Finishing Kayu Water Based untuk Hasil Natural

Finishing Kayu Water Based untuk Hasil Natural

Apa yang dimaksudkan dengan finishing natural?Banyak para desainer yang menyebutkan tentang finishing natural namun apakah itu? Bagi orang awam istilah tersebut bisa saja terdengar asing.

Finishing natural pada furniture sendiri adalah hasil akhir dengan warna akhir sesuai dengan jenis materialnya. Istilah ini dikhususkan untuk material serat alam seperti kayu, bambu, rotan dan serat alam lainnya.

Sangat jelas bahwa serat menjadi bagian yang ditonjolkan pada finishing natural. Bahkan warna asli material akan menjadi artistik dengan sendirinya.

Hasil akhir tersebut tidak dapat dicapai tanpa bantuan dari bahan finishing berbentuk cat dan juga poles kayu.

Bagi Anda yang sedang mencari bahan finishing apakah yang cocok maka disarankan untuk menggunakan cat kayu water based. Cat ini berbeda dengan cat konvensional lainnya.

Ada banyak teknik finishing yang bisa digunakan untuk mendapatkan hasil warna natural ini. Beberapa ada pula yang sengaja untuk mengganti warna asli kayu dengan warna kayu lainnya.

Hasil warna berbeda bisa menjadi tujuan dan solusi. Misalnya saja warna kayu asli kurang menarik sehingga perlu perubahan warna kayu lainnya.

Pemilihan cat dan cara aplikasinya perlu dipelajari lebih lanjut untuk mendapatkan hasil warna natural yang diinginkan.

Mengenal Cat Kayu Water Based

Mengapa Anda harus memilih cat kayu water based? Apa yang menarik dan keunggulan yang akan diberikan selain hasil finishing natural?

Cat kayu water based adalah cat yang terbuat dari bahan dan pelarut air. Berbeda dengan jenis cat konvensional yang terbuat dari solvent.

Cat water based rendah kandungan bahan organik yang merupakan bahan dasar pembuat cat seperti formalin. Justru rendahnya kandungan tersebut jaminan keamanan lingkungan sangatlah tinggi.

Baca Juga:  Cara Mengeluarkan Serat Kayu Jati Belanda Hanya Dengan Pernis

Cat dibuat dengan teknologi tinggi, yang tentu saja juga menghasilkan finishing memuaskan. Berikut ini keunggulan proses dan hasil finishing dengan cat water based.

  • Tahan lama

Cat kayu water based tidak mudah menguning karena cat ini rendah formalin. Warna yang tidak mudah menguning menandakan transparansi yang diberikan lebih tahan lama.

Bagi Anda yang menginginkan hasil warna tahan lama, maka cat water based adalah pilihan yang tepat.

  • Cocok untuk furniture outdoor

Tidak seperti cat konvensional lainnya yang keras dan tidak fleksibel. Cat water based mampu membentuk lapisan film yang keras namun fleksibel.

Finishing Kayu Water Based untuk Hasil Natural
Cat water based dapat digunakan pada furniture outdoor

Cat water based dirancang khusus untuk mampu bertahan oleh panas matahari, hujan dan perubahan suhu lainnya. Inilah yang membuat cat water based dapat menyesuaikan perubahan bentuk material serat alam.

  • Tidak berbau

Anda pasti sudah familiar dengan bau cat baru yang menyengat bahkan membuat mata iritasi. Ketika muncul masalah ini maka penguapan bahan pelarut cat adalah penyebabnya.

Tidak akan terjadi jika Anda menggunakan cat water based. Cat tidak menggunakan pelarut thinner yang akan menimbulkan gas amonia ketika cat menguap. Jadi tidak ada bau menyengat yang akan keluar.

  • Cepat kering

Dibandingkan cat dengan pelarut solvent, cat water based memiliki waktu kering sentuh dan kering cat ulang dua kali lebih cepat. Kecepatan ini bisa Anda bandingkan sendiri di rumah.

Alasannya adalah cat water based terbuat dari bahan air yang dapat menguap dengan mudah bahkan pada saat musim hujan. Cat cukup diangin-anginkan saja maka akan kering dalam 1 jam saja.

Sebagai rekomendasi jika Anda ingin mendapatkan cat dengan hasil natural terbaik maka BioColours adalah produk yang tepat.

