Sedang Belajar Finishing? Kenali Dulu Macam-Macam Cat Dasar Kayu Ini

Sedang Belajar Finishing? Kenali Dulu Macam-Macam Cat Dasar Kayu Ini

Mempelajari masalah kayu memang sangat dalam, namun jika Anda ingin memiliki pelajaran yang lebih jauh tentang finishing maka pahami apa itu finishing dan apa saja yang menjadi bahan penunjangnya. Jika Anda melakukan pengecatan asal-asalan ada banyak efek yang diberikan bahkan cacat penampilan pada kayu. Tidak ingin menjadi tukan cat asal-asalan maka pelajari apa itu cat dasar dan bagaimana menggunakannya.

Cat dasar adalah bagian penting pada sebuah finishing. Ketika sebuah kayu solid yang memiliki pori tidak ditutup dengan cat dasar maka hasilnya pori kayu terbuka akan memicu pelapukan karena mudahnya kelembaban yang terserap ke dalam pori. Hasil finishing juga tidak akan halus rata, permukaan kayu kasar akan memperburuk hasil finishing.

Baca Juga : merk spray gun yang bagus dan murah

Ada banyak sekali macam cat dasar kayu sesuai dengan penggunaannya. Mari kita bagi menjadi dua jenis finishing yaitu finishing open pore dan finishing close pore. Mulai dari finishing close pore, cat dasar memiliki fungsi penuh untuk menutup pori-pori kayu dengan maksimal mulai dari pori kayu kecil hingga besar bahkan pada cacat lubang pada kayu.

Sedang Belajar Finishing? Kenali Dulu Macam-Macam Cat Dasar Kayu Ini
bentuk pasta wood filler

Finishing close pore dapat ditutup dengan wood filler. Wood filler adalah bahan berbentuk pasta padat yang dapat diencerkan sesuai bahan pelarutnya. Fungsinya adalah untuk menutup pori kayu yang kecil tanpa menutup warna kayu dan serat kayu. Maka Anda bisa mendapatkan berbagai jenis merk wood filler di pasaran dengan warna-warna kayu pilihan seperti jati, ramin atau sungkai.

Jika warna yang dimiliki wood filler terbatas, agar mendapatkan hasil warna yang mirip dengan warna kayu, kebanyakan pengecat profesional mencampurkannya dengan wood stain yang akan digunakan di atas wood filler. Sehingga perpaduan warna yang diberikan tidak jauh berbeda dan memberikan hasil yang senada.

Proses aplikasi wood filler sangat bervariasi tergantung kebutuhan, Anda bisa mengaplikasikannya langsung pada seluruh permukaan kayu dan meratakan menggunakan pisau palet. Anda juga bisa melarutkannya dengan bahan pelarut sesuai produk kemudian diratakan menggunakan kain sambil ditekan.

Khusus pada beberapa jenis lubang yang dalam, maka perbaikan membutuhkan pencampuran antara  serbuk kayu dan wood filler. Anda bisa mencampurkan serbuk kayu sesuai warna kayu, mencampurkan dengan wood filler kemudian mengisinya pada lubang kayu.

Sedang Belajar Finishing? Kenali Dulu Macam-Macam Cat Dasar Kayu Ini
Hasil finishing open pore dengan sanding sealer

Jika close pore membutuhkan wood filler, maka open pore membutuhkan larutan yang lebih cair. Open pore bukan berarti Anda membiarkan pori kayu tetap terbuka namun lapisan tipis yang diberikan berfungsi sebagai cat dasar. Larutan ini seperti top coat memberikan warna bening yang tidak akan mengubah warna kayu dan menutup warna serat kayu. Anda bisa menggunakan sanding sealer pada finishing open pore ini.

Sanding sealer berbentuk cairan kental yang proses aplikasinya harus dilarutkan dengan pelarutnya. Anda bisa mengaplikasikan dengan alat semprot yang memberikan permukaan rata. Selain sebagai cat dasar kayu, sanding sealer juga sering digunakan sebagai lapisan medium antara top coat dan juga wood stain. Jika penggunaannya sebagai cat dasar, setelah mengaplikasikan sanding sealer bisa langsung menuju lapisan top coat.

