Cara Membersihkan Berbagai Macam Lantai

Cara Membersihkan Berbagai Macam Lantai

Jangan merusak bantalan lutut dan sikat semak dulu. Apakah lantai Anda laminasi atau ubin, linoleum, atau gabus, kami memiliki cara paling sederhana dan teraman untuk membuat mereka terlihat bersih dan baru.

Berbeda jenis lantai maka Anda juga harus memberikan perlakukan perawatan yang berbeda. Jangan gunakan obat pel keramik pada lantai kayu karena akan merusak lapisan cat di atasnya sedikit demi sedikit dan memperpendek umur lantai kayu Anda.

  • Membersihkan Lantai Laminasi

Lantai kayu laminasi menyerupai papn kayu solid bahkan batu alam. Namun Anda tetap perlu melakukan perawatan pada lantai laminasi. Kata Bill Dearing, presiden Asosiasi Laminate Flooring Amerika Utara hanya ada sedikti hal yang dapat merusak lantai laminasi.

Baca Juga : tips agar cat tembok tidak berkapur

Cara Membersihkan Berbagai Macam Lantai
membersihkan lantai kayu laminasi.

Setelah semua, papan dibangun di bawah sinar matahari dan lapisan tahan cahaya untuk mempertahankan penampilan seperti baru selama bertahun-tahun. Penting untuk menjaga agar air tidak masuk ke bawah papan. Dearing merekomendasikan mengepel atau menyedot debu di lantai, dan memastikan mesin berada pada mode ubin (bukan karpet) sehingga mesin akan dinaikkan.

Bersihkan tempat dengan pel yang sedikit basah (atau Swiffer basah, karena mereka tidak basah kuyup) bila perlu. Saran terakhir dari Dearing adalah jangan memoles lantai laminasi. Jika ujung papan terlihat rusak, sebaiknya ganti dengan yang baru.

  • Membersihkan Lantai Gabus Cork

Kualitas yang sama yang membuat bahan alami ini begitu indah membuatnya sangat rentan terhadap kerusakan air. Karena sangat menyerap, sebagian besar lantai gabus difinishing, tetapi Anda masih perlu melanjutkan dengan hati-hati.

Vakum dengan sering untuk mencegah goresan, segera bersihkan tumpahan, dan cuci lantai gabus seminggu sekali. Sebaiknya Anda melewatkan produk pembersih komersial. Solusi pembersihan yang dilakukan adalah dengan air cuka dan sabun. Masukkan 1/4 cangkir cuka ke dalam botol semprot dengan 1 tetes sabun cuci piring dan air hangat.

Cuka asam alami bekerja dengan sabun untuk memecah kotoran, memotong melalui penumpukan dan disinfeksi. Jangan goyangkan karena akan menghasilkan busa, cukup gabungkan bahan-bahan tersebut dengan botol semprot dengan mengayunkannya ke depan dan belakang. Semprot lantai satu bagian pada satu waktu dan bersihkan dengan lap microfiber basah .

  • Membersihkan Lantai Kayu

Lantai kayu biasanya memiliki salah satu dari dua bahan finishing yaitu poliuretan atau lilin. Tidak yakin dengan apa yang telah digunakan pada lantai? Gosokkan jari Anda ke permukaan, jika noda muncul, lantainya mungkin sudah diberi lilin.

Lantai kayu yang difinishing dengan puliurethane biasanya memiliki lapisan urethane, poliuretan, atau poliakrilat. Ini melindungi mereka dari noda dan kerusakan air. Untuk membersihkan, cukup campurkan ¼ cangkir sabun ringan atau netral pH (coba Konsentrat Pembersih Alami Pembersih Seventh Generation All-Purpose) dengan air dalam ember.

Cara Membersihkan Berbagai Macam Lantai
Mengepel lantai kayu.

Hindari larutan asam cuka, yang dapat menumpulkan lantai kayu seiring waktu. Kemudian basahkan kain pel, pastikan pel tersebut diperas dengan sangat baik, menggunakan kain microfiber kering untuk menyeka kelembaban yang berlebihan. Bersihkan area lalu lintas tinggi seperti dapur seminggu sekali, untuk area yang kurang digunakan, lap sebulan sekali.

Jika Anda memiliki lantai kayu berlilin, Anda bebas dari kesulitan. Karena jenis lantai ini dapat rusak oleh air dalam jumlah kecil sekalipun, jauhkan pel basah dari permukaan ini, dan sebagai gantinya, sapu, lap debu atau vakum secara teratur.

