Meja Belajar Anak Rendah Logam Berat

Meja Belajar Anak Rendah Logam Berat

Merkuri, arsenik, dan timah ditemukan secara alami di bumi, tetapi hanya karena mereka adalah elemen kimia alami tidak berarti mereka tidak berbahaya. Mereka adalah logam berat dengan sejarah panjang penggunaan industri dan pribadi dan sepanjang sejarah merusak kesehatan manusia. Pada meja belajar anak Anda bisa saja terdapat kandungan logam berat. Darimana logam berat tersebut berasal dan bagaimana Anda bisa memilih meja belajar yang lebih aman? Mari sebelum masuk dalam pemilihan yang tepat pahami apa saja zat yang termasuk logam berat dan bahayanya bagi lingkungan manusia.

  • Merkuri

Merkuri berada di udara kita dari pembakaran solar, bahan bakar jet, dan minyak pemanas. Ini deposito di darat dan air, kemudian berkonsentrasi dalam rantai makanan. Merkuri juga dipancarkan oleh pembangkit listrik yang menggunakan batu bara, dan oleh produsen, kilang minyak, fasilitas pembuangan limbah medis, kantor gigi, dan fasilitas kremasi. Ketika merkuri masuk ke air, bakteri mengubahnya menjadi methylmercury beracun, yang menumpuk di ikan. Ketika kita makan ikan yang mengandung merkuri, itu akan menempel dan mengendap di tubuh kita.

Merkuri ada di banyak produk konsumen, termasuk: bola lampu neon, perlengkapan listrik, sakelar otomatis, termostat, peralatan medis, dan tambalan amalgam gigi. Merkuri juga digunakan dalam termometer, meskipun penggunaan ini di banyak area sedang dihentikan demi termometer digital tanpa merkuri.

  • Arsenik

Hingga 2002, senyawa arsenik digunakan untuk merawat kayu agar tidak membusuk. Arsenik larut ke dalam tanah dan menggosok kayu ke orang atau hewan. Arsenik juga ada di tanah dari peleburan dan beberapa pestisida. Senyawa arsenik masih digunakan untuk membuat kaca khusus, semi-konduktor (galium arsenide), beberapa cat, pewarna, logam, sabun, dan obat-obatan. Makanan laut dapat mengandung arsenik (meskipun dalam bentuk yang kurang beracun), seperti halnya air minum di beberapa lokasi.

  • Timbal

Timbal ditemukan dalam berbagai macam produk konsumen, mulai dari perlengkapan seni dan komponen mobil hingga cat khusus, beberapa pewarna rambut, dan bahkan permen. Produk PVC sering mengandung timah. Bensin dan cat sekarang bebas timah di AS dan banyak negara lainnya. Tetapi meskipun ada larangan tahun 1978, cat timah di dinding rumah dan bangunan tua terus menjadi sumber utama paparan timbal untuk anak-anak. Di daerah dan rumah tertentu, timbal dari cat juga mencemari tanah dan debu rumah.

Air minum dapat mengandung timah yang keluar dari pipa. Beberapa tanah terkontaminasi dengan timah dari pelebur (fasilitas yang mengolah logam) atau penggunaan bekas pestisida timbal di kebun buah.

Mengapa Anda perlu waspada pada logam berat dan apa efeknya jika anak Anda terlalu banyak menghirupnya dari meja belajar yang sedang digunaka? Lead yang terlalu banyak dihirup akan menimbulkan masalah perilaku, tekanan darah tinggi, anemia, kerusakan ginjal, memori dan kesulitan belajar, keguguran, produksi sperma menurun, mengurangi IQ.

Kerusakan yang diperoleh dari merkuri adalah kebutaan dan tuli otak, masalah pencernaan, kerusakan ginjal, Kurang koordinasi, keterbelakangan mental. Masalah pernapasan sering muncul akibat dari arsenik selain itu juga menimbulkan kematian jika terkena tingkat tinggi, kecerdasan menurun, dikenal sebagai karsinogen manusia: kanker paru-paru dan kulit, mual, diare, muntah, masalah sistem saraf perifer.

