Produk Cat Duco Kayu Aman Untuk Kamar Bayi

Produk Cat Duco Kayu Aman Untuk Kamar Bayi

Sudahkan Anda menggunakan cat duco kayu yang aman untuk bayi? Kamar bayi selalu memiliki furniture yang harus dijaga keamanannya. Mungkin selama ini Anda masih melupakan atau menganggap bahwa lapisan cat pada furniture tersebut aman-aman saja. Padahal jika Anda mengetahui lebih dalam mengenai lapisan cat maka Anda harus waspadadari sekarang. Cat adalah bahan kimia yang mengandung logam berat. Logam berat ini adalah material yang tidka dibutuhkan dalam tubuh manusia sehingga apabila masuk ke dalam tubuh akan sangat mempengaruhi kesehatan terutama pada bayi yang sangat rentan.

Baca Juga : apa itu cat duco kayu

Produk Cat Duco Kayu Aman Untuk Kamar Bayi

Banyak sekali jenis logam berat yang harus Anda kenali sehingga dapat Anda hindari sejak dini. Ada banyak sekali bahan kimia yang tergolong dalam logam berat seperti formalin, timbal, merkuri dan masih banyak jenis bahan yang lainnya. Anda pasti sudah sering mengenal kata formalin, bahan yang berfungsi untuk mengawetkan mayat ini sangat berbahya terutama jika digunakan dalam bahan cat. Fungsi formalin dalam cat adalah mempercepat proses penguapan dari cat dan membentuk lapisan cat yang keras. Apabila gas formalin ini menyebar ke udara melalui furniture bayi maka akan mempengaruhi pertumbuhan bayi dan dapat menyerang sistem saraf otak.

Logam berat timbal adalah salah satu bahan kimia yang berbentuk cairan. Fungsi dari timbal adalah memberikan pigmen warna pada cat maka sangat penting sebagai bahan pewarna pada cat. Logam timbal akan mempengaruhi sistem saraf motorik sehingga akan memperlambat pertumbuhan dan pergerakan anak. Apabila timbal terlalu banyak dihirup oleh bayi resiko mendapatkan penyakit kanker akan sangat tinggi. di amasa depan anak Anda bsia mengami cacat apabila waktu bayi terlalu banyak menghirup timbal.

Zat merkuri adlaah salah satu zat berbaghay yang termasuk logam berat dan juga berfungsi untuk mencegah adanya jamur pada material serat alam yaitu kayu. Karena fungsinya ini maka kadar merkuri dalam kayu  akan sangat  tinggi. Merkuri biasanya menyerang area kulit.Kulit bayi yang sangat sensitif akan mudah iritasi apabila terkena gas merkuri yang menguap di dalam ruangan. kulit bayi akan memerah kemudian timbul iritasi.

Jika semua cat mengandung banyak logam berat, adakah produk cat yang ebbas dari logam berat tersbut? Perkembangan teknologi telah menjawab permasalahan Anda. Masalah tentang zat cat yang mengandung logam berat ini terselesaikan dengan diciptakannya cat kayu water based yang bebas dari logam berat. Penciptaan cat water based ini berdasarakan kekhawatiran manusia akan penggunaan cat solvent yang mengandung logam berat secara berlebihan.

Produk cat duco kayu yang aman untuk digunakan dalam ruangan bayi salah satu merknya adalah Bioduco. Produk Bioduco ini sengaja dibuat dengan menyesuaiakan standar regulasi dari ECHA (European Chemical Agency) dan EPA (Enviromental Protection Agency). Regulasi ECHA melarang penggunaan 82 jenis bahan kimai serta memeberikan standar minimal penggunannya. Standar ini wajib digunakan untuks eluruh cat kayu water based di wilayah Eropa bahkan di dunia. Produk BiColours sendiri telah mengacu dari amabang batas yang telah ditetapikan bahkan kandungan logam berta yang ada sangat jauh di abwah ambang batas. Sedangna untuk US EPA mengatur dan memebatasi penggunaan bahan VOC (Volatile Organic Conmpound)  yang apabila terlau banyak akanmenimbulkan polusi udara di dalam ruangan.

Cara Memilih Furniture Untuk Bayi Yang Aman

Jika Anda sudah memahami bahya cat dengan kandungan logam berat yang tinggi maka Anda harus segera beralih dengan menggunakna cat duco kayu yang aman yatu cat water based Bioduco. Selain itu Anda juga harus memeperhatikan dalam memilih jenis furniture yang aman. Berikut ini tips memilih furniture yang aman untuk kamar bayi Anda.

