Kenali Jenis Cat Duco yang Akan Digunakan

Kenali Jenis Cat Duco yang Akan Digunakan

Cat duco, pasti Anda sudah sangat familiar dengan namanya. Salah satu produk cat ini sebenarnya adalah merk dari salah satu cat ternama dari luar negeri. Jenis cat sangat bervariasi tergantung dengan jenis bahan yang digunakan ada cat solvent dan juga cat water based.

Jika dilihat lebih dalam jenis cat duco adalah jenis cat solid opque color yaitu jenis cat yang akan memberikan warna solid atau warna yang menutup warna material yang dilapisinya. Pemilihan dari warna solid pun beragam ada karena alasan material memiliki cacat warna seperti kayu jati belanda yang memiliki banyak blur stain ada pula karena alasan gaya.

Apapun alasan Adna menggunakan cat duco atau cat solid ini menemukan jenis cat yang terbaik dan sangat dibutuhkan sesuai kegunaan adalah hal yang sangat terpenting. Maka sebelum Anda menggunakannya kenali terlebih dahulu apa saja jenis cat duco yang bereda di Indonesia untuk dapat memilih yang terbaik.

Mengenal Fungsi Cat Duco untuk Kayu

Masih sebagian besar Anda hanya mengenal bahwa cat duco hanya dapat digunakan pada material seperti besi baja atau benda logam lainnya. Sehingga kebanyakan logam seperti mobil, motor membutuhkan cat duco sebagai bahan pelapisnya. Hal tersebut memang benar namun bukan berarti cat duco tidak dapat digunakan pada meterial yang lainnya.

Kini sudah sangat banyak tersedia merk cat duco yang dapat digunakan pada material serat alam seperti kayu, bambu, rotan, enceng gondok, dll. Hal tersebut muncul karena meningkatnya kebutuhan akan cat duco yang aman dan dapat digunakan pada berbagai macam kerajinan.

Tidak memungkinkan jika para pengrajin tersebut hanya mengandalkan bahan pewarna alami saja untuk memberikan warna pada berbagai macam material tersebut. Maka fungsi dan kebutuhan cat duco pada material serat alam sangat dibutuhkan.

Baca Juga:  Cara Mengeluarkan Serat Kayu Pada Rak Kayu Pinus

Nah oleh karena itu fungsi dari cat duco pun meluas hingga pada serat alam. Anda tentu sudah menemukan bahkan melihatnya seperti furnitur dengan warna hitam, merah bahkan kuning yang terbuat dari kayu itu sebenarnya telah dilapisi dengan cat duco.

Kenali Jenis Cat Duco yang Akan Digunakan
Seseorang sedang mengaplikasikan cat duco dengan spray system.

Jenis cat duco pun beragam tergantung dengan bahan pelarutnya. Anda akan menemukan jenis cat duco yang berpelarut solvent adapula jenis cat duco yang berpelarut air. Banyak diyakini bahwa cat pelarut solvent sangat baik untuk digunakan pada furnitur eksterior.

Namun jangan salah dengan adanya perkembangan teknologi cat duco yang terbuat dari water based mampu digunakan pada furnitur luar ruangan seperti garden furnitur. Jadi kini keduanya memiliki kompetensi ketahanan dan kekuatan yang sama.

Bahkan kini Anda sangat disarankan untuk hanya menggunakan cat duco water based saja. Jenis cat ini tentu dapat memberikan pelapis yang memperindah sekaligus melindungi furnitur bahkan kesehatan Anda.

Selama ini cat solvent sangat terkenal dengan kandungan logam berat seperti timbal, merkuri dan juga formalin yang terkandung. Dibuktikan dengan adanya bau atau aroma sangat menyengat dalam cat.

Jika Anda tidak waspada dalam jangka panjang akan muncul berbagai macam kondisi dimana tubuh Anda terkontaminasi dengan bahan logam berat tersebut yang tidak sengaja Anda hirup selama ini.

Maka jika Anda menggunakan jenis cat duco water based Anda akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang timbul. Karena air tidak memiliki kandungan bahan tersebut dan cat water based hanya mengandung bahan yang sesuai regulasi.

