Menggunakan Cat Kayu Hitam untuk Kusen Jendela

Menggunakan Cat Kayu Hitam untuk Kusen Jendela

Proses mengecat ulang adalah proses yang terbilang tidak mudah. Proses menghilangkan lapisan cat lama seringkali menguras waktu dan tenaga sehingga membuat semakin malas. Banyak pemilik rumah yang akhirnya menyerahkan pekerjaan mengecat kusen jendela pada profesional.

Padahal jika dikerjakan sendiri, pekerjaan mengecat ulang adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Bagi para DIY, mengecat ulang kusen jendela adalah proyek yang sangat mudah. Warna yang banyak digunakan adalah cat kayu hitam.

Warna hitam adalah warna yang dapat menyamarkan kerusakan pada kusen jendela yang sudah lama digunakan. Aplikasi cat kayu warna hitam juga sangat mudah bahkan efeknya pada tampilan rumah juga netral.

Baca Juga : cara mengecat kusen dan pintu baru

Warna ini bisa digunakan pada berbagai gaya dan dipadukan dengan berbagai warna dinding. Tampilan hitam mengkilap pada kayu adalah hal yang wajar karena tampilan glossy akan menyamarkan jika terdapat goresan. Kusen jendela akan terlihat lebih tajam dan tahan lama. Tidak hanya kusen jendela, Anda juga bisa menggunakannya pada kusen pintu.

Sebelum memulai mengecat kusen dengan cat warna baru, perlu dicek apakah kusen masih layak digunakan dan apakah terdapat rayap. Jika terlalu banyak rayap rata-rata kusen harus diganti dengan yang baru. Namun jika terdapat sedikit rayap Anda bisa mengatasinya dengan obat anti rayap seperti BioCide Insecticide setelah proses pengelupasan cat berhasil dilakukan.

Baca Juga : bagaimana proses mengecat ulang pintu aluminium dengan cat yang tepat ?

Menggunakan Cat Kayu Hitam untuk Kusen Jendela
Ciri kusen yang peru dicat ulang

Pada beberapa ciri kusen yang masih bisa digunakan yakni sebagai berikut ini:

  1. Kusen tidak boleh lapuk karena kelembaban. Jika kayu sudah lapuk dan mudah roboh sebaiknya ganti dengan kayu yang baru.
  2. Kusen tidak boleh terlalu berongga. Kayu yang memiliki banyak rongga akan menimbulkan efek yang berbahaya seperti roboh. Artinya kayu  telah habis dimakan oleh rayap.
  3. Lapisan cat sudah memudah dan mengelupas. Ciri lapisan cat yang perlu diganti adalah mengelupas, banyak goresan atau sudah mulai pudar. Artinya perlu lapisan cat baru untuk diaplikasikan.

Baca Juga : Cara Aplikasi Remover Cat Kayu

Inilah ciri dari kusen yang perlu dilapisi cat ulang. Kini saatnya periksa kusen jendela di rumah Anda.

Cara Menghilangkan Cat Lama Pada Kusen

Langkah pertama yang sering membuat malas untuk bekerja adalah menghilangkan lapisan cat kusen yang lama. Menghilangkan cat artinya Anda akan bekerja dengan  debu dan kotoran. Bahkan beberapa cat lama mengandung bahan yang berbahaya jika dihirup terus menerus.

Sebelum bekerja pastikan Anda menggunakan alat pelindung wajah seperti masker. Siapkan juga sarung tangan yang cukup tebal karena Anda akan bekerja dengan bahan kimia penghilang lapisan cat.

Berikut ini bahan dan alat yang perlu dipersiapkan:

  • Paint remover
  • Pisau palet
  • Kertas koran
  • kain lap
  • Amplas 150 and 180

Cara menghilangkan lapisan cat kusen:

  • Siapkan kusen jendela agar jauh dari furniture dan benda. Alasi bagian bawah kusen dengan kertas koran agar lapisan cat yang mengelupas tidak mengotori lantai. Bersihkan kusen dengan kain lap agar paint remover bisa bekerja dengan maksimal.
  • Tuangkan dan ratakan paint remover ke seluruh kusen, dalam beberapa menit lapisan cat akan mengelupas dan langsung bersihkan menggunakan pisau palet. Bersihkan seluruh cat mengelupas hingga permukaan kayu terlihat.
  • Tunggu beberapa saat, lanjutkan pengamplasan dengan amplas 150 hingga warna dan serat kayu terlihat. Lanjutkan mengamplas dengan amplas 180 agar kusen menjadi lebih halus.
  • Buang cat yang mengelupas beserta kertas koran. Lembarkan kertas koran yang baru untuk proses selanjutnya.

