kursi bambu

4 Rahasia Mengecat Kursi Bambu dengan Cat Enamel?

Bisakah kursi dari bahan bambu dicat dengan warna solid? Tentu saja bisa. Sayangnya banyak yang tidak ingin mengecat dengan cat solid seperti cat duco karena prosesnya yang begitu lama. Kursi harus dilapisi dengan primer, cat duco hingga top coat. Bukan hanya prosesnya yang terlalu lama tetapi juga biaya finishing yang mahal. 

Tidak ingin mengeluarkan biaya yang tinggi hanya untuk finishing? Anda bisa beralih menggunakan cat enamel. Cat ini diciptakan untuk mengecat material besi serta serat alam seperti kayu dan bambu. Hasil warna yang diberikan juga sama-sama solid sehingga Anda bisa memilih warna yang diinginkan. 

Perbedaan terbesarnya adalah, tidak banyak lapisan coating yang harus diaplikasikan. Anda bisa mengaplikasikan cat enamel saja atau ditambahkan dengan top coat jika dibutuhkan. Jika tidak maka hanya satu bahan saja, kursi bambu sudah bisa di finishing dengan mudah. 

Saat mengecat dengan cat enamel pun ada empat rahasia yang perlu diperhatikan. Rahasia ini berhubungan dengan pemilihan produk finishing hingga teknik mengecat yang benar. Seperti apakah rahasia mengecat agar tampilan kursi bambu sempurna? 

Pemilihan Produk Cat Enamel yang Digunakan

Rahasia yang pertama adalah pemilihan cat enamel atau cat kayu besi yang terbaik. Anda tentunya akan menemukan belasan merk cat enamel di toko cat. Namun di antaranya, manakah yang memiliki potensi terbaik? Jika tidak mencoba maka akan sangat sulit menentukan kualitasnya. 

Tapi sebagai petunjuk, Anda bisa memilih produk cat kayu besi yang terbaik dengan ciri-ciri berikut ini:

Aman tidak menimbulkan bau

Cat kayu dan besi harus aman dengan ciri utamanya adalah tidak menimbulkan bau ketika Anda membuka kaleng cat. Artinya kandungan formalin atau timbal dan sejenisnya sangat rendah. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan pencemaran lingkungan yang sering muncul ketika cat mulai mengering. 

Tidak menimbulkan bau, artinya tidak ada polusi udara yang disebabkan. Cat biasanya akan mengering dalam jangka waktu hingga beberapa hari. Jika sudah bisa digunakan tentunya kursi bambu akan diletakkan di dalam ruangan. Inilah penyebab munculnya polusi sejak awal. 

Memiliki daya tutup yang baik

Cobalah untuk membaca pada kemasan, apakah daya tutup produk tersebut baik. Biasanya cat enamel akan diaplikasikan beberapa kali. Hasilnya tentu harus menutup warna asli bambu atau kayu tanpa mempengaruhi warna akhir. Jika daya tutup dari cat kayu dan besi tersebut maksimal, maka Anda tidak perlu khawatir warna bambu asli masih terlihat. 

Hal yang sama juga berlaku ketika Anda menggunakan cat untuk finishing kayu. Daya tutup harus sempurna karena berfungsi untuk menutup serat kayu. 

Mudah diaplikasikan tanpa alat semprot

Bagi para DIY, menggunakan alat semprot mungkin saja menjadi teknik yang berat. Oleh karena itu pilihlah jenis cat yang dapat diaplikasikan dengan kuas. Kuas adalah alat yang paling murah dan mudah untuk didapatkan. Selain itu dengan teknik yang benar, hasil dari cat enamel bisa bebas brush mark. 

Mengandung bahan pengawet

Bambu juga butuh perlindungan sama seperti kayu karena mudah rusak terhadap serangan jamur dan juga rayap. Selalu cek kembali apakah cat enamel yang hendak dibeli memiliki bahan pengawet ini. Karena akan sangat melindungi dan menentukan ketahanan penggunaan kursi bambu khususnya yang diletakkan di luar ruangan. 

Di antara produk-produk cat kayu besi di pasaran, cat Orchid adalah produk yang paling direkomendasikan. Cat Orchid adalah produk cat yang aman digunakan karena berbahan dasar air. Penggunaan air sebagai bahan pelarut mengurangi polusi udara. 