  • Furniture Harus Kokoh

Apabila Anda sedang mencari furniture maka Anda harus memilih furniture yang kuat. Kuat dalam artian kokoh dan bisa digunakan oleh bayi dengan aman. Jangan sampai Anda memilih furniture tempat tidur bayi yang mudah keropos maupun mudah berjamur. Furniture tersebut akan mudah roboh, Anda tentu tidak menginginkan apabila anak Anda sedang tertidur tetapi karena furniture yang tidak kokoh anak Anda mengalami kecelakaan. Jenis material yang bagus tentu saja kayu jati, kayu merbau bahkan Anda bisa juga memilih material besi.

  • Ukuran Furniture

Jangan salah memilih ukuran furniture. Furniture bisa saja kokoh tetapi ukuran juga harus tepat tidak terlalu besar maupun terlalu kecil sehingga akan lebih aman digunakan. furntiure yang terlalu ebsar juga berbahaya, apabila anak Anda sedang belajar berjalan maka akan memegang furniture dan jika keseimbangan furniture tidak baik dan juga terlalu tinggi akan beresiko menimpa anak Anda.

  • Furniture Tumpul

Apabila Anda membeli furniture untuk kamar bayi dan juga anak perhatukan bagian siku furniture apakah  tumpul atau tidak. Jika terlalu runcing maka akan sangan berbahaya jika anak Anda terantuk akan menimbulkan luka. Selalu pilih furniture tumbul agar lebiih aman.

  • Lantai kayu

Satulagi tambahan, selain furniture Anda juga bisa memilih lantai kayu atau parket. Lantai kayu ini tidka memiliki resiko tinggi apabila terjatuh di atasnya. Selain itu juga lantai kayu akan menimbulkan kehangatan di dalam ruangan jadi untuk bayi atau anak lebih nyaman.

Referensi Kamar Bayi

Jika Anda sedang merencanakan untuk membangun kamar bayi maka ada banyak cara yang dapat dilakukan. Banyak pula hal yang perlu diperhatikan seperti cara memilih furniture di atas.  Jika Anda ingin mendapatkan kamar bayi yang menyenangkan maka Anda harus rajin dalam mencari inspirasi dan juga contoh-contoh kamar bayi, dengan banyaknya inspirasi akan lebih memudahkan Anda dalam mencari kamar bayi yang tepat.

Produk Cat Duco Kayu Aman Untuk Kamar Bayi

Kamar dengan tema tentu akkan lebih menyenagnkan untuk bayi Anda yang baru saja lahir. Jika bayi Anda adalah laki-laki tidak ada salahnya untuk memberikan tema bajak laut yang khas dalam kartun peter pan. Untuk tempat tidur Anda bisa memberikan warna hitam atau cokelat gelap yang memperlihatkan seperti kapal bajak laut.

Produk Cat Duco Kayu Aman Untuk Kamar Bayi

Jika bayi Anda adalah perempuan maka ciri khas dengan dekorasi pita akan sangat menarik. Agar tampak seperti kamar anak perempuan. Agar furniture terlihat elegan maka Anda bisa menggunakan warna gelaps eperti hitam untuk semua furniture seperti tempat tidur bayi.

Produk Cat Duco Kayu Aman Untuk Kamar Bayi

Apabila Anda menginginkan suasana yang netral maksudnya adlaha dapat masuk pada gender bayi perempuan atua laki-laki maka Anda bisa memebrikan warna hijau. Berikan decorasi layaknya bayi sedang berada di dalam hutan dan siap untuk berpetualang. Berikan warna hijau pada tempat tidur bayi.

Produk Cat Duco Kayu Aman Untuk Kamar Bayi

Pilhan warna netral selain hijau adalah abu-abu. Warna abu-abu yang mendominasi kamar bayi tentu akan sangat membawa nuansa yang berbeda. Warna abui-abu adalah warna netral. Tetapi agar tidak terlalu kaku dengan kesan abuabu Anda bisa menambahkan dengan motif bunga.

Produk Cat Duco Kayu Aman Untuk Kamar Bayi

Apakah Anda ingin mendapatkan warna-warna cerah lainnya pada kamar bayi? Jangan khawatir karena Anda bsia memainkan warna dengan baik. Gunakan warna kuning pada tempat tidur bayi dan juga warna abu-abu pada dinding dengan beberapa gambar sebagai dekorasi. Agar tidak terlalu terlihat kontras maka Anda bisa memberikan karpet bercorak kuning dan abu-abu.

Produk Cat Duco Kayu Aman Untuk Kamar Bayi

Ide warna yang bisa Anda aplikasikan tidka hanya warna kuning saja, Anda bisa memberikan warna merah pada furniture bayi, karpet dan juga home decornya. Jangan sampai Anda salah memberikan warna sehingga warna yang didapatkan adalah warna mati. Dengan pemilhan warna merah maka agar ruangan tidka terlalu ramai cat dinding harus berwarna lebih muda seperti abu-abu, putih atau warna biru muda.