Baca Juga:  Wujudkan Finishing Furniture Kayu Natural Transparan dengan Cara Ini

Cat BioColours adalah cat kayu water based yang proses aplikasinya mudah baik dengan wood stain atau tidak. Tidak akan pernah kecewa bahkan apabila dibandingkan dengan cat water based lainnya.

Cara Mendapatkan Hasil Finishing Natural

Kini Anda sudah mendapatkan produk cat water based yang tepat. Selanjutnya adalah bagaimana Anda melakukan proses finishing.

Seperti yang telah dijelaskan di awal bahwa ada dua finishing natural yang bisa Anda lakukan. Pertama adalah untuk mendapatkan warna asli serat alam seperti kayu, kedua adalah mengubah warnanya.

Anda bisa memilihnya sesuai dengan jenis kayu. Jika sekiranya kayu tidak memiliki serat menarik maka gunakanlah wood stain.

Berikut ini cara pertama untuk mendapatkan hasil finishing dengan warna kayu asli.

  • Amplas seluruh permukaan kayu. Bersihkan debu amplas.
  • Aplikasikan BioColours sanding sealer, campurkan bahan dengan air kemudian semprotkan ke seluruh permukaan kayu.
  • Tunggu lapisan kering, amplas ambang dengan amplas 400 grit. Bersihkan debu amplas.
  • Aplikasikan BioColours Top Coat matte yang sudah dicampur dengan air. Semprotkan merata ke seluruh permukaan kayu dan tunggu kering.
  • Proses kering lapisan akhir membutuhkan waktu semalaman.

Hasil aplikasi yang didapatkan tentu saja warna natural dan tidak mengkilap. Anda bisa juga menggunakan coating doff untuk hasil lebih natural.

Sebagai tips, Anda bisa mengaplikasikan sanding sealer yang merupakan cat dasar kayu dua kali. Tiap lapisan harus tipis, hasilnya cat akan lebih kuat.

Selain aplikasi warna kayu natural tanpa pewarna, Anda juga bisa memilih kayu yang difinishing dengan warna kayu. Pada produk BioColours tersedia 20 pilihan warna yang menarik.

Berikut ini cara aplikasi yang bisa Anda lakukan.

  • Amplas seluruh permukaan kayu kemudian bersihkan debu sisa amplas.
  • Lanjutkan dengan aplikasi BioColours wood filler. Pilih wood filler yang mendekati warna kayu dan aplikasikan merata.
  • Aplikasikan BioColours sanding sealer yang telah dicampur dengan air. Semprotkan nerata dan amplas ambang.
  • Aplikasikan BioColours wood stain sesuai dengan warna yang diinginkan. Lanjutkan dengan pengamplasan ambang setelah kering.
  • Aplikasikan BioColours top coat matte dengan cara yang sama. Tunggu lapisan cat kering semalaman atau setidaknya 24 jam sebelum digunakan.
Baca Juga:  Perlindungan Mengecat : Kesehatan dan Keamanan di Tempat Kerja

Hasil aplikasi memungkonkan Anda untuk mendapatkan hasil finishing dengan warna berbeda.

Finishing Kayu Water Based untuk Hasil Natural
Hasil bleaching kayu

Warna kayu jati bisa berubah menjadi warna kayu mahoni atau sebaliknya. Dengan begitu jika Anda ingin mendapatkan hasil finishing natural yang diinginkan.

Apabila Anda ingin menggunakan cat natural untuk hasil warna ada beberapa hal yang harus diingat yaitu sebagai berikut:

  1. Jika warna kayu lebih gelap dan ingin diganti dengan warna yang lebih terang, gunakan pemutih kayu terlebih dahulu sebelum finishing.
  2. Anda bisa menggunakan aplikasi wood stain lebih dari satu lapis, semakin banyak lapisan maka akan semakin gelap hasilnya.
  3. Anda juga bisa menggunakan dempul kayu untuk menambal bagian kayu yang berlubang besar. Namun setelah itu harus diaplikasikan wood filler secara merata.
  4. Pastikan menguasai aplikasi alat semprot untuk mendapatkan hasil yang halus dan rata. Jarak dan tekanan angin akan menjadi kunci utama yang harus dikuasai.

Jika Anda menggunakan cat kayu BioColours dan mengikuti langkah yang tepat makan hasilnya tentu akan halus dan sangat natural.

Hasil finishing natural dengan cat BioColours selain aman juga akan bertahan lebih dari 3 tahun. Anda juga bisa menggunakannya pada furniture kayu outdoor seperti garden furniture atau teras.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X