Pastikan Anda memoles permukaan kayu satu bulan sekali yang akan memberikan lapisan kayu kuat. Gunakan Biopolish Linseed Oil yang mudah untuk digunakan dan akan memberikan penampilan yang menarik pada lantai kayu.

  • Membersihkan Lantai Bambu

Bambu itu bahan alami yang indah dan dalam beberapa kasus, lebih lembut dan lebih rentan terhadap torehan dan goresan daripada lantai kayu keras. Kecuali Anda memiliki lantai bambu strand  yaitu bambu jenis yang paling sulit dan paling tahan lama yang tersedia sehingga Anda harus lebih waspada jika membersihkan kotoran dan puing secara teratur.

Khususnya dengan lantai bambu, perawatan ekstra harus digunakan. Gunakan larutan pembersih yang sama pada bambu seperti pada kayu keras: campur ¼ cangkir sabun ringan atau netral pH dalam satu ember air. Gosok pada lantai menggunakan pel yang lembab, kemudian mengelap kelembapan berlebih dengan kain microfiber kering.

  • Membersihkan Lantai Linoleum

Lantai linoleum yang asli  terbuat dari minyak biji rami, resin, batu kapur, serat kayu dan debu gabus, dan diwarnai dengan pigmen mineral. Perlakukan lantai yang tahan lama dan alami ini bisa Anda lakukan seperti yang Anda lakukan pada lantai gabus. Campurkan pada botol semprot hanya beberapa tetes sabun cuci piring dan air panas, lalu ratakan satu bagian lantai sekaligus dan bersihkan dengan lap microfiber basah. Lantai harus segera kering, tetapi jika terasa sedikit lengket saat disentuh, cukup usap dengan lap atau kain lap microfiber yang bersih dan basah.

  • Membersihkan Lantai Vinyl

Untuk pembersihan mingguan, gunakan teknik pel basah dan kering Reichert untuk menjaga lantai keramik tampak segar. Campur perlahan 1/4 cangkir cuka dalam botol semprot 16-ons dengan 1 tetes sabun cuci piring dan air hangat. Semprotkan lantai satu bagian pada satu waktu dan bersihkan dengan lap microfiber basah kemudian gunakan lap kering.

Produk Aman untuk Poles Berbagai Macam Lantai Kayu

Jika Anda sudah mendapatkan berbagai macam solusi untuk membenarkan lantai kayu Anda maka sebaiknya Anda memilih satu produk yang dapat digunakan untuk berbagai macam lantai kayu.

Anda pasti berfikir bahwa setiap jenis lantai kayu berbeda memiliki perawatan yang berbeda. Namun sebenarnya kayu adalah serat alam yang memiliki pori jadi untuk perawatan yang bisa Anda lakukan bukanlah sesuatu yang berbeda.

Tidak perlu khawatir akan hasil karena Anda tentu akan mendapatkan hasil mengkilap untuk semua jenis kayu. Bahkan jika Anda ingin menggunakannya pada lantai bambu atau lantai jenis serat alam lain yang berpori Anda bisa menggunakan Biopolish.

Gunakan Biopolish Linseed Oil yang akan memberikan tampilan kemilau pada lantai kayu namun tidak menimbulkan licin. Biopolish akan meresap ke dalam kayu, memberikan tampilan baru dan memerpatahankan lapisan film pada permukaan kayu.

Proses aplikasinya pun sangat mudah Anda cukup mengoleskan tipis saja pada permukaan lantai kayu di rumah Anda. Proses aplikasi bisa dibantu dengan mesin poles lantai. Alat akan mempercepat dan mempermudah proses perawatan lantai kayu Anda.

Ketika Anda akan menggunakannya pastikan Anda menggunakan kain yang bersih dan kering pastikan juga Anda tidak mengaplikasikannya terlalu tebal. Aplikasi bahan yang terlalu banyak justru akan menimbulkan jamur karena akan menambah tingkat kelembaban dari lantai kayu.

Anda bisa mengulangi proses aplikasi setiap satu bulan sekali atau tiga minggu sekali. Proses aplikasi atau perawatan lantai kayu tidak hanya akan memberikan warna atau penampilan saja namun juga akan memperpanjang usia dari lantai kayu di rumah Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X