Cara Mengecat Alumunium Agar Tidak Mengelupas

Cara Mengecat Alumunium Agar Tidak Mengelupas

Aluminium adalah bahan umum untuk pintu yang dipasang di depan pintu eksterior maupun interior. Aluminium juga digunakan untuk beberapa lemari lipat dan pintu kabinet. Meskipun Anda dapat menggunakan hampir semua cat, cat semprot luar meninggalkan suatu hasil yang memuaskan, hasil akhir yang halus tanpa sapuan kuas, dan cat itu lebih cepat kering dan lebih lekat daripada lateks.

Kecuali Anda telah memilih cat semprotan rendah, bekerja di luar atau di garasi dengan pintu utama terbuka. Setelah dicat, pintu harus terlihat baru lagi. Namun bagaimana jika ternyata terdapat karat dan cat lama yang mengelupas?

Baca Juga : Cara Mengelupas Cat Kayu dengan Cepat

Walaupun Anda sudah memilih pintu aluminium yang memiliki bahan anti karat namun karat tidak dapat dihindari apabila pintu berada di luar ruangan. Karat bisa dikatakan merupakan jamur pada aluminium dan membuat lapisan cat lama mudah mengelupas.

Karena masalah karat inilah maka Anda harus segera melakukan perawatan yaitu mengganti dengan cat aluminium yang baru. Bagi Anda para pemula tidak perlu takut untuk menggunakan kuas jika belum menguasai alat semprot.

Saat ini sudah banyak produk yang dapat digunakan untuk melapisi alumunium bahkan dengan warna yang sangat beragam. Pada artikel ini Anda akan mempelajari bagaimana memilih produk cat yang cocok untuk aluminium sekaligus cara menggunakannya.

Memilih Cat untuk Pintu Aluminium

Apakah cat yang cocok digunakan untuk alumunium agar tidak mudah mengelupas? Apakah terdapat warna cat yang bervariasi agar aluminium tidak tampak membosankan? tentu saja Anda bisa menggunakannya dengan mudah. Saat ini sudah tersedia cat enamel water based yang cocok digunakan untuk material aluminium.

Cara Mengecat Alumunium Agar Tidak Mengelupas

Cat enamel disebut juga sebagai cat kayu besi. Ct ini dirancang khusus dengan bahan dasar air yang bisa melekat baik pada material besi, alumunium dan juga kayu. Penggunaannya sangat standar atau mudah yaitu hanya menggunakan kuas saja. Anda tidak perlu takut bekas sapuan kuas jika teknik dan produk yang digunakan tepat.

Produk cat enamel yang disarankan dan terbuat dari bahan water based adalah Orchid. Cat Orchid adalah cat enamel yang sangat mudah digunakan bahkan pada furniture alumunium. Jika Anda memiliki pintu dari aluminium gunakanlah cat Orchid untuk proses finishing barunya.

Banyak pilihan warna solid yang sangat menarik, total terdapat 24 warna pilihan menarik yang bisa digunakan. Warna ini tentu saja akan menutup warna aluminium dan membuatnya terlihat baru. Bagi Anda yang ingin menggunakan cat kayu Orchid tidak perlu tergantung dengan panas matahari.

Bahan pelarut yang digunakan akan cepat mengering hanya dengan suhu udara yang terbaik. Pastikan saja sirkulasi udara di lingkungan tempat mengeringkan terjadi dengan baik. Proses pengamplasan juga sangat ringan Anda hanya memerlukan kertas amplas alumunium oxide dengan ukuran yang sesuai.

Cat kayu besi Orchid juga telah mengandung bahan anti karat, jadi Anda tidak perlu khawatir dengan karat yang sering muncul pada pintu aluminium. Karat yang muncul karena kelembaban udara tentu saja akan dihambat oleh lapisan cat yang tebal.

Lapisan cat ini kuat dan akan melindungi pintu aluminium hingga 5 tahun ke depan. Dengan tampilannya yang menarik Anda akan mendapatkan pintu terbaik sepanjang masa. Tampilkan semi glossy akan didapatkan tanpa adanya tambahan lapisan top coat.