Bioduco Cat Tepat untuk Furniture Kamar Bayi

Di awal sudah dijelaskan bahwa Bioduco adalah cat berpelarut air yang aman untuk kamar bayi Anda. Kelebihannya dari segi keamanan karena perbuatannya sesuai regulasi menjadi bukti nyata agar orang tua tidak khawatir lagi dengan pelapis furniture di amar bayi. 

Ciri utama yang bisa diperhatikan adalah cat tidak menimbulkan aroma yang menyengat. Baik orang dewasa hingga bayi tidak akan bermasalah dengan aroma menyengat yang keluar dari cat seperti biasanya. 

Pada saat pertama kali cat dibuka, Anda bahkan tidak akan merasakan mata perih hingga sesak napas yang menciptakan masalah kesehatan. Oleh karena itu Bioduco sangat disarankan untuk melapisi semua perabotan kayu di kamar anak Anda. 

Selain aman, cat ini tergolong sangat tepat untuk digunakan karena alasan lain. Pertama adalah dari segi proses aplikasinya yang mudah. Kedua dari perlindungan yang diberikan. Penjelasan lebih lanjutnya adalah sebagai berikut ini:

  • Anda bisa mengecat sendiri

Kemudahan proses aplikasi yaitu hanya menggunakan kuas membuat para orang tua bisa mengecat sendiri box bayi, mainan anak atau furniture lain yang akan diletakkan di kamar. Jika Anda kurang yakin dengan hasil yang diberikan dari pengrajin atau pabrikan, mengapa tak mengecatnya sendiri? 

Hasil buatan sendiri justru bisa lebih berkesan, apalagi Bioduco bukanlah produk cat yang sulit diaplikasikan harus dengan spray gun. Cukup menggunakan kuas dengan bulu nilon Anda bisa menggunakan cat duco pada permukaan kayu. 

  • Proses aplikasi relatif cepat

Tidak hanya mudah digunakan sendiri, Anda juga tidak akan merasa kesulitan dengan waktu keringnya. Cat akan kering dalam waktu 60 menit setiap lapisannya. Cukup dengan mengaplikasikan tipis saja akan membuat cat bisa mengering dengan cepat. 

Bahkan tak perlu lagi proses penjemuran yang biasanya tergantung dengan panas matahari. Lapisan Bioduco akan mengering walaupun Anda meletakkannya di dalam ruangan. Cukup dengan ruangan yang bersirkulasi udara baik saja. 

  • Memberikan warna cerah

Jika dilihat dari segi hasil, cat duco berpelarut air ini mampu memberikan warna yang cerah serta tajam. Sebuah kesalahan jika Anda masih menganggap cat dengan pelarut air justru hanya memberikan warna yang pucat atau mudah luntur. 

Bioduco menyediakan 24 pilihan warna dari solid hingga metalik yang bisa Anda gunakan. Apapun desain ruangan bayi, semua warna tersedia. Anda tinggal memilih manakah warna yang tepat. 

  • Lapisan coating yang kuat

Proses dan tampilan memang menjadi faktor yang menentukan apakah produk cat unggul. Tapi yang tak bisa dilupakan juga adalah soal perlindungan yang diberikan pada kayu. Anda tentu tak ingin mendapatkan coating yang mudah mengelupas bukan?

Bioduco dirancang memiliki lapisan coating yang sangat kuat. Sekali diaplikasikan cat akan menempel dan tidak mudah mengelupas. Bahkan ketika kayu mengalami perubahan ukuran, cat memiliki sifat yang fleksibel sehingga bebas retak. 

  • Memiliki kandungan anti jamur

Tidak ada yang ingin bahkan suka jika furniture berjamur, apalagi jika digunakan untuk bayi. Memenuhi kebutuhan tersebut, Bioduco memiliki tambahan bahan anti jamur. Bahan ini sangat dibutuhkan oleh kayu terutama pada furniture yang diletakkan pada ruangan lembab. 

Jamur permukaan yang tumbuh berwarna putih pada kayu merupakan tipe yang sangat mengganggu. Jika lapisan coating tidak memiliki kandungan ini akan membuat permukaan kayu cepat rusak. 

Bioduco adalah produk cat duco yang sangat direkomendasikan untuk kamar bayi karena utamanya adalah alasan keamanan. Jika Anda tertarik untuk membelinya bisa langsung melalui :

  1. https://www.tokopedia.com/biopaint102
  2. https://www.tokopedia.com/bioindustrieso
  3. https://www.bukalapak.com/u/store_bioindustries

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X