Perlindungan Sanding Sealer Terbaik untuk Kayu Tropis

Perlindungan Sanding Sealer Terbaik untuk Kayu Tropis

Kayu adalah material dari alam yang sangat membantu manusia untuk memenuhi kebutuhannya mulai dari pembuatan rumah hingga kerajinan kecil. Indonesia terkenal sebagai salah satu negara penghasil kayu terbanyak di dunia. Memang benar luasnya hutan tropis dan curah hujan yang cukup tinggi setiap tahunnya membuat kayu banyak dipanen.

Melihat manfaat kayu yang sangat besar, pemanenan juga harus disertai penanaman bibit baru agar hutan tidak menjadi gundul sehingga menimbulkan bencana bagi umat manusia. Berbagai macam jenis kayu tumbuh di hutan tropis Indonesia khususnya di Jawa dan juga Kalimantan.

Ada banyak jenis kayu tropis yang tumbuh dengan berbagai macam jenis kekuatannya. Ada yang memiliki ketahanan baik dan kekuatan baik namun adapula yang tidak. Namun bukan berarti kayu tersebut tidak digunakan sebagai pembangunan rumah, ada banyak fungsi lain yang digunakan pada jenis kayu lunak seperti pinus yakni menjadi material packing peti kemas.

Memenuhi kebutuhan manusia khususnya furniture, maka furniture tropis paling banyak dicari oleh orang asing. Kayu tropis, adalah kayu yang banyak tumbuh di hutan tropis Indonesia. Kayu ini akan tumbuh subur dan memiliki kualitas terbaik jika dijadikan furniture outdoor.

Ketahanannya selama curah hujan yang tinggi membuat kayu lebih tahan terhadap panas, hujan serta perubahannya. Kayu solid yang keras ini ada berbagai macam jenis. Bahkan banyak hal yang harus dilakukan untuk menjaga kayu tropis tetap memiliki penampilan menarik dan tahan lama.

Perawatan dilakukan sejak aplikasi sanding sealer dan perawatan kayu menggunakan bahan anti jamur dan anti serangga khusus kayu. Menggunakan bahan-bahan tersebut akan membuat furniture yang terbuat dari kayu tropis menjadi lebih tahan lama dan juga memiliki penampilan yang menarik.

Apa saja jenis kayu tropis yang ada di Indonesia dan apa saja bahan finishing bahkan banhan anti serangga dan jamur yang dibutuhkan? Artikel ini akan mengulasnya lebih dalam.

Mengenal Kayu Tropis Indonesia

Apa jenis kayu di Indonesia yang termasuk kayu tropis? Tentu saja semua jenis kayu tropis adalah kayu yang tumbuh di hutan Indonesia. Hanya saja kualitas yang membedakan mereka. Kayu tropis berasal dari jenis pohon yang tumbuh di iklim kemarau dan penghujan, iklim ini justru akan membuat kayu tumbuh subur dan dengan cepat.

Kondisi tanah di hutan pegunungan menambah percepatan pertumbuhan dari pohon sehingga memiliki ukuran yang sangat besar. Ketika masa panen telah tiba kayu tropis akan mengalami banyak proses pengolahan sampai menjadi furniture yang ada di pasaran.

Ada berbagai macam jenis kayu tropis yang banyak diminati di masyarakat yakni sebagai berikut ini:

  1. Kayu jati
Perlindungan Sanding Sealer Terbaik untuk Kayu Tropis
lumber kayu jati

Jenis kayu jati sangat bervariasi, ada kayu jati kampung dan adapula kayu jati yang dipanen dalam waktu singkat. Tentu saja kualitas dari kedua jenis kayu tropis ini akan berbeda. Kayu jati kampung memiliki harga yang sangat mahal mengingat kayu ini dipanen dalam waktu puluhan tahun. Kayu jati kampung juga memiliki kualitas terbaik dilihat dari kekerasan dan tampilannya yang berwarna keemasan.

  1. Kayu ulin

Kayu ini banyak ditemukan di wilayah kalimantan dan sulawesi. Kayu tropis ini juga memiliki waktu panen yang cukup lama sehingga jenis kayu ini berkualitas sangat baik. Kayu ulin banyak digunakan sebagai material lantai hingga konstruksi rumah. Ketahanannya terhadap rayap dan jamur menjadi alasan kayu ini banyak digunakan sebagai struktur bangunan.

