6 Model Sekat Unik untuk Ruangan Minimalis

Memilih sekat untuk ruangan juga membutuhkan banyak pertimbangan. Ada 6 model sekat ruangan ini bisa menjadi alternatif yang dapat Anda gunakan.

Apabila Anda termasuk orang yang memiliki ruangan dalam rumah yang luas, mungkin memilih menggunakan sekat adalah hal yang perlu dipikirkan. Penggunaan tembok sebagai sekat seringnya malah terlihat monoton dan justru makan tempat. Dibandingkan dengan tembok, penggunaan sekat semi permanen akan membuat ruangan terasa lebih lega dan estetik.

Sekat ruangan atau juga disebut dengan partisi adalah salah satu alternatif paling tepat digunakan untuk ruangan yang minimalis namun tetap terkesan lega. Penggunaan partisi ini sangat cocok diterapkan pada ruangan yang sempit ataupun luas. Selain membuat ruangan terasa lebih lega, penggunaan sekat juga mampu meningkatkan nilai seni dalam ruangan.

6 Model Sekat Ruangan Unik

Memilih sekat ruangan juga seperti halnya Anda memilih furniture untuk ruangan rumah Anda. Jika Anda ingin lebih unik dan menarik, Anda punya kesempatan untuk menciptakan sekat ruangan sendiri.

Menciptakan sekat ruangan secara mandiri denganDIY cenderung lebih praktis dan hemat karena Anda dapat menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan di sekitar lingkungan Anda. Adapun 6 model sekat ruangan ini dapat Anda pilih sebagai alternatif apabila ingin membuat partisi sendiri, yaitu:

  1. Sekat dari Bambu

Bisa membayangkan bagaimana bambu digunakan sebagai sekat ruangan, bukan? Bambu yang digunakan tentu saja bukanlah bambu dengan diameter yang lebar seperti 15 cm atau lebih melainkan cukup sekitar 5 cm saja kemudian disusun berjajar dengan lebar disesuaikan dengan yang dibutuhkan.

Untuk mempercantik tampilan bambu, aplikasikan pernis sehingga warna bambu tidak terkesan pucat. Dengan dioleskan secara poles, bambu juga dapat tahan lama karena perlindungan dari luar yakni dari cat itu sendiri.

  1. Sekat dari Batang Kayu

Jika ingin yang lebih praktis dan sederhana, Anda dapat memanfaatkan batang kayu yang terdapat di sekitar lingkungan Anda. Pastikan batang kayu tersebut memiliki panjang yang sama sehingga ketika terpasang akan lebih estetik.

Kesan sekat ruangan dengan batang kayu akan lebih menarik karena memberikan kesan rustic pada ruangan. Meskipun demikian, batang kayu sebagai sekat ruangan ini dapat diterapkan pada hunian dengan konsep minimalis modern.

  1. Sekat dari Pipa Paralon

Pipa paralon ternyata tidak hanya sebagai tempat saluran air ataupun digunakan untuk media tanam hidroponik saja. Pipa paralon bisa Anda manfaatkan sebagai sekat ruangan yang estetik. Caranya adalah potong dengan ukuran panjang yang sama baik pipa paralon berukuran besar ataupun kecil. Kemudian susun pipa paralon dengan menyambungkannya menggunakan lem.

Susun hingga tinggi dan panjang sesuai dengan kebutuhan sekat ruangan yang Anda butuhkan. Selanjutnya cat pipa paralon sesuai dengan selera Anda hingga tercipta sekat ruangan yang unik dan estetik.

  1. Sekat dari Palet Kayu Jati Belanda

Apabila Anda menginginkan kesan yang lebih modern namun juga kuno dalam satu waktu maka Anda dapat menggunakan palet kayu jati belanda sebagai sekat ruangan. Palet kayu tersebut dapat Anda susun sesuai dengan keinginan Anda dan dapat juga diberikan penggantung untuk menggantung foto, hiasan frame kayu dan lain sebagainya.

  1. Sekat dari Tanaman Gantung

Apabila menginginkan nuansa yang lebih segar, Anda dapat menerapkan sekat dari tanaman gantung. Sekat ini sangat cocok jika digunakan untuk kebutuhan outdoor seperti taman atau dapur yang terbuka.

  1. Sekat dari Rangka Kayu

Seperti halnya palet, sekat dari rangka kayu ini juga berbentuk menyerupai papan-papan yang disusun. Yang membedakan adalah material kayu untuk sekat ini umumnya adalah kayu untuk rangka rumah sehingga berukuran lebih besar dan tebal. Oleh karena itu, pemasangan sekat ini membutuhkan tenaga lebih dari satu orang.

Finishing Untuk Sekat Ruangan dari Kayu atau Bambu

Bambu atau kayu merupakan material serat alam yang memiliki tampilan alami sehingga sudah menciptakan kesan yang unik dan natural. Namun, tampilan dari bambu dan kayu cenderung pucat sehingga membutuhkan lapisan finishing agar terlihat lebih tajam.

Anda dapat menggunakan Biovarnish sebagai lapisan cat pada sekat ruangan bambu atau kayu tersebut. Cat ini memiliki transparansi yang bagus sehingga tidak akan menutup serat alami dari bambu atau kayu yang digunakan sebagai sekat ruangan.

Pengaplikasian Biovarnish sangat sederhana, apabila hanya digunakan sebagai pelapis maka gunakan dua macam jenis cat yakni Biovarnish Sanding Sealer dan Biovarnish Clear Coat.

Cat dari Biovarnish ini ramah lingkungan sehingga tidak mengeluarkan bau cat yang menyengat. Sehingga, tetap nyaman dan aman meskipun diletakkan langsung di dalam ruangan. Cat Biovrnish juga aman bagi anak-anak ataupun hewan peliharaan Anda di rumah.

Cat Biovarnish merupakan cat water based yang sudah dijamin aman baik ketika diaplikasikan ataupun pasca diaplikasikan.

Untuk mendapatkan varian produk Biovarnish, Anda dapat langsung menghubungi kontak hotline yang tercantum pada website ini. Anda juga bisa membeli produk Biovarnish di marketplace kesayangan Anda yakni

Shopee: https://shopee.co.id/Biovarnish.official

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X