambu anak menggunakan Biovarnish:

  • Ampelas terlebih dahulu permukaan mainan bambu tersebut hingga benar-benar halus dan siap untuk finishing. Setelah diampelas, bersihkan dari sisa-sisa debu pengampelasan hingga benar-benar bersih agar dapat ditimpa cat dengan baik.
  • Larutkan Biovarnish Sanding Sealer dengan air lalu aduk hingga larutan tercampur dengan baik. Kemudian, aplikasikan ke seluruh permukaan bambu secara merata. Setelah diaplikasikan, diamkan selama 60 menit hingga cat kering sentuh. Setelah kering sentuh, ampelas ambang menggunakan kertas ampelas grid 400
  • Untuk tahap akhir, aplikasikan Biovarnish Clear Coat matte atau gloss yang sebelumnya sudah dilarutkan dengan air. Setelah diaplikasikan, diamkan selama semalam atau cat benar-benar kering. Kemudian, mainan tersebut sudah dapat langsung dimainkan karena tidak mengeluarkan bau cat dan tidak mengalami penguapan sehingga aman ketika langsung dimainkan anak-anak.

Anda bisa mendapatkan bahan finishing Biovarnish dengan cara menghubungi kontak hotline yang sudah tercantum pada website ini. Untuk lebih praktis, Anda juga dapat membeli produk Biovarnish di marketplace kesayangan Anda berikut ini.

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/agen_biovarnish

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X