Bagaimana Menciptakan Penampilan Baru Meja Tamu Jati Bekas

Bagaimana Menciptakan Penampilan Baru Meja Tamu Jati Bekas

Anda memiliki meja kayu yang sudah tampak usang namun ternyata jenis kayu yang dimiliki adalah kayu jati. Anda tidak perlu bingung karena meja kayu jati bisa Anda olah menjadi furnitur lain atau Anda bisa cukup sekedar memberikan penampilan baru dari meja kayu jati tersebut. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang sempurna, kumpulkan ide apa saja yang bisa Anda lakukan dan laksanakan dengan mudah.

Tidak perlu berlebihan dalam membuat desain, misalnya saja Anda bisa menggunakan meja tamu jati bekas menjadi rak atau menjadi meja samping di kamar atau bahkan di ruang menonton televisi. Jika Anda memiliki sofa menonton yang rendah maka Anda bisa memanfaatkan meja tamu jati menjadi meja televisi.

Banyak ide yang bisa Anda gunakan, namun jika Anda kesulitan dalam menemukan ide bagaimana cara pengolahan dan juga bagaimana Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dalam merombak meja di rumah maka Anda berada di tempat yang tepat.

Dalam artikel ini Anda akan menemukan ide perubahan meja tamu jati di rumah menjadi furnitur batu atau memiliki tampilan yang baru dengan fungsi yang sama. Penampilan furnitur yang baru tentu saja akan membantu Anda untuk mendapatkan penampilan rumah atau ruangan yang tidak membosankan.

Selain itu juga tampilan baru akan menghemat budget Anda sehingga tidak perlu membeli furnitur baru yang harus Anda seleksi untuk menyesuaikan kantong Anda.

Ide Make Over Meja Tamu Jati Sendiri

Mendapatkan ide sebenarnya bisa dilakukan di mana saja, baik itu ketika Anda sedang berkunjung ke rumah teman, pada saat sedang membaca majalah atau pada saat Anda sedang di kantor sambil browsing melalui internet.

Baca Juga:  Rahasia Mendapatkan Finishing Rata dan Halus

Nah untuk mebantu Anda untuk mendapatkan ide cemerlang maka berikut ini beberapa ide yang bisa Anda jiplak untuk perubahan meja tamu jati Anda sendiri di rumah.

  1. Mengecat ulang

Cara ini adalah paling murah, karena Anda masih akan memfungsikan meja tamu kembali maka Anda bisa mengecat ulang dari meja kayu yang lama. Yang Anda butuhkan hanyalah cat dan juga kuas. Anda dapat melakukan pengecatan sendiri karena sangat mudah dan murah. Bahkan Anda bisa memilih warna apa saja yang bisa digunakan menyesuaikan dengan gaya ruangan apabila Anda ingin mengubah warna dinding dan warna perabotan lainnya. Tidak ada yang salah dengan mengecat ulang karena akhirnya Anda juga akan mendapatkan penampilan yang baru.

  1. Tempat gantungan

Jika meja tamu jati Anda sudah benar-benar rusak maka Anda bisa menubahnya untuk mejadi tempat gantunganyang artistik. Lepas seluruh bagian kayu jati dan Anda bisa merakit ulang dan memberikan kait di seluruh permukaan kayu. Maka Anda bisa memilih bahan finishing untuk memberikan warna. Gantungan dari kayu jati akan sangat kuat setelah dipasang di dinding, Anda bisa memberikan finishing rustik untuk menghasilkan tampilan yang artistik.

  1. Tempat mainan anak

Bagaimana Menciptakan Penampilan Baru Meja Tamu Jati BekasAnak Anda suka bermain bajak laut? Maka ubahlah meja tamu jati Anda menjadi peti harta karun untuk menyimpan mainan anak Anda. Peti yang terbuat dari kayu jati memang berat namun akan sangat kuat agar anak Anda tidak mudah memindahkannya dan aman untuk digunakan dalam penyimpanan permainan. Lakukan finishing natural kayu yang menyerupai warna peti asli.