Perlu Anda ketahui penggunaan bahan cat di luar sangat diperhatikan bahkan telah banyak muncul regulasi yang mengelola dalam pembatasan penggunaan bahan logam berat pada cat. Kesadaran manusia di luar negeri sudah sampai tahap waspada dan tidak menggunakan bahan berbahaya dalam cat.

Baca Juga:  Grosir Obat Bleaching Kayu WA 250 Untuk Furniture Ukiran

Adanya regulasi ini akhirnya melahirkan jenis cat water based yang kini sudah banyak tersebar di Indonesia. Sudah banyak puluhan pabrik cat yang juga melahirkan cat water based untuk digunakan dan sudah mulai banyak berkembang.

Alasan utama yang mendasari adalah ketatnya seleksi yang dilakukan pada furnitur ekspor yang mengandung bahan kimia logam berat. Sehingga pabrik furnitur hanya menggunakan cat water based berkualitas yang aman dan ramah lingkungan.

Jadi sekiranya Anda adalah seorang penghobi sangat disarankan untuk menggunakan cat duco water based yang juga akan melindungi keluarga Anda.

Cara Mengaplikasikan Cat Duco

Jika di atas telah dijelaskan secara terperinci bagaimana cat duco lebih aman dan seharusnya dipilih, saat ini merk cat duco apa yang sangat dibutuhkan dan bagaimana cara aplikasinya? Jika Anda ingin memilih dan menggunakan cat duco water based disarankan untuk menggunakan merk BioColours.

Kenali Jenis Cat Duco yang Akan Digunakan
Produk cat BioColours Bioduco.

Produk ini adalah cat duco water based asli dalam negeri dan Anda akan lebih mudah menemukannya. Ada 24 warna solid pilihan dengan top coat dua pilihan death matte dan juga gloss yang akan memberikan perlindungan maksimal.

Bahkan tidak perlu khawatir top coat BioColours adalah salah satu jenis top coat water based yang aman dan food grade. Anda bisa melapisi mainan anak-anak atau table top seperti dining table menggunakan top coat ini.

Untuk proses aplikasinya Anda bisa menggunakan BioColours Primer Coat terlebih dahulu apalagi jika Anda akan melapisi furnitur dengan warna lebih gelap dan Anda ingin mendapatkan warna duco yang terang.

Perlahan Anda bisa menutup warna kayu dan serat kayu menggunakan primer coat dalam beberapa lapisan. Untuk tahapan selanjutnya Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Pastikan lapisan kayu sudah hilang dari warna serat dan serat kayu menggunakan primer coat water based. Jika lapisan primer sudah kering dan juga halus maka Anda bisa langsung memasuki tahapan selanjutnya.
  2. Pilih warna BioColours Bioduco sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika sudah maka larutkan dalam sebuah wadah plastik Bioduco dan juga air sesuai dengan kebutuhan dan warna yang diinginkan. Lalu semprotkan ke seluruh permukaan material kayu hingga benar-benar rata. Cat akan menempel dengan baik dan Anda cukup mendiamkannya dalam ruangan selama 60 menit saja. Siapkan amplas 400 dan gunakan ketika cat sudah benar-benar mengering.
  3. Lakukan pengamplasan secara ambang saja. Jika Anda mengamplas bidang datar gunakan balok kayu. Amplas perlahan dan tidak usah terlalu lama hanya untuk membuka lapisan pori dan mempermudah lapisan di atasnya untuk menempel. Hilangkan debu amplas dengan kain lap.
  4. Langkah terakhir adalah mengaplikasikan top coat. Pilih top coat yang dibutuhkan kemudian campurkan dalam sebuah wadah plastik dan semprotkan ke seluruh permukaan kayu. Pastikan Anda sudah mendapatkan lapisan yang rata. Anda bisa mendiamkan dan tunggu hingga benar- benar kering selama 24 jam. Namun jika Anda ingin memberikan dua kali lapisan maka setelah 60 menit Anda bisa mengamplas dengan amplas 400 kemudian melapisi kembali dengan top coat.
Baca Juga:  Metode Finishing Kayu Dengan Roller Coater

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X