assorted color paint buckets

Harga Cat Kayu Murah Februari 2021

Kualitas cat umumnya akan berpengaruh pada harga cat kayu yang ditawarkan di pasaran.

Cat adalah komponen utama pada produk furniture, konstruksi bangunan ataupun kerajinan. Fungsinya adalah untuk memberikan tampilan menarik sehingga meningkatkan harga jual produk tersebut.

promo produk finishing natural oil dan sanding sealer

Mengingat banyaknya merek cat di pasaran pastinya cukup sulit apabila harus memilih cat yang bagus untuk furniture. Banyak pengguna cat memilih karena brand produk tersebut sudah dikenal di masyarakat.

Banyak orang mengatakan “ada harga ada rupa”. Kata tersebut memang tidak salah, faktanya cat yang mahal umumnya juga menawarkan fitur yang bagus. Meskipun demikian, pastikan memilih cat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ada dua jenis cat yang beredar luas di pasaran yang bisa Anda gunakan sesuai bahan serta pelarut. Ada cat solvent based dan cat water based. Untuk mengetahui perbedaan kedua jenis tersebut, Anda bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Ciri-ciri Cat Solvent Based

– Cat solvent based memiliki tingkat gloss mencapai 100%

promo produk biovarnish sanding sealer

– Mengunakan pelarut organik (thinner, spiritus atau methanol)

– Proses pengeringan cepat jika dikeringkan di bawah sinar matahari

– Umumnya menimbulkan bau menyengat

Ciri-ciri Cat Water Based

– Cat water based memiliki tingkat gloss 85%

– Menggunakan pelarut air

– Proses pengeringan cepat tanpa harus dikeringkan di bawah sinar matahari

– Tidak berbau

Cat solvent based sudah sangat umum di telinga masyarakat dan bahkan banyak merek cat jenis ini. Berbeda dengan cat water based yang lebih sedikit jumlahnya karena tergolong baru di Indonesia. Apakah keduanya baik digunakan?

Dari segi aplikasi, keduanya memiliki keunggulan yang sama yakni mudah diaplikasikan. Namun, jika dilihat dari segi keamanan maka cat water based lebih aman digunakan. Cat water based diformulasikan sesuai standar keamanan menurut beberapa regulasi internasional dengan dengan standar VOC yang rendah dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Jika Anda ingin menggunakan cat water based maka Anda dapat menggunakan produk Biovarnish apabila menginginkan hasil finishing natural kayu. Untuk tampilan solid, Anda dapat menggunakan BioDuco atau Orchid Enamel.

Harga Cat Kayu Ramah Lingkungan Indonesia

Produk cat yang telah disebutkan di atas merupakan produk-produk cat yang diproduksi oleh manufaktur cat lokal yakni Bio Industries Omnipresen. Manufaktur ini khusus mengembangkan produk-produk kebutuhan treatment dan finishing kayu yang aman dan ramah lingkungan.

Biovarnish merupakan cat kayu yang diformulasikan khusus untuk finishing natural kayu. Produk cat ini terdiri dari macam-macam cat mulai dari dempul, wood stain, sanding sealer, glaze ataupun clear coat.

Harga Biovarnish dibanderol mulai dari Rp28.500 sampai dengan Rp110.000 dalam beberapa ukuran berat (400 gram sampai 1,5 kg).

Orchid Enamel merupakan jenis cat kayu dan besi yang dapat digunakan untuk finishing kayu ataupun besi. Tampilan yang dihasilkan cenderung satin atau sedikit glossy. Cat ini telah diformulasikan dengan kandungan top coat di dalamnya sehingga Anda tidak perlu menutup catnya dengan lapisan top coat lagi.

Orchid Enamel berada di kisaran harga Rp48.500 hingga Rp185.000. Harga tersebut disesuaikan dengan berat juga peruntukannya (solid dan metalik).

BioDuco adalah cat kayu yang digunakan untuk tampilan warna solid. Seperti halnya dengan Biovarnish, BioDuco juga terdiri dari beberapa jenis cat mulai dari wood putty, primer coat, solid, chalk paint sampai top coat.

BioDuco dibanderol dari harga Rp28.500 sampai Rp165.000 sesuai dengan beratnya.

Cat kayu dari Bio Industries Omnipresen di atas seluruhnya dapat digunakan untuk keperluan finishing indoor ataupun outdoor. Karena cat-cat tersebut memiliki keunggulan tahan terhadap cuaca ekstrim sehingga aman apabila diaplikasikan pada garden furniture.

Biovarnish, Orchid Enamel dan BioDuco merupakan cat kayu ramah lingkungan yang dapat diaplikasikan pada berbagai media finishing serat alam seperti kayu, rotan, bambu, enceng gondok dll. Warna cat dari tiga produk itu juga mampu menghasilkan transparansi yang tajam apabila diaplikasikan pada kayu olahan seperti MDF, multiplek, plywood dll.

Kenapa Harus Cat Water Based?

Cat water based merupakan cat kayu yang cukup baru di masyarakat Indonesia. Tidak banyak masyarakat yang tahu mengenai jenis cat kayu yang satu ini. Orang-orang lebih paham bahwa cat yang menggunakan pelarut air adalah cat tembok atau cat untuk menggambar.

Agar tidak tertinggal zaman yang berjalan semakin cepat, cat water based menjadi hasil pengembangan teknologi yang luar biasa dunia finishing. Tertuatam arena selama ini banyak cat kayu yang cukup terbatas untuk berbagai kebutuhan aplikasinya. Misal saja, cat yang bergantung pada sinar matahari atau atau panas berlebih untuk proses pengeringan.

Sebab munculnya cat water based juga tidak jauh dari persoalan cat konvensional yang selama ini banyak digunakan oleh masyarakat. Cat water based memang diformulasikan sebagai pengganti cat konvensional.

Cat konvensional terutama, tergolong cat yang cukup berbahaya. Cat tersebut mengandung VOC yang tinggi dan bahan-bahan kimia berbahaya lainnya. Hal ini tentu akan memberikan dampak buruk pada kesehatan serta lingkungan baik dalam jangka pendek atau jangka panjang penggunaannya.

Produk dari Bio Industries adalah salah satu produk yang direkomendasikan karena teruji sebagai cat dengan keamanan, ramah lingkungan serta tidak menyebabkan gejala kesehatan yang buruk. Produk-produk finishing tersebut telah uji lapangan serta diformulasikan khusus dengan standar keamanan internasional melalui regulasi ECHA dan US EPA.

Adapun keunggulan produk finishing dari Bio Industries Omnipresen, di antaranya.

– Ramah Lingkungan

– Aman (Low VOC)

– Daya rekat film kuat

– Mudah diaplikasikan

– Tidak mudah flacking

– Transparansi warna yang tajam

Ingin beralih menggunakan produk-produk yang lebih ramah lingkungan? Segera hubungi Customer Care Bio Industries Omnipresen untuk konsultasi dan pemesanan produk ke nomor kontak hotline yang tercantum pada website atau via e-mail yakni [email protected]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart