Amankah Meja Ruang Tamu Daur Ulang?

Amankah Meja Ruang Tamu Daur Ulang?

Mencari meja ruang tamu adalah hal mudah, Anda bisa membelinya secara online atau membeli langsung di toko. Segala kemudahan yang tersedia bisa Anda manfaatkan untuk membeli. Namun ada yang dinamakan furnitur daur ulang. Amankah meja ruang tamu menggunakan bahan daur ulang? Banyak orang yang mempertanyakan hal ini namun jawabannya beragam.

Ada pro dan kontra pada saat memilih furnitur daur ulang, kabanyakan furnitur daur ulang memiliki harga yang murah, Anda bisa melakukan daur ulang sendiri atau membeli furnitur daru ualng yang sudah jadi untuk lebih menghemat waktu. Keamanan dari furnitur daur ulang tergantung dengan orang atau pabrik yang melakukan prosesnya.

Ada beberapa proses di dalamnya yaitu memilih furnitur, memperbaiki beberapa bagian yang rusak dan pengecatan. Ada pula proses menggunakan furnitur dari bahan daur ulang atau kayu yang sudah bekas. Maka prosesnya akan menjadi lebih panjang dimulai dari mencari bahan yang tepat, membersihkan bahan, membangun furnitur dan sampai pada proses pengecatan hingga meja ruang tamu terlihat lebih menarik.

Apapun caranya furnitur daur ulang adalah furnitur yang menguntungkan dari sisi budget dan keamanan lingkungan. Anda tidak perlu ragu untuk menggunakan atau bahkan malu karena furnitur daur ulang adalah furnitur yang aman. Keamanan ini dapat dilihat dari berbagai macam segi mulai dari mengurangi penebangan hutan untuk pengolahan furnitur baru, menghemat biaya Anda, Anda bisa menciptakan furnitur yang lebih artistik.

Amankah Meja Ruang Tamu Daur Ulang?Keindahan dari kayu daru ulang misalnya seperti pada kayu bekas rel kereta, maka tampilan artistik dari guratan serat kayu akan sangat terlihat dengan finishing yang tepat. Tidak lepas dari keamanan, bahan finishing yang dipilih juga akan menentukan apakah furnitur yang akan Anda buat bebas toxic karena bahan cat penyumbang terbanyak racun di udara.

Baca Juga:  Cat Sangkar Burung Yang Bagus Untuk Warna Solid

Mengapa begitu? Lapisan cat yang digunakan mengandung logam berat, hal ini sudah menjadi rahasia umum. Maka mencari bahan finishing yang rendah logam berat seperti cat water based BioColours adalah pilihan yang sangat tepat. Nah oleh karena itu ketika Anda sedang membangun atau memiliki proyek meja ruang tamu daur ulang maka perhatikan aspek-aspek tersebut.

Keuntungan Menggunakan Furnitur Eco Friendly

Furnitur daur ulang seringkali disebut dengan furnitur eco friendly dengan segudang keuntungan. Furnitur ramah lingkungan adalah furnitur yang dibuat dengan cara yang memiliki dampak negatif minimum terhadap lingkungan. Ini berarti bahwa di mana kayu digunakan kebanyakan berasal dari sumber terbarukan dan bahan kimia yang digunakan dalam proses tidak mencemari atau merusak lingkungan. Selain itu, sumber daya minimum digunakan, termasuk menjaga pengiriman dan jarak tempuh ke tingkat rendah yang layak.

Untuk lebih meyakinkan Anda maka berikut ini keuntungan apa saja yang akan Anda peroleh jika mulai saat ini menggunakan furnitur daur ulang.

  1. Membangun Tanpa Bahan Kimia

Banyak furnitur terlihat bagus dalam hal gaya, tetapi sulit untuk mengetahui apa yang sudah mereka selesaikan. Merek Eco biasanya akan menggunakan kayu alami 100% versus kayu lapis. Selain kayu solid menjadi kualitas yang lebih baik dan lebih tahan lama, kayu lapis dapat mengandung bahan kimia berbahaya seperti formaldehida. Dalam hal bagian luar potongan, sofa ramah lingkungan menggunakan lapisan yang jelas, cat dan perekat yang semuanya rendah atau nol-VOC. Lapisan akhir material ini berpotensi mempengaruhi udara di rumah Anda dan beberapa bahkan mungkin bersifat karsinogenik.

