Cara Menggunakan BioColours Sanding Sealer Terbaik untuk Lantai

Cara Menggunakan BioColours Sanding Sealer Terbaik untuk Lantai

Setiap orang ingin memiliki tampilan lantai kayu yang cantik. Namun sayangnya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan tersebut tidaklah mudah. Banyak efek buruk yang terjadi ketika proses finishing lantai. Hal ini terjadi karena pengguna tidak memperhatikan cara menggunakan lapisan cat dengan benar. Bahkan apa saja lapisan cat serta urutan aplikasinya, bagaimana cara mempersiapkan lantai kayu dan bagaimana dengan tingkat kering dan tingkat kebersihan yang dibutuhkan tidak diperhatikan.

Jika hal ini tidak diperbaiki maka proses aplikasi lantai kayu menjadi furniture tidaklah semudah yang dibayangan. Bukan hanya soal menguas lantai atau menggunakan roll namun dimulai dari pemilihan bahan finishing hingga sampai tahapan pengeringan cat harus diperhatikan.

Apa saja cat yang dibutuhkan lantai agar memiliki perlindungan yang pasti? Ada dua jenis cat paling mudah yang harus digunakan pada lantai kayu yakni sanding sealer dan juga top coat. Pertama yang diaplikasikan adalah sanding sealer,  bahan ini berfungsi untuk menutup pori kayu dan memberikan lapisan dasar yang kuat pada top coat.

Lapisan kedua dua atas sanding sealer adalah top coat. Lapisan ini harus dipilih yang berkualitas. Kualitas top coat sendiri meliputi tahan goresan, tahan kelembaban, tahan perubahan cuaca dan dapat mengikuti daya susut kembang lantai kayu. Jenis top coat terbaik yang digunakan pada lantai biasanya berbahan polyurethane.

Top coat polyurethane adalah jenis top coat yang paling kuat, beberapa merk top coat polyurethane bahkan bisa digunakan pada decking kolam renang. Menggunakan sanding sealer dan top coat yang tepat akan memastikan bahwa lantai kayu akan bertahan lebih lama dengan tampilan yang terbaik.

Baca Juga:  Bagaimana Menghilangkan Jamur Perusak Furniture dengan Cat?

Apakah Merk Sanding Sealer dan Top Coat Lantai Kayu Terbaik?

Berbicara sola merk, ada banyk merk cat untuk lantai kayu yang berada di seluruh Indonesia. Beberapa adalah produk Indonesia dan beberapa berasal dari luar negeri. Tentu saja produk Indonesia memiliki harga lebih murah disamping itu kualitasnya tidak kalah dengan produk luar. Kini tinggal Anda memutuskan ingin menggunakan produk mana.

Cara Menggunakan BioColours Sanding Sealer Terbaik untuk Lantai
lantai kayu yang rusak karena tidak menggunakan sanding sealer terbaik

Ada merk sanding sealer dan top coat dari Indonesia yang memiliki kualitas terbaik pada lantai kayu. BioColours adalah produk cat water based yang banyak digunakan sebagai produk finishing lantai kayu. Gabungan keduanya akan membuat lantai kayu menjadi lebih kuat dan tahan lama terutama lapisan dasar dari BioColours sanding sealer.

BioColours hadir sebagai produk cat water based yang aman dan ramah lingkungan. Kapan saja Anda akan menggunakannya tidak akan menimbulkan resiko berbahaya seperti keracunan dan bahaya kanker di masa mendatang. Keunggulan utamanya adalah proses aplikasi yang sangat mudah.

Pada proses aplikasi sanding sealer dan top coat untuk lantai ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini beberapa hal penting yang wajib dilakukan.

  • Pastikan semua paku tidak keluar sehingga membahayakan kaki. Permukaan harus rata dan bebas dari benda tajam.
  • Selalu mengamplas lantai kayu searah dengan serat kayu.
  • Khusus untuk lantai kayu oak jenis amplas yang digunakan adalah nomor 240 sedangkan untuk lantai kayu seperti pinus harus menggunakan kertas amplas nomor 120.
  • Pastikan debu amplas benar-benar hilang untuk menghindari goresan yang tidak dinginkan muncul menjadi cacat finishing.
  • Gunakan vakum pada lantai untuk menyedot debu dan gunakan kain mikrofiber untuk benar-benar mengangkat debu.
  • Jika terdapay lubang pastikan seluruh bagian tersebut telah diperbaiki dengan wood filler atau dempul kayu kemudian amplas hingga permukaan menjadi halus dan rata.
  • Pastikan seluruh bagian telah teramplas dengan rata khususnya bagian lantai yang bertemu dengan dinding. Gunakan pengamplasan manual jika perlu.
Baca Juga:  Pilih HPL atau Pernis? Ini Perbedaannya untuk Finishing MDF

Jika persiapan lantai kayu di atas sudah dilakukan maka proses finishing menggunakan BioColours sanding sealer dan BioColours top coat akan menjadi lebih mudah.

