Merk Sanding Sealer Terbaik untuk Finishing Bambu

Merk Sanding Sealer Terbaik untuk Finishing Bambu

Finishing bambu, apakah yang ada di benak Anda ketika mendengar kata tersebut? Apakah Anda melihat hasil finishing warna natural atau warna solid? Apakah Anda membayangkan keamanan bahan finishing yang digunakan atau justru Anda telah memikirkan bagaimana Anda akan melakukan proses finishing pada furniture yang terbuat dari bambu?

Ya itu semua adalah finishing yang harus dilakukan oleh setiap pengrajin kayu atau serat alam lain yang berbentuk kerajinan atau furniture. Semua benda yang digunakan manusia tersebut baik dalam negeri atau luar negeri memerlukan penampilan menarik sekaligus perlindungan yang maksimal.

Proses ini wajib dilakukan sebaga bentuk perawatan serat alam baik itu bambu atau kayu agar lebih tahan lama. Tentunya banyak orang mau mengeluarkan banyak uang untuk membeli furniture bukan karena setelah sekali dipakai kemudian rusak. Banyak orang yang mencari furniture tahan lama dengan penampilan sesuai selera mereka.

Di sinilah tugas para pengrajin kayu semakin berat. Walaupun tidak ada barang yang sempurna namun mereka dituntut untuk menghasilkan kerajinan yang sempurna. Kesempurnaan itupun didapatkan dari bahan cat yang mereka gunakan.

Bambu termasuk tanaman rumput yang banyak tumbuh di Indonesia yang dulunya berasal dari China. Bambu banyak dibudidayakan karena fungsinya yang beragam mulai dari sebagai bahan makanan hingga furniture. Bambu banyak digunakan karena kualitasnya yang cukup baik untuk menggantikan kayu yang digunakan sebagai bahan pembuatan furniture.

Merk Sanding Sealer Terbaik untuk Finishing Bambu
pori bambu terletak pada ujungnya

Walaupun pori bambu berbeda dari kayu yakni pada buku-bukunya namun keindahan bambu tidak kalah dibandingkan kayu. Bambu memiliki permukaan kulit yang memiliki lapisan lilin dan berubah warna setelah dikeringkan. Ada beragam jenis bambu yang bisa digunakan dan dipilih sesuai kebutuhan.

Baca Juga:  Tampil Bersih dengan Cat Kayu Warna Putih dari Bioduco

Bahkan teknologi modern telah mengubah bambu menjadi sebuah lantai yang tahan lama digunakan untuk pembangunan rumah. Bagi Anda yang ingin menggunakan lantai dari bambu bisa memilih laminasi palet bambu. Apapun bentuk olahan dari bambu sebagai furniture, lantai, pagar bahkan kerajinan, sanding sealer dibutuhkan untuk memberikan keindahan dan perlindungan bambu.

Inilah salah satu kebutuhan dari bambu yang perlu diperhatikan jika ingin membuatnya digunakan lebih lama lagi.

Mengapa Bambu Membutuhkan Sanding Sealer?

Apakah alasan dibalik penggunaan sanding sealer pada bambu? Bagaimana sanding sealer dapat melindungi furniture dari bambu? Sanding sealer adalah salah satu jenis cat yang digunakan pada seluruh jenis material serat alam. Tujuannya adalah memperoleh tampilan natural transparan dan juga memberikan perlindungan material tidak terkecuali pada bambu.

Perlindungan yang diberikan sanding sealer kepada bambu meliputi mengatasi rayap yang akan merusak bambu, mencegah timbulnya jamur permukaan yang akan membuat bambu menjadi rusak terakhir adalah memberikan penampilan yang menarik pada bambu. Sanding sealer bekerja sebagai pondasi yang baik untuk finishing warna natural.

Jadi fungsi sanding sealer pada bambu tidak jauh berbeda dengan fungsi yang diberikan pada furniture kayu. Sanding sealer yang terbaik untuk melindungi bambu dan direkomendasikan oleh banyak pengrajin kayu adalah BioColours.

Produk BioColours sanding sealer adalah cat water based yang bisa digunakan dalam kondisi cuaca apapun. Mungkin sebelumnya Anda pernah memperhatikan bahwa sebagian besar jenis cat hanya dapat diaplikasikan pada cuaca panas. Ini disebabkan cat tersebut termasuk cat solvent yang membutuhkan panas matahari agar bisa kering sempurna.

