Perawatan Mangkok Kayu Agar Tidak Mudah Berjamur

Perawatan Mangkok Kayu Agar Tidak Mudah Berjamur

Anda suka menggunakan mangkok kayu? Apakah Anda sudah menjaga mangkok koleksi Anda tidak berjamur? Padahal mangkok kayu digunakan  dan bersentuhan langsung dengan air, jika perawatan secara rutin tidak dilakukan maka akan memunculkan berbagai macam kerusakan akibat mikroorganisme.

Mikroorganisme tersebut tidak hanya akan merusak mangkok kayu namun juga akan sangat berbahaya apabila digunakan sebagai peralatan makan. Karena kita tidak pernah mengetahui apakah mikroorganisme tersebut tidak akan membahayakan kesehatan dengan mencemari  makanan.

Perawatan Mangkok Kayu Agar Tidak Mudah Berjamur
Mangkok kayu yang digunakan untuk tempat makanan.

Mangkok yang terbuat dari kayu berbeda dengan mangkok yang terbuat dari keramik atau terbuat dari material kaca. Karena kayu memiliki pori-pori maka akan mempermudah mikroorganisme untuk bersembunyi di dalam pori dan menimbulkan bakteri.

Belum lagi ketika proses pencucian mangkok maka air sabun juga akan meresap ke dalam mangkok kayu. Sabun yang bersembunyi di dalam pori kayu juga berpotensi menjadi bakteri yang mencemari makanan nantinya.

Menghindari masalah bakteri dan mikroorganisme maka dibutuhkan perawatan mangkok kayu yang Anda gunakan. Sebenarnya tidak hanya mangkok kayu saja namun juga untuk berbagai macam peralatan makanan atau peralatan masak dari kayu yang lainnya.

Food Safe Untuk Peralatan Makan Dari Kayu

Topic tentang food safe yang aman adalah tema yang berulangkali banyak diperbincangkan oleh woodturners dan woodworkers. Karena mereka akan membayangkan bagaimana proyek kayu yang diciptakan akan mendapatkan kontak langsung dengan makanan atau minuman atau bahan yang akan dikonsumsi.

Beberapa kekhawatiran pun muncul tentang apakah aman digunakan untuk makanan atau tidak berasal dari asumsi yang tidak valid mengenai bahan untuk melindungi kayu. Bahan finishing yang digunakan digunakan untuk melindungi kayu, manonjolkan bentuknya dna mengurangi infiltrasi kelembaban dan bahan lain dari makanan ke kayu.

Sementara dalam keadaan cair mereka, sebagian besar selesai harus dianggap “beracun” dan tidak aman untuk konsumsi manusia karena adanya pelarut yang digunakan untuk membawa hasil akhir yang sebenarnya ke dalam atau ke permukaan kayu.

Maka untuk pertama kalinya dibutuhkan hasil finishing yang diinginkan apakah yang diinginkan adalah membentuk permukaan kayu atau untuk mendapatkan lapisan finishing yang masuk ke dalam pori-pori kayu. Jika untuk permukaan kayu yang tidak memiliki resiko kerusakan tinggi seperti furniture di dalam rumah maka bahan finishing seperti pernis dan juga plitur disarankan untuk digunakan. Untuk bahan finshing tersebut maka produk seperti mangkok kayu atau bahkan talenan tidak cocok untuk digunakan.

Perawatan Mangkok Kayu Agar Tidak Mudah Berjamur
Bahan perawatan peralatan makanan dari kayu harus sesuai dengan standar FDA.

Untuk lapisan finishing dengan film yang membawa bahan solvent ketika lapisan sudah kering maka kandungan solvent telah menguap dan cat yang menempel dapat dikatakan food safe. Namun akan sangat sulit untuk mengetahui apakah kandungan solvent pada cat sudah benar-benar mengering.

Untuk mendapatkan bahan finishing yang benar-benar bisa digunakan untuk finishing sebaiknya selalu pilih apakah bahan tersebut telah memiliki lisensi food grade. Untuk lisensi ini biasanya bahan finishing mengacu pada FDA.

Bahan Aman Untuk Finishing Mangkok Kayu

Menurut berbagai ahli kimia, agensi regulasi dan juga pabrik bahan finishing ada beberapa bahan atau produk yang tergolong food safe atau aman digunakan untuk pelapis peralatan makanan dari kayu. bahan finishing ini adalah bahan yang akan memberikan proteksi.

Apa saja bahan finishing yang akan memberikan proteksi pada mangkok kayu dan peralatan makanan dari kayu lainnnya? Berikut ini beberapa bahan yang dapat digunakan untuk memoles kayu dan menciptakan proteksi.