  1. Bahan alami

Bagian besar dari bangunan furnitur yang telah ketinggalan zaman berfokus pada bahan alami seperti kapas, wol, dan kayu solid. Bahan-bahan ini tidak hanya akan menawarkan produk dengan racun yang lebih sedikit tetapi juga dapat terurai. Sulit untuk menemukan bahan yang bersertifikat organik, tetapi pasti ada beberapa kain di luar sana yang sesuai. Selain itu, beberapa merek seperti Stem menawarkan furnitur ramah lingkungan yang terbuat dari 100% bahan alami dari dalam ke luar termasuk lateks alami dan rami, bukan pilihan berbasis poli.

  1. Sumber Daya Dapat Berkelanjutan
Baca Juga:  Jual Dempul Kayu Berkualitas di Yogyakarta

Selain menjadi lebih baik untuk rumah Anda, furnitur yang tidak beracun juga lebih baik bagi lingkungan. Agar lestari, kayu solid harus berasal dari sumber bersertifikasi FSC atau SFI. Fokus utama di sini adalah bagaimana kayu dipanen dan diisi ulang dengan menggunakan, dan memperlakukan hutan untuk kelangsungan hidup jangka panjang. Ada juga beberapa produk hebat di luar sana yang memanfaatkan kayu reklamasi, banyak kayu diambil dari bangunan yang diruntuhkan atau kayu tua yang dibuang. Memperpanjang umur sumber daya alam sangat bermanfaat bagi lingkungan. Selain itu, beberapa bahan sintetis juga dialirkan seperti kain yang terbuat dari bahan daur ulang. Semakin panjang umur suatu bahan untuk semua jenis produk, semakin baik kita semua.

Cara Mengecat Meja Ruang Tamu daur Ulang dengan Mudah

Kini saatnya Anda melakukan proses daur ulang. Jika Anda adalah pemula di bidang DIY maka tidak perlu repot untuk menciptakan furnitur daur ulang dari awal, Anda cukup melakukan refinishing pada furnitur yang telah memiliki penampilan buruk.

Amankah Meja Ruang Tamu Daur Ulang?Hal pertama yang dilakukan adalah menentukan desain atau warna apa yang akan Anda dapatkan. Jika sebelumnya furnitur memiliki warna natural maka Anda bisa mencoba untuk memberikan tampilan serat agar furnitur tampak rustik dan artistik. Sebelumnya pastikan terlebih dahulu alur serat dari kayu dan apakah jenis kayu yang digunakan memiliki serat yang menarik.

  1. Persiapan material

Hilangkan seluruh permukaan lapisan cat lama, Anda bisa menggunakan paint remover dan amplas seluruh permukaan hingga furnitur meja ruang tamu tampak polosan. Bersihkan debu amplas dan gunakan sikat kawat, gunakan sambil ditekan dan ciptakan banyak goresan yang nantinya akan menciptakan motif.

  1. Lapisan dasar
Baca Juga:  Pilih Pemutih Kayu WA 250 Untuk Warna Cerah Alami

Pada lapisan dasar pertama ini Anda bisa mengaplikasikan BioColours sanding sealer, campurkan sanding sealer dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air dan semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata. Tunggu kering dan amplas ambang dengan amplas 400.

  1. Lapisan warna

Selain lapisan dasar transparan meja ruang tamu juga harus diberikan lapisan warna dasar agar tampilannya lebih tajam. Gunakan BioColours wood stain pilihan warna Anda dan campurkan denga air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata dan semprotkan secara merata. Tunggu lapisan kering dan amplas kembali dengan amplas 400 secara ambang.

  1. Lapisan motif

Pada saat Anda memberikan motif rustik pilih warna Glaze black agar tampak lebih tajam. Gunakan Glaze yang telah dicampur dengan air kemudian ratakan ke seluruh permukaan kayu dan tunggu sekitar 5 menit, hapus glaze dengan kain yang telah dibasahi dan hanya tersisa glaze di bagian serat kayu.

  1. Lapisan Akhir

Setelah proses Glaze selesai Anda bisa langsung mengaplikasikan BioColours Top Coat matte. Campurkan terlebih dahulu top coat dengan air dan semprotkan ke seluruh permukaan kayu. Tunggu lapisan kering selama 24 jam dan meja ruang tamu sudah bisa digunakan dengan hasil tampilan rustic.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X