Tahan Cuaca Jika Gunakan Finishing Rumah Kayu Yang Tepat

Finishing rumah kayuUntuk mendapatkan tampilan yang indah, pastikan lakukan finishing rumah kayu dengan tepat dan gunakan yang aman.

Kayu masih sering digunakan untuk memberikan tampilan natural nan klasik. Salah satu yang sering ditemui adalah rumah kayu. Rumah kayu tidak hanya dapat ditemui di pegunungan ataupun di pedesaan, bahkan di area perkotaan rumah kayu juga digunakan. Karena rumah kayu saat ini dapat didesain untuk hunian rumah modern.  Penggunaan kayu yang berkualitas bagus dan desain yang tepat akan emnampilkan rumah kayu tampak indah, elegan nan mewah.

Baca Juga : ide kreasi finishing dinding batu bata dalam rumah

Untuk memberikan kualitas yang bagus pada kayu, lakukan perlindungan kayu sebelum dan sesudah kayu diaplikasikan untuk dekorasi rumah. Hal ini akan membantu menjaga kayu lebih tahan lama dan terhindar dari serangan jamur dan serangga. Masalah utama tersebut diakibatkan karena kelembaban dinding kayu karena guyuran hujan dan pancaran matahari yang setiap saat berinteraksi langsung dengan kayu. Sebelum dijadikan bahan utama rumah kayu, berikan anti jamur dan anti serangga dan anti jamur. Selanjutnya, pada tahap akhir lakukan finishing rumah kayu untuk merawat dan memberikan tampilan kayu lebih sempurna.

Lakukan Finshing Rumah Kayu dengan Tepat.

Polythure
BioColours Biopolyture

Hambatan yang sering ditemui pada rumah kayu adalah munculnya jamur atau serangga bubuk atau rayap. Berarti jika itu terjadi, saat kayu masih mentah belum dilakukan dengan maskimal pemberian obat anti serangga dan anti jamur yang digunakan. Selain itu, manfaat finishing bertujuan untuk melindungi kayu dari paparan sinar matahari dan guyuran hujan. Langkah yang bisa Anda gunakan sebagai berikut:

  • Masukkan anti serangga (BioCide Insecticide) dan anti jamur(BioCide Wood Fungicide) ke dalam air, kemudian rendam kayu ke dalam air tersebut selama 1-2 jam. Angkat kayu dan tunggu hingga kering.
  • Kayu untuk dekorasi rumah biasanya dibuat panel agar mudah diaplikasikan. Biasanya rumah dengan kayu sebagai bahan utama, menggunakan panel karena sistemnya yang knock down (bongkar pasang). Amplas semua permukaan kayu agar mudah diaplikasikan saat finishing.
  • Setelah selesai mengamplas, pastikan kayu yang terbentuk jadi palet benar-benar bersih dan rata. Baru kemudian Anda dapat mengaplikasikan Wood Stain Outdoor (WSO) sebagai warna dasar permukaan palet kayu. Tunggu hingga mengering.
  • Kemudian aplikasikan Biopolyture ke seluruh permukaan palet kayu. Gunakan Biopolyture sesuai dengan takaran ( 2 bahan Biopolyture: 1 bahan air). Tunggu hingga mengering, jika Anda kurang mendapatkan warna yang sempurna. Amplas permukaan palet kayu lalu kemudian aplikasikan Biopolyture. Lakukan langkah tersebut hingga Anda mendapatkan warna yang sempurna.
  • Setelah mengering, aplikasikan topcoat. Gunakan topcoat EP 3050 dengan perbandingan 2 bahan topcoat: 1 bahan air. Aplikasikan ke seluruh permukaan palet kayu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tunggu hingga mengering dan dapatkan hasilnya.

Langkah-langkah tersebut menggunakan bahan yang aman dan ramah lingkungan. Sehingga sangat cocok digunakan untuk orang-orang yang sangat memperhatikan kesehatan dan lingkungan. Sudah beberapa tahun ini, mulai digerakkan go green untuk mencegah pemanasan global yang akan menjadi. Salah satu yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan cat aman dan ramah lingkungan, karena kandungan VOC-nya yang sangat rendah dan bahkan tidak beracun. Sehingga penggunaan cat tersebut tidak berdampak pada kesehatan manusia dan tidak mencemari lingkungan. Lalu kategori cat manakah yang tidak aman? Cat yang tidak aman biasanya memiliki bau yang menyengat, dari bau tersebut jelas sekali bahwa itu memiliki kandungan VOC yang tinggi dan dapat menyebabkan lapisan ozon semakin melebar. Selain itu cat tersebut mengandung timbal dan merkuri yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia, jika uap yang ditimbulkan cat tersebut dihirup terus-menerus akan mengakibatkan kanker. Cat tersebut adalah cat solvent based atau cat berpelarut minyak seperti thinner, methanol, spirtus atau minyak turunan lainnya.

Maka dari itu sangat disarankan menggunakan cat aman dan ramah lingkungan, seperti cat water based yang digunakan pada langkah-langkah di atas. Untuk pemesanan atau menanyakan lebih lanjut cat water based silahkan hubungi Customer Service Bio Industries via telp ke no 082220265056 atau WA ke no. 087839346433. Atau Anda dapat mengunjungi langsung Bio Industries di Jl. Sidikan Noo. 94, Yogyakarta.

Jadi, penggunaan cat water based akan membantu kehidupan manusia karena dapat mengurangi dampak pemanasan global. Menggunakan cat water based berarti Anda telah ikut serta mengurangi dampak pemanasan global. Semoga dengan finishing rumah kayu yang aman tersebut dapat memberikan inspirasi bagi Anda serta memudahkan Anda dalam mengaplikasikannya. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X