  • Pure Tung Oil

Terbuat dari ekstrak kacang dari pohon China. Digunakan untuk berbagai macam jenis campuran bahan finishing. Tersedia dalam katalog di banyak toko bahan bangunan, memiliki karakter sulit untuk diaplikasikan, membutuhkan banyak  lapisan coating, dan juga tahan terhadap air.

  • Raw Linseed Oil

Terbuat dari biji rami yang di press, sering salah diartikan dari linseed yang direbus dan mengandung bahan metalik. Termasuk salah satu bahan yang aditif makanan oleh Food and Drug Administration (FDA). Memiliki ciri khas lama dalam hal pengeringan, memiliki tampilan yang menarik dan tidak terlalu tahan terhadap air serta harus diaplikasikan terus menerus.

  • Mineral Oil
Perawatan Mangkok Kayu Agar Tidak Mudah Berjamur
Bahan yang digunakan untuk memoles peralatan makan harus tepat.

Walaupun terbuat dari petrolum bahan ini tidak memiliki warna, tidak berbau dan tidak memiliki rasa. Dijual sebagai pencahar di toko obat dan untuk bahan finishing peralatan makanan dan dapur. Mudah untuk diaplikasikan dan rendah dalam ketahanan air serta membutuhkan aplikasi yang sering.

  • Walnut oil

Terbuat daru buah atau kacang dari pohon walnut. Dijual sebagai minyak salat di berbagai toko makanan sehat dan di supermarket. Walnut oil akan kering dan tidak akan berbau tengik  dan proses aplikasi harus sering namun mudah untuk diaplikasikan.

  • Beeswax
Perawatan Mangkok Kayu Agar Tidak Mudah Berjamur
Beeswax adalah bahan alami yang digunakan untuk perawatan mangkok kayu.

Terbuat dari hasil kerja keras lebah madu dan bisa dicampur dengan minyak untuk menciptakan aroma yang lebih enak. Kekuatan lebih baik dalam ketahanan air dijual di peralatan woodworking.

  • Carnauba Wax

Terbuat dari pihon palm Brazil memiliki bentuk yang lebih padat daripada beeswax dan lebih tahan air. Dapat digunakan langsung pada peralatan makan dari kayu. memberikan proteksi yang lebih ringan daripada top coat. Juga dapat ditemukan di berbagai toko woodworking.

  • Shellac

Terbuat dari sekresi serangga sehellac yang dipanen di India. Shellac ini memiliki bentuk serpihan dan sangat tahan terhadap air. Menciptakan lapisan film di luar dan banyak di jual di toko woodworking bahkan tersedia juga di toko lukis.

Produk Food Safe Direkomendasikan

Bagi Anda yang ingin menggunakan bahan finishing untuk mangkok kayu maka gunakan produk yang telah direkomendasikan. Dalam hal ini Anda bisa memilih BioPolish Beeswax. Produk poles kayu ini  memiliki keunggulan terbuat dari 100% bahan natural lalu memiliki sertifikat US –FDA.

Sehingga untuk hasil aplikasi Anda akan merasakan bahan ini tidak menimbulkan bau dan tidak berasa jadi Anda tidak akan merasakan kontaminasi terhadap makanan. Hasil poles yang diberikan mampu memperlihatkan keindahan kayu yaitu serat dan warna alami kayu.

Perawatan Mangkok Kayu Agar Tidak Mudah Berjamur
Mangkok kayu yang telah dirawat dengan Biopolish Beeswax.

Jika digunakan pada lapisan coating akan melindungi warna dan mempertahankan keindahan lapisan cat atau coating. Akan muncul efek air daunt alas yang tahan terhadap air, memiliki kandungan bahan anti jamur dan anti septic serta mencegah terjadinya cracking.

Produk BioPolish Beeswax dapat digunakan untuk berbagai macam jenis furniture, mainan anak, baby furniture, interior furniture, dekorasi interior, peralatan makan dari kayu seperti mangkok kayu.

BioPolish Beeswax terbuat dari bahan beeswax yang dicampur dengan minyak nabati sehingga mengandung bahan anti oxidant alami, natural plasticizer dan antural anti septic yang akan menghambat proses oksidasi. Sehingga produk kayu yang telah dilapisi akan memiliki fleksibilitas tinggi dengan permukaan yang tetap higienis.

Bagi Anda yang ingin membeli BioPolish Beeswax sekarang juga langsung saja menghubungi costumer service yang tersedia dalam situs ini. Anda juga akan mendapatkan kebutuhan finishing untuk woodworking yang aman terbuat dari water based.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X