Cara Mengecat Pintu Aluminium

Langsung saja dengan bagaimana cara mengecat pintu aluminium dengan cat enamel Orchid. Jika terdapat lapisan cat yang lama dan mengelupas sebaiknya amplas seluruhnya hingga lapisan terlepas. Paling mudah mengerjakan adalah melepas pintu aluminium dari tempatnya dan pindahkan pada ruang kerja Anda.

Pintu aluminium sangat mudah dilepas sehingga Anda tidak perlu lagi bingung untuk memindahkannya. Amplas seluruh permukaan aluminium sampai cat lama hilang. Jika terdapat karat amplas juga sampai hilang. Karat yang masih menempel berpotensi untuk muncul kembali walaupun sudah dilapisi oleh cat yang baru.

Bersihkan debu amplas sesegera mungkin jika semua karat dan cat hilang. Setelah itu, siapkan peralatan berikut ini:

  • Cat kayu besi Orchid sesuai warna pilihan
  • Kuas busa ukuran 5 inci
  • gelas plastik
  • pengaduk
  • kain lap

Cara aplikasi cat kayu besi Orchid:

  • Jika pintu aluminium sudah siap maka campurkan cat Orchid dengan air. Gunakan perbandingan 4 bahan : 1 air kemudian aduk merata. Jangan sampai terdapat endapan. Pengadukan dilakukan merta agar warna cat akan berakhir sama.
  • Ambil kuas busa dan masukan bagian ujung ke dalam larutan cat Orchid. Kuaskan ke permukaan pintu aluminium satu arah. Mulailah dari bagian pinggir kemudian pada bagian tengah. Cat sampai seluruh bagian merata.
  • Tunggu cat mengering, cat akan mengering setelah 60 menit. Jika sudah, dilakukan pengamplasan secara ambang saja. Raba dengan permukaan tangan untuk memastikan bahwa permukaan sudah berubah menjadi halus.
  • Lanjutkan dengan proses pengulangan. Cat Orchid dapat diaplikasikan berulang hingga mendapatkan hasil yang tebal dan tajam. Jika warna sudah tajam maka berhenti dan tunggu lapisan akhir mengering selama 24 jam sebelum pintu dipasang kembali.

Tips Mengecat Pintu Aluminium agar Merata

Jika ingin melakukan pengecatan pintu aluminium pertama kali maka tidak bisa menuntut hasil yang memiliki warna rata. Seringkali bekas sapuan kuas masih terlihat dan membuat tampilan kurang rapi.

Tenang saja, bagi pemula ada beberapa tips yang bisa diikuti untuk mendapatkan hasil yang benar-benar tampak sempurna. Cara ini tentu saja mengikuti tips berikut ini:

  • Lepaskan semua baut yang menempel pada pintu. Baut ini sebaiknya jangan di cat karena akan menimbulkan cat tidak rapi. Selain itu Anda akan sulit melepas baut yang sudah terlanjur terkena cat. Anda bisa memasang baut kembali setelah proses pengecatan selesai dan pintu benar-benar mengering.
  • Pastikan tidak debu yang menempel. Pada saat mempersiapkan material atau akan mengaplikasikan cat pastikan Anda sudah membersihkan debu bekas pengamplasan. Debu bekas pengamplasan ini tentu saja bisa dihilangkan dengan mudah menggunakan kain.
  • Jika terdapat kaca pada pintu aluminium, tutuplah dengan kertas koran menggunakan isolasi kertas. Anda bisa menutup seluruh bagian yang tidak akan terkena cat dengan metode ini. Hasilnya tentu sangat rapi dan Anda bisa melepasnya setelah cat sudah benar-benar mengering.
  • Aplikasikan cat satu sisi terlebih dahulu sebelum beralih pada sisi lainnya. Pada kasus ini Anda bisa menunggu lapisan akhir mengering satu jam baru mengecat pada bagian sisi satunya. Apabila ruang kerja Anda cukup besar bisa membuat tempat agar pintu bisa digantung dan dicat dengan cara diputar. Langkah ini akan membuat Anda bisa mengecat secara merata.
  • Aplikasikan hingga 4 lapisan cat. Cat enamel bisa dilapisi beberapa kali sehingga Anda mendapatkan hasil yang maksimal. Aplikasi setiap lapisnya harus tipis karena inilah yang akan membuat lapisan cat menjadi lebih kuat terhadap panas matahari.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X