Jika warna kayu dan serat sudah terlihat maka memulai untuk menghilangkan rayap pada kusen dan membuatnya lebih tahan serangan rayap. Caranya cukup siapkan BioCide Insecticide dan air, wadah untuk mencampur serat kuas.

Cara menggunakannya adalah campur BioCide Insecticide dengan air kemudian aduk rata . Kuaskan larutan ke seluruh permukaan kusen hingga merata, tunggu kusen menjadi kering usahakan sinar matahari bisa menyinari kusen jendela.

Anda bisa melakukan proses pengecatan di hari kedua untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Cara Aplikasi Cat Kayu Hitam Untuk Kusen

Cat kayu hitam untuk kusen yang dapat digunakan sangat bervariasi. Cat kayu water based adalah jenis cat yang bisa Anda gunakan dengan mudah yakni dengan alat semprot. Warna yang dihasilkan adalah hitam mengkilap sehingga menutup warna kayu dengan sangat baik.

Pada penggunaan jangka panjang warna hitam akan tetap stabil walaupun sering terkenal panas matahari. Terdapat empat produk yang perlu digunakan yaitu BioColours wood putty, BioColours primer coat, BioColours Bioduco black and BioColours top coat matte. Keempat produk ini perlu digunakan secara berurutan dengan benar.

Satu lagi keuntungan yang didapatkan jika menggunakan BioColours adalah tidak menimbulkan bau. Jika menggunakan cat solvent pada umumnya akan menimbulkan aroma keras dan menusuk hidung. Kandungan organik yang tinggi membuat cat solvent menimbulkan aroma yang sangat menusuk hidung.

Menggunakan Cat Kayu Hitam untuk Kusen Jendela
Hasil tampilan kusen setelah difinishing

Namun untuk aplikasi jenis cat apapun bahkan cat water based sebaiknya tetap gunakan masker. Pastikan tidak ada kipas angin yang menyala karena akan mengganggu jalannya penyemprotan. Biarkan sirkulasi udara tetap berjalan baik melalui jendela yang terbuka.

Memulai proses pengecatan dapat dimulai dengan mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan sebagai berikut ini:

  • Amplas aluminum oxide 240 dan 400
  • kain lap
  • pisau putty
  • empat gelas plastik
  • pengaduk
  • air
  • Alat semprot berupa spray gun dan kompresor

Kini setelah Anda mempersiapkan alat dan bahan cat bisa memulai proses finishingnya:

  • Amplas seluruh permukaan kusen jendela dan hilang semua kotoran bekas amplas. Kotoran berupa debu amplas dan minyak perlu dihilangkan guna membersihkan pori kayu agar cat dapat meresap dengan baik.
  • Aplikasikan BioColours wood putty ke seluruh permukaan kusen jendela. Jika terdapat bekas lubang akibat rayap isi hingga benar-benar penuh dan padat. Gunakan pisau putty ke seluruh permukaan hingga menjadi kering setelah 20 menit kemudian. Amplas dengan amplas nomor 240 hingga permukaan menjadi halus dan rata.
  • Aplikasikan BioColours primer coat, campurkan primer ke dalam gelas plastik dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk merata dan tuangkan ke dalam tabung spray lalu tutup. Semprotkan cat merata ke seluruh permukaan kayu dan tunggu mengering. Apabila telah kering lanjutkan dengan pengamplasan ambang dengan amplas 400. Jika warna kayu masih terlihat aplikasikan sekali lagi sampai tahapan pengamplasan.
  • Aplikasikan BioColours BioDuco black yang sudah dicampur dengan air dalam gelas plastik. Bersihkan alat spray dan tuangkan larutan cat ke dalamnya. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air untuk membuat larutan yang tepat. Semprotkan cat ke seluruh permukaan kusen jendela hingga rata. Tunggu kering lalu amplas ambang kembali. Aplikasikan sekali lagi jika masih terlihat tipis.
  • Aplikasikan BioColours top coat gloss. Campurkan ke dalam gelas plastik bersama air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air. Tuang ke dalam alat semprot dan memulai aplikasikan ke seluruh permukaan kusen jendela. Tunggu lapisan akhir ini kering setelah semalaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X