Melihat banyaknya masaah yang diakibatkan dari kandungan logam berat dalam cat yang bisa saja digunakan sebagai bahan pelapis meja belajar anak Anda maka sebaiknya pemilihan meja serta bahan finishingnya perlu diperhatikan.

Mengenal Meja Belajar Katagori Green Furniture

Sebagai meja belajar yang bebas logam berat dari yang dipaparkan di atas maka Anda harus memiliki panduan yang digunakan untuk memilih. Berikut ini beberapa panduan yang akan Anda dapatkan untuk memiliki meja belajar anak yang aman dan ramah lingkungan.

  • Lifecycle, Reuse & Recyclability

Dari mana perabot Anda berasal dan di mana akan berakhir? Perusahaan furnitur yang berpikir ke depan telah mengambil perhatian konsumen yang semakin besar tentang daur ulang ke jantung dan berusaha untuk merancang dan membangun produk mereka untuk digunakan kembali atau didaur ulang pada akhir masa hidup mereka. Jika Anda ingin memastikan bahwa meja belajar yang Anda beli benar-benar aman, cari label recycle yang biasanya tertera.

Meja Belajar Anak Rendah Logam BeratCarilah: Perabot logam sering kali sangat bagus dalam hal daur ulang dan furnitur dari baja dan aluminium kemungkinan sudah terbuat dari konten daur ulang. Plastik juga sering dapat digunakan kembali, tetapi periksa label untuk memastikan. Beberapa perusahaan bahkan mengizinkan Anda mengembalikan potongan langsung kepada mereka untuk didaur ulang ketika Anda siap untuk melanjutkan.

Seringkali kayu tidak mudah didaur ulang, tetapi dapat dengan mudah digunakan kembali. Juga, karena sangat tahan lama dan tak lekang oleh waktu, Anda mungkin tidak akan pernah ingin menyingkirkannya!

  • Kualitas & Durabilitas

Membangun kualitas adalah pilihan berkelanjutan yang sebenarnya pada akhirnya itu lebih dari “Anda mendapatkan apa yang Anda bayar,” ini tentang pengakuan Anda bahwa tidak ada jauh di buang dan bahwa apa yang Anda isi hidup Anda dengan adalah cerminan dari kualitas kehidupan yang kamu inginkan untuk hidup. Rayakan materi dan desain berkualitas sebagai cara untuk tetap terhubung dengan lingkungan Anda yang segera dan lebih besar.

Carilah: Desain dan pengerjaan yang hebat adalah solusi paling hijau dari semuanya. Semakin Anda menyukai perabot, semakin besar kemungkinan Anda menyimpannya selamanya dan menyebarkannya ke generasi mendatang.

Meja Belajar Anak Rendah Logam BeratHindari: Furnitur yang dibangun dengan buruk mungkin tampak seperti solusi murah, sementara yang besar, tetapi menghabiskan sedikit lebih banyak untuk memulai akan membuat Anda lebih gentar untuk uang Anda dan menghemat jengkel karena harus membuang potongan murahan saat mereka merusak dan membeli yang baru .

  • Bahan Finishing Water Based

Memilih bahan finishing water based adalah salah satu yang sangat penting untuk Anda dapatkan. Bahan finishing water based pada setiap produk pasti memiliki label kemasan berbahan dasar air. Anda bisa menanyakan kepada penjaga toko mana saja produk cat water based yang dapat digunakan untuk meja belajar anak Anda.

Jika Anda membeli finishing yang sudah jadi maka Anda bisa menanyakan bahan finishing apa yang digunakan. Cat water based sudah terbukti rendah kandungan logam yang berbahaya. Tidak hanya merkuri, timbal dan arsenik saja bahkan bahan lain seperti formalin. Cat kayu water based juga telah menjadi standar untuk furnitur ekspor ke Eropa, Amerika bahkan Jepang.

Di Indonesia sendiri salah satu bahan finishing water based yang rekomended untuk digunakan tidak lain adalah cat kayu BioColours. Sesuai dengan bahannya yaitu air, Anda cukup menggunakan pelarut air dan dapat menyemprotkan dengan mudah ke seluruh permukaan kayu. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan hasil yang sempurna.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X