  1. Tempat sepatu

Bali meja tamu jati maka Anda bisa menambahkan beberapa panel kayu untuk dijadikan menjadi sebuah rak. Untuk setiap sap tempat sepatu Anda bisa menambahkan kayu jati belanda yang memiliki tampilan serat hampir sama dengan kayu jati. Namun hati-hati ketika memberikan warna natural karena kayu jati belanda memiliki warna yang lebih terang.

  1. Meja samping (nacas)
Baca Juga:  Cat Kayu Water Based Untuk Hanging Shelf

Anda memerlukan meja samping di tempat tidur Anda? Letakan meja tamu jati di kamar dan di samping tempat tidur maka Anda bisa menjadikannya sebagai nacas.Letakan lampu kamar maupun aksesoris lainnya, Anda kini tidak perlu membeli meja samping lagi. Apabila ukuran dari meja tamu jati terlalu besar Anda bisa memotongnya sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Lakukan finishing yang sama dengan warna tempat tidur Anda agar seragam.

  1. Meja dinding

Anda bisa mengubah meja tamu jati menjadi meja dinding. Apabila Anda sudah bosan maka lakukan cara ini. Meja dinding bisa Anda gunakan untuk meletakan berbagai macam aksesoris seperti palkat dan frame foto. Anda tidak perlu lagi membeli meja dinding.

Cara Finishing Natural Pada Kayu Jati

Pemilihan finishing natural pada bahan kayu jati yang elah diolah dari meja tamu jati adalah pilihan utama. Banyak orang ingin memperlihatkan segi warna kayu jati yang keemasan serta serat kayu yang artistik. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka pemilihan bahan finishing menjadi sangat penting.

Bahan finishing yang direkomendasikan untuk digunakan pada finishing warna natural adalah cat kayu water based. Produk BioColours telah terbukti kualitasnya karena telah banyak digunakan pada pabrik furnitur besar yang sudah maju ka ranah internasional. Cat kayu BioColours sendiri banyak dipilih karena efek warna natural yang transparan serta pemilihan warna beragam yang lengkap.

Bagaimana Menciptakan Penampilan Baru Meja Tamu Jati BekasMaka jika Anda sedang mencari bahan finishing sesuai yang dibutuhkan maka Anda bisa menggunakan cat BioColours. Bahkan cara aplikasinya sangat mudah Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Siapkan meja tamu jati yang sudah lapuk. Amplas seluruh bagian, hilangkan lapisan cat yang lama agar lebih mudah dirakit ulang dan juga memperlihatkan cacat kayu permukaan mana saja yang rusak untuk segera dapat dibenahi.
  2. Langkah selanjutnya adalah proses aplikasi BioColours wood filler. Di sini Anda bisa memilih warna filler jati yang hampir menyerupai warna kayu jati asli sehingga Anda akan mendapatkan tampilan sempurna. Aplikasikan dengan pisau palet kemudian tunggu kering dan amplas hingga halus.
  3. Langkah ketiga adalah proses pelapisan dasar dengan BioColours sanding sealer. Campurkan sanding sealer yang telah dicamur air kemudian aduk rata dan semprotkan ke seluruh permukaan kayu.Tunggu kering dan amplas ambang hingga halus.
  4. Langkah keempat adalah pewarnaan, Anda bisa memilih 20 pilihan warna dari BioColour wood stain. Campurkan wood stain dengan air kemudian aduk rata dan semprotkan merata. Tunggu kering lalu amplas ambang kembali dengan amplas 400.
  5. Langkah terakkhir adalah pemberian BioColours Top Coat yang telah dicampur dengan air dan semprotkan secara merata. Tunggu lapisan akhir ini kering selama 24 jam.
Baca Juga:  Menciptakan Outdoor Kitchen Dengan Cat Duco Kayu Tahan Cuaca

Pada lapisan akhir ini Anda dapat memilih untuk tampilan natural dengan top coat matte atau tampilan mengkilap dengan top coat gloss. Pada akhirnya Anda bisa menggunakan lapisan cat ini setelah selesai mengubah bentuk atau menentukan desain yang akan diubah dari meja tamu jati di rumah Anda.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X