  1. Kayu kamper

Kayu kamper adalah jenis kelas kekuatan dan keawetan kayu II-III. Walaupun tidak terlalu kuat terhadap rayap dan juga jamur namun kayu kamper memiliki warna yang kemerahan. Warna ini sangat menarik dan jika diolah menjadi berbagai macam kerajinan kesan eksotis akan didapatkan.

  1. Kayu merbau

Satu lagi jenis kayu yang sama-sama kuat seperti kayu jati yakni kayu merbau. Kayu merbau banyak ditemukan di wilayah hutan kalimantan. Kayu merba memiliki kelas awet dan keluas kuat I-II. Semakin kayu merbau yang dipanen semakin tua maka akan semakin keras. Proses pengolahan dan penebangan pun tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak gergaji yang tumpul ketika akan mengolah kayu merbau. Kekuatannya ini membuat kayu merbau banyak digunakan sebagai bahan bangunan.

  1. Kayu pinus

Jika sedang mencari jenis kayu tropis dengan kualitas rendah maka Anda bisa menggunakan kayu pinus. Kayu ini termasuk kayu dengan kelas kuat dan kelas awet III-IV. Rentannya terhadap rayap dan jamur membuat kayu tropis satu ini hanya bisa digunakan dalam ruangan saja. Namun tampilannya dengan warna putih dan serat terang membuat daya tarik sendiri. Kayu pinus adalah media yang sangat baik untuk belajar tentang finishing kayu.

Cara Finishing Sanding Sealer Pada Kayu Tropis

Keunggulan utama dari kayu tropis selain kelas kuat dan kelas awet adalah warna dan seratnya. Pertumbuhan pohon meninggalkan bekas lingkaran tahun yang menandakan umur dari kayu tersebut. Semakin banyak serat kayu atau alur kayu yang terlihat artinya kayu tersebut sudah berumur sangat tua.

Apabila Anda ingin memperlihatkan keindahan warna dan serat tersebut maka sanding sealer terbaik untuk kayu harus digunakan. sanding sealer yang berkualitas adalah tidak mengubah warna kayu nantinya, tidak mudah mengelupas atau retak karena penggunaan serta cara aplikasi yang mudah. Jangan lupakan juga faktor keamanan penggunaan cat.

Perlindungan Sanding Sealer Terbaik untuk Kayu Tropis
lantai kayu yang sudah diaplikasikan sanding sealer

Produk sanding sealer yang direkomendasikan adalah BioColours sanding sealer. Produk ini adalah cat water based yang memiliki daya rekat tinggi dan daya sebar luas. Memungkinkan Anda untuk mengecat 8 hingga 10 m2 hanya dengan satu kilogram cat.

Jika belum yakin buktikan sendiri untuk mengecat kayu tropis dengan BioColours sanding sealer berikut ini:

  1. Pengamplasan kayu tropis dilakukan satu jam sebelum mengecat. Pengamplasan dilakukan dengan kertas amplas kasar kemudian dibersihkan dengan kain lap. Pengamplasan yang baik akan memberikan hasil finishing yang rata dan halus.
  2. Campurkan BioColurs sanding sealer ke dalam wadah plastik atau gelas plastik dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk rata kemudian tuangkan ke dalam alat semprot. Lakukan penyemprotan kayu dari vertikal kemudian horisontal. Sanding sealer akan meresap dan menempel dengan sempurna.
  3. Tunggu lapisan sanding sealer kering kemudian Anda bisa mengamplas dengan amplas 400. Pengamplasan dimaksudkan menimbulkan goresan halus agar lapisan cat di atasnya dapat merekat dengan baik. Jangan lupa untuk menghilangkan debu amplas.

Sangat mudah memang untuk mengaplikasikan cat menggunakan spray gun. Anda hanya membutuhkan waktu sedikit sebelum mendiamkan cat agar bisa kering dengan sempurna. Apabila Anda ingin mendapatkan hasil lebih maksimal setelah proses sanding sealer tutup lapisan dengan top coat.

Top coat adalah cat transparan yang akan menyegel kayu, membuatnya terlindungi dengan maksimal. Anda bisa menggunakan BioColours top coat dengan cara aplikasi yang sama.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X