Proses Finishing Lantai Kayu dengan BioColours

Kini lantai kayu telah siap, saatnya Anda mempersiapkan bahan dan juga alat untuk proses finishing. Ada dua alat yang bisa dipilih yakni menggunakan roll atau pad. Menggunakan pad untuk aplikasi cat akan lebih bijak mengingat hasilnya akan lebih rata.

Siapkan BioColours sanding sealer dan juga BioColours top coat. Pastikan kedua bahan cukup untuk digunakan pada lantai kayu dan siapkan bahan pelarutnya yakni air. Perhatikan darimana Anda akan memulai aplikasi dan selesai sampai pada pintu. Jangan sampai salah arah aplikasi ya.

Cara Menggunakan BioColours Sanding Sealer Terbaik untuk Lantai
aplikasi sanding sealer pada lantai

Langkah-langkah aplikasi cat BioColours pada lantai kayu:

  1. Buatlah campuran BioColours sanding sealer dengan air di sebuah ember atau wadah yang cukup besar. Gunakan perbandingan campuran 2 cat dan 1 air, kemudian aduk hingga rata dan tidak ada sanding sealer yang mengendap. Masukan pad dan mulailah untuk mengecat sesuai dengan arah serat kayu. Lakukan sampai seluruh bagian lantai terlapisi sanding sealer.
  2. Tunggulah sampai lapisan sanding sealer ini mengering. Jika sudah kering benar baru mulailah untuk mengamplas. Gunakan buffer untuk mengamplas agar cepat selesai. Pengamplasan selesai gunakan vakum dan kain mikrofiber kembali untuk pembersihan. Kini aplikasi sanding sealer sudah selesai dan bisa dilanjutkan dengan top coat.
  3. Buatlah campuran BioColours top coat dengan air di wadah lain yang bersih. Gunakan perbandingan yang sama yakni 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga rata. Aplikasikan top coat merata ke seluruh permukaan lantai kayu menggunakan pad. Lakukan sampai rata dan diamkan lantai selama 24 jam. Keesokan harinya cek kembali apakah lantai kayu sudah tidak memiliki cacat finishing baru bisa digunakan.
Baca Juga:  Bagaimana Cat Kayu Besi Yang Aman?

Sangat mudah bukan mengaplikasikan sanding sealer dan top coat water based pada lantai kayu? Alat yang berat seperti buffer tidak harus dibeli Anda bisa menyewanya ke tempat persewaan khusus. Mengecat lantai sendiri akan lebih murah daripada Anda menyerahkannya pada profesional. Bahkan ada rasa kepuasan sendiri untuk melihat lantai kayu yang selesai difinishing.

Perawatan Lantai Kayu agar Tahan Lama

Bagaimana perawatan yang dilakukan setelah proses finishing selesai? Kebanyakan orang tidak memperhatikan ini dan hanya membiarkannya saja. Padahal perawatan selanjutnya akan menentukan apakah lantai kayu bisa bertahan lebih lama.

Nah dalam hal perawatan ini Anda bisa menggunakan bahan poles kayu yang diaplikasikan satu bulan sekali. Bahan poles berfungsi untuk memperkuat lapisan top coat, membuat tampilan lanta tetap cerah dan juga melindungi lantai kayu dari serangan jamur.

Anda bisa menggunakan bahan poles seperti Biopolish Linseed Oil. Proses aplikasinya bahkan sangat mudah, Anda bisa memoles lantai kayu menggunakan buffer. Lakukan langkah ini seperti ketika Anda mengamplas, jangan injak bagian yang baru saja dipoles karena akan membekas dan bahan tidak menempel dengan baik.

Setelah proses pemolesan sebaiknya diamkan lantai kayu hingga beberapa menit baru bisa digunakan kembali. Tambahkan karpet pada area lantai yang sering digunakan, cara ini akan mengurangi gesekan akibat kaki yang menginjak lantai dan membawa debu.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X