penyebab pintu rumah turun

Penyebab Pintu Rumah Mudah Turun

Seringkali pintu rumah Anda turun sehingga ketika membuka ataupun menutup akan merasa kesulitan. Apa penyebab dari pintu bisa turun?

Pintu adalah komponen rumah yang wajib ada karena memiliki peran yang sangat penting. Bukan hanya sekedar tempat untuk masuk/keluar ruangan melainkan juga sebagai sirkulasi udara. Sayangnya, seringnya pintu mengalami masalah sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik.

Masalah yang seringkali menimpa pada pintu rumah baik pintu utama ataupun pintu untuk setiap ruangan adalah daun pintu yang turun. Pintu yang turun ini tidak dapat bekerja dengan baik sehingga ketika dibuka/ditutup justru sulit.

Ada beberapa hal penyebab dari pintu yang menurun tersebut. Nah, agar tidak salah dalam memperbaiki masalah daun pintu yang menurun maka perhatikan sebab-sebabnya terlebih dahulu.

3 Sebab Pintu Rumah Mudah Turun

Pintu yang turun menjadi penghambat ketika membuka ataupun menutup rumah. Apabila tidak segera diperbaiki justru akan merusak pintu dengan cepat. Ketika menutup pintu, akan lebih kesulitan karena lubang kunci tidak tepat karena daunnya yang menurun.

Ada 3 penyebab dari pintu rumah tersebut menurun, di antaranya adalah

  • Pintu yang Memuai

Pintu turun bisa disebabkan karena material pintu yang memuai. Hal ini tidak berlaku untuk semua jenis pintu. Umumnya, pintu yang memuai adalah jenis pintu dari kayu-kayu tertentu yang tingkat penyusutannya cukup tinggi.

Pintu yang memuai tidak dapat dibenahi karena umumnya pintu ini akan memuai jika di musim-musim tertentu. Selain karena memuai, pintu ini juga akan lebih riskan menyusut sehingga Anda harus mengganti daun pintu yang tidak memuai atau menyusut seperti kayu jati.

  • Jarak Aman yang Salah

Penyebab lain dari pintu mudah menurun adalah jarak amannya yang salah. Pintu utama akan berbeda kondisinya dengan pintu yang digunakan untuk ruangan. Pintu utama umumnya bersinggungan langsung dengan outdoor sehingga berhadapan langsung dengan cuaca, kondisi udara dan kelembaban udara.

Untuk pintu utama, sebaiknya pasang jarak sekitar 1-2 mm untuk mengantisipasi adanya pemuaian. Sedangkan untuk pintu ruangan sebaiknya pasang jarak 4  mm.

  • Engsel Yang Tidak Kuat

Kesalahan yang dapat menyebabkan pintu tersebut menurun adalah engselnya yang tidak kuat menahan daun pintu. Biasanya, pintu tersebut tidak seketika langsung turun begitu saja melainkan secara perlahan-lahan. Apabila tidak diperhatikan dengan baik maka pintu tersebut terkesan turun secara langsung.

Dan ketika engsel sudah tidak kuat menahan pintu, kemungkinan pintu akan menyentuh lantai, sehingga akan membuat pintu tersebut sulit dibuka ataupun ditutup. Sebaiknya, gunakan engsel yang sesuai dengan daun pintu yang digunakan. Untuk engsel bawah sebaiknya dipasang 30cm dari atas lantai sedangkan engsel atas berjarak 50cm dari kusen atas.

Selain masalah pintu yang menurun, pintu utama seringkali mengalami masalah pada warna yakni memudar. Tidak hanya sekadar memudar, seringkali cat retak atau mengelupas. Lalu apa yang harus dilakukan?

Refinishing Pintu Kayu Sesuai dengan Masalah

Pintu kusam selalu menjadi masalah utama karena bagian komponen rumah ini sering terpapar sinar matahari dan mengalami udara yang lembab. Apabila tidak segera dibenahi, pintu akan mudah mudah lapuk dan keropos.

Pintu yang lapuk ataupun keropos akan lebih mudah terserang serangga seperti rayap. Agar hal ini tidak terjadi, sesegera mungkin refinishing pintu tersebut. Cat ulang untuk mendapatkan hasil warna yang baik serta melindungi kayu dengan optimal.

Selain itu, cat yang mudah mengelupas juga bisa disebabkan karena pintu yang memuai. Cat jenis ini umumnya tidak memiliki fleksibilitas yang bagus sehingga akan lebih mudah mengelupas jika material yang ditimpanya sering memuai atau menyusut.

Gunakan cat kayu yang memiliki fleksibilitas yang bagus sehingga dapat menyesuaikan kondisi dari material yang ditimpanya. Salah satu cat berkualitas, memiliki fleksibilitas yang bagus serta weather resistance adalah cat dari Biovarnish.

Cat kayu tersebut memiliki komposisi bahan yang ramah lingkungan sehingga tidak membahayakan. Selain itu, dengan fitur yang mumpuni membuat Biovarnish dapat bersaing di pasaran.

Bagaimana Cara Mendapatkan Cat Biovarnish untuk Proyek Refinishing Pintu Anda?

Untuk mendapatkan cat dari Biovarnish, Anda dapat langsung menghubungi kontak yang tercantum pada website ini. Bagi Anda yang ingin melakukan pemesanan lebih cepat dan praktis, dapat langsung memesan di marketplace di bawah ini:

Bukalapak: https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/biopaint102

Shopee: https://shopee.co.id/biovarnish.official

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X