Ditambah lagi, cat Orchid bisa digunakan dengan kuas dan memiliki daya tutup maksimal. Anda bisa membuat tiga hingga empat lapisan tipis untuk menutup warna serat alam di bawahnya. Hasil tampilan yang diberikan adalah semi glossy. 

Teknik Persiapan Mengecat Kursi Bambu

Jika Anda ingin mengecat kursi bambu dengan cat enamel, maka persiapan adalah rahasia kedua yang harus dilakukan dengan benar. Tanpa adanya persiapan, hasil finishing tidak maksimal dan Anda akan mendapatkan tampilan dari kursi yang kotor.

Persiapan akan membuat substrat bambu menjadi halus, bebas kotoran sehingga ketika di kuas cat akan menghasilkan tampilan yang merata. Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan yaitu sebagai berikut ini:

  1. Siapkan ruangan yang bersih, bebas debu. Pastikan penerangan ruangan baik agar Anda tidak salah mengecat area kursi. Sirkulasi udara juga harus bagus sehingga proses pengeringan berjalan dengan baik. 
  2. Pilih amplas alumunium oxide untuk mengamplas permukaan bambu yang masih kasar. Mulailah dengan amplas nomor 180 kemudian berganti dengan amplas 220. 
  3. Proses pengamplasan harus dilakukan dengan halus dan menyesuaikan bentuk permukaan kursi. Anda bisa menggunakan bantuan busa agar kertas amplas menyesuaikan permukaan bambu. 
  4. Bersihkan kotoran dan debu bekas pengamplasan dengan kain. 

Dalam persiapan ini, Anda harus melakukannya dengan benar jika perlu pisahkan area finishing, area pemotongan dan perakitan serta area pengeringan. 

Teknik Mengecat Cat Enamel dengan Kuas

Mengecat dengan kuas menggunakan cat enamel adalah cara yang paling mudah. Apalagi dengan cat enamel Orchid, kuncinya adalah Anda bisa menciptakan larutan yang tepat. bahan pelarut yang digunakan adalah air tawar dengan PH 7 dan tidak kurang. Air tidak boleh keruh apalagi yang mengandung pasir. 

Ada beberapa langkah pengecatan yang bisa diperhatikan yaitu sebagai berikut ini:

  1. Larutkan cat besi Orchid dengan air. Anda bisa menggunakan perbandingan 3 bahan : 1 air. Pastikan cat lebih banyak karena air fungsinya untuk memudahkan aplikasi dan pengeringan saja. 
  2. Aduk cat hingga tidak ada yang mengendap kemudian kuaskan cat ke permukaan kursi bambu. Pengecatan harus merata dan searah, hindari mengecat terlalu tebal. 
  3. Diamkan lapisan pertama mengering tanpa dijemur selama 60 menit. Baru di amplas ambang dengan amplas nomor 400. 
  4. Bersihkan debu amplas dan ulangi penguasan cat. Langkah mengecat ini bisa diulangi hingga terbentuk tiga atau empat lapisan cat enamel. 

Teknik Pengeringan Cat Enamel agar Sempurna

Anda sudah mendapatkan cat enamel yang melekat pada kursi bambu, tapi apakah sudah kering sempurna. Proses pengeringan lapisan cat terakhir perlu dilakukan selama semalaman atau 24 jam. Waktu ini akan membuat air menguap dengan maksimal dan tinggal lapisan cat saja yang melekat. 

Jika Anda berencana untuk mengirimkan kursi ke luar negeri atau luar kota menggunakan paket maka waktu pengeringan harus lebih lama lagi. Waktu kering agar cat mengering sempurna adalah satu minggu. Dalam waktu tersebut Anda bisa mengeringkannya dalam ruangan yang memiliki sirkulasi udara baik. 

Sebagai tambahan, jika hasil tampilan semi gloss dari cat enamel Orchid kurang disukai maka ada opsi lainnya. Anda bisa menambahkan lapisan Bioduco top coat matte di atasnya. Sehingga kesan mengkilap akan berkurang dan Anda akan mendapatkan hasil yang berbeda. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X