Hal ini terjadi karena bahan pelarut solvent yakni thinner yang hanya dapat mengering jika panas matahari muncul. Sedangkan bahan pelarut air dapat menguap dalam kondisi apapun syaratnya hanya satu yakni furniture bambu tidak boleh dijemur langsung pada panas matahari karena air akan menguap terlalu cepat dan menghasilkan finishing yang rusak.

Baca Juga:  Mudahnya Menggunakan Cat Kayu Kuas Biovarnish

Inilah mengapa Anda harus menggunakan sanding sealer pada semua jenis furniture bambu. BioColours sanding sealer adalah jenis produk yang aplikasinya sangat mudah hanya dengan air dan juga spray gun. Siapa saja bisa menggunakannya untuk mendapatkan furniture bambu yang halus dan juga rata.

Merk Sanding Sealer Terbaik untuk Finishing BambuBerikut ini cara aplikasi BioColours sanding sealer yang mudah dan juga cepat:

  1. Siapkan material furniture bambu yang sudah diamplas satu jam sebelum proses pengecatan berlangsung. Jangan lupa untuk membersihkan debu amplas.
  2. Campurkan sanding sealer BioColours dengan air, gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata. Tuang larutan ke dalam tabung spray kemudian semprotkan seluruh larutan ke permukaan furniture bambu. Lakukan hingga seluruh bagian tercover khususnya jika material terbuat dari anyaman.
  3. Tunggulah lapisan sanding sealer mengering, ingat jangan dijemur. Proses pengeringan biasanya akan memakan waktu sekitar 60 menit saja dan dilanjutkan dengan proses pengamplasan dengan amplas 400. Pastikan seluruh sudut teramplas jika ingin hasil yang sempurna.

Selanjutnya adalah proses lapisan top coat. Seluruh proses aplikasi secara garis besar sama. Perlu diperhatikan adalah semua proses harus menggunakan cat water based jadi pastikan kembali pada kemasan cat apakah termasuk jenis cat water based. Untuk lebih mudahnya Anda bisa menggunakan BioColours top coat.

Kemudahan proses aplikasi sanding sealer di atas tentunya tidak membutuhkan waktu lama jika ingin menyelesaikan proyek finishing dalam satu hari. Bahkan Anda bisa memberikan dua lapisan sanding sealer hanya saja pastikan cat sudah kering benar sebelum pengamplasan dimulai.

Mengatasi Masalah Hama Pada Bambu

Hama pada bambu bisa saja terjadi bahkan setelah proses finishing berlangsung. Penggunaan sanding sealer memang sangat penting pada furniture begitu pula dengan penggunaan bahan anti rayap yang merupakan hama pada bambu.

Baca Juga:  7 Tips Finishing Pagar Bambu agar Berwarna Putih Bersih

Mencegah rayap yang merusak bambu bisa dilakukan dengan cara yang mudah seperti menghindari area lembab dan tidak meletakan bambu di area tersebut. Cara paling ampuh adalah menggunakan bahan anti rayap sebelum dan sesudah proses finishing berlangsung. Bagaimana caranya dan apakah produk yang dibutuhkan.

Sebelum memulai Anda perlu mempersiapkan produk anti rayap seperti BioCide Insecticide yang sangat ampuh untuk membasmi rayap pada bambu. Anda perlu mengaplikasikannya sebelum proses pengecatan berlangsung.

Merk Sanding Sealer Terbaik untuk Finishing Bambu
laminasi bambu

Caranya campurkan BioCide Insecticide dengan air. Kuaskan ke seluruh area furniture bambu agar bahan benar-benar meresap, lalu jemur. Penjemuran bisa langsung terkena panas matahari untuk mempercepat peresapan. Setelah kering barulah furniture bambu diamplas dan bisa mulai untuk dicat.

Apabila Anda mengalami masalah rayap pada furniture bambu yang telah selesai difinishing ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama perhatikan pada bagian manakah rayap berasal atau tinggal di dalam bambu. Anda bisa memperhatikan apakah terdapat lubang rayap yang terbuka.

Gunakan suntikan yang sudah di isi dengan larutan BioCide Insecticide. Larutan ini bisa disuntikan melalui lubang yang terbentuk. Pastikan seluruh cairan sudah masuk melalui lubang tersebut. Lanjutkan dengan penjemuran agar obat bisa bereaksi dan membunuh rayap yang ada.

Cara perawatan ini akan mempertahankan umur furniture bambu di rumah. Hanya saja pastikan menggunakan sarung tangan dan juga masker saat penggunaannya karena obat anti serangga ini termasuk dalam jenis obat keras.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X