Jenis-Jenis Wood Filler dan Sanding Sealer Berdasarkan Pelarut

Anda akan menemukan banyak sekali cat dasar kayu baik itu wood filler atau sanding sealer dalam berbagai merk. Pasti jika Anda masih pemula akan bingung manakah jenis wood filler atau sanding sealer yang sebaiknya digunakan? Apakah Anda harus membeli yang mahal atau membeli yang murah? Apa itu bahan pelarut dan bagaimana bisa memilih jenis pelarut yang tepat?

Tidak salah jika Anda memilih salah satu merk sanding sealer atau wood filler di sebuah toko bahan bangunan karena Anda bisa mencoba mengaplikasikan untuk percobaan. Namun jika Anda akan langsung mengaplikasikan pada proyek pesanan konsumen maka hati-hati ketika memilihnya.

Tidak masalah jika ingin membeli produk dengan harga yang mahal karena hasilnya pasti memuaskan. Anda cukup mengikuti petunjuk pemakaian pada kaleng untuk hasil yang sempurna. Yang perlu Anda perhatikan adalah bahan pelarut yang digunakan.

Wood filler dan sanding sealer yang ada di Indonesia memiliki dua macam pelarut yaitu thinner dan juga air. Kedua pelarut ini akan membagi wood filler dan sanding sealer juga menjadi kedua katagori bahan pelarut tersebut. Anda tidak bisa menggunakan sanding sealer water based dengan pelarut thinner begitu pula sebaliknya. Hal ini juga berlaku pada wood filler.

Nah inilah cara mudah Anda memilihnya. Jika Anda memiliki masalah lokasi pengecatan yang sempit dan dekat dengan lingkungan anak-anak maka disarankan untuk menggunakan cat dasar kayu berpelarut air. Menggunakan bahan pelarut air akan lebih aman dibandingkan thinner. Anda tidak akan menemukan masalah polusi udara, pusing atau batuk dan lingkungan tercemar akibat menyemprotkan cat ke permukaan kayu.

Namun jika Anda memiliki tempat aplikasi yang luas, jauh dari lingkungan anak bahkan ibu hamil maka Anda bisa menggunakan cat berbasis thinner atau solvent ini. Bahan pelarut thinner sangat berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Perlu diperhatikan juga ketika Anda mengaplikasikan cat berbasis solvent maka peralatan keamanan seperti respirator, kacamata dan juga penutup telinga dibutuhkan. Jika Anda memiliki sesitif kulit sarung tangan akan melindungi kandungan logam berat mengenai kulit.

Nah inilah yang perlu Anda perhatikan, kandungan logam berat atau VOC (Volatile Organic Compound) pada thinner sangat tinggi. Inilah yang mengakibatkan kerusakan kesehatan dan pencemaran lingkungan muncul. Pencemaran tidak berhenti ketika mengaplikasikan sanding sealer berbasis solvent namun ketika proses pengeringan ada proses penguapan bahan kimia dari logam berat yang tercemar pada udara.

Sedang Belajar Finishing? Kenali Dulu Macam-Macam Cat Dasar Kayu Ini
respirator wajib digunakan saat aplikasi cat solvent

Inilah sebabnya Anda tidak boleh mengaplikasikan cat pada ruangan sempit, dekat dengan makhluk hidup lainnya. Dampak yang dirasakan bisa langsung dan berkepanjangan. Anda akan merasakan pusing hingga batuk. Namun itu hanya di awal-awal saja karena pada beberapa tahun kedepan ketika Anda masih menggunakan bahan tersebut terus menerus potensi mengidap berbagai macam kanker pun sangat tinggi.

Nah maka dari itu sangat dianjurkan untuk menggunakan sanding sealer atau wood filler berbasis air yang terbebas dari kandungan logam berat tersebut. Jika Anda mencari produk wood filler dan sanding sealer berbasis air, Anda bisa menggunakan merk BioColours. Produk ini telah mengikuti regulasi luar negeri yang mengatur tentang penggunaan logam berat pada produk kimia seperti cat. Anda akan aman menggunakannya karena tidak perlu khawatir masalah kesehatan.

Produk merk BioColours adalah produk yang memiliki kecepatan kering dan memberikan hasil maksimal dibandingkan produk water based di kelasnya. Anda akan merasakan sendiri ketika mengaplikasikannya. Karena kecepatan inilah setiap lapis demi lapis finishing tidak membutuhkan waktu yang lama. Jika Anda hanya memiliki waktu akhir pekan untuk menekuni hobi woodworking maka produk ini sangat tepat bagi Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X