Pemanfaatan Limbah Kayu Jati Menjadi Furnitur Lebaran

Pemanfaatan Limbah Kayu Jati Menjadi Furnitur Lebaran

Menjadi seorang pengrajin kayu baik itu untuk hobi atau pekerjaan selalu memiliki ide-ide kreatif yang dapat digunakan dan juga diwujudkan. Sebagai pengrajin kayu yang bekerja dengan perintah Anda pasti akan tetap menggunakan kratifitas Anda untuk memberikan hasil yang maksimal.

Sebagai pengrajin kayu yang bekerja karena hobi Anda bisa menggunakan kreatifitas Anda untuk menghasilkan karya indah baik untuk digunakan sendiri ataupun dijual. Keduanya melibatkan kreatifitas. Nah menjelang lebaran seperti ini pasti Anda menginginkan untuk memiliki hasil karya yang digunakan bahkan dipamerkan.

Jika Anda ingin memiliki karya yang indah Anda bisa memanfaatkan limbah kayu yang ada di sekitar Anda. Ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan mulai dari harga bahan baku yang murah, hasil yang artistik serta memberikan warna yang menarik.

Alasan utama Anda menggunakan limbah kayu pun adalah sebagai partisipasi menjaga kelestarian lingkungan. Anda akan menjaga hutan khususnya hutan di Indonesia yang banyak dengan penebangan liar.

Salah satu jenis limbah yang banyak digunakan adalah limbah kayu jati. Dibandingkan dengan limbah kayu lainnya, limbah kayu jati memiliki kualitas kering yang lebih baik, kualitas ketahanan yang lebih tinggi namun Anda harus memiliki usaha yang keras untuk membentuknya karena tingkat keras kayu yang tinggi.

Contoh Furnitur yang Dibentuk dari Limbah Kayu Jati

Jika Anda sedang bingung untuk membentuk furnitur apa dari limbah kayu jati, berikut ini kami berikan beberapa contoh dari furnitur yang terbuat dari limbah kayu jati dan bisa mejadi inspirasi Anda:

  1. Meja tamu
Pemanfaatan Limbah Kayu Jati Menjadi Furnitur Lebaran
Meja tamu yang menggunakan limbah kayu dengan finishing recycle.

Anda bisa mengolah limbah kayu jati menjadi meja tamu yang artistik. Karena kayu jati memiliki serat yang menarik maka sebaiknya Anda menonjolkannya agar ketika meyambut lebaran para tamu akan melihat keartistikan dari meja tamu yang Anda ciptakan.

  1. Rak buku
Baca Juga:  Pemilihan Warna Set Meja Kursi Tamu

Anda akan menggunakan limbah kayu yang berukuran potongan kecil? Maka sebaiknya gunakan sebagai rak buku yang unik. Anda bisa membuat desain dengan berbeda dibandingkan dengan lainnya. Bisa juga Anda menciptakan rak buku sudut untuk mengisi kekosongan sudut di rumah Anda.

  1. Stool

Anda bisa menciptaan stool yang terbuat dari cabang kayu jati. Biasanya pabrik besar tidak memanfaatkan cabang kayu jati karena pengolahannya yang membutuhkan detil yang sangat tinggi. Kini Anda memiliki waktu yang cukup lama maka olahan cabang kayu jati akan menjadikan stool pada ruang tamu atau teras Anda sangat artistik.

  1. Meja TV

Anda belum memiliki meja tv dan Anda memiliki limbah kayu jati berukuran palet? Gunakan limbah menjadi meja TV baru Anda. Kesan lama dari kayu jati bisa Anda munculkan dengan finishing yang tepat. Bahkan serat kayu akan memperlihatkan kesan antik.

  1. Kabinet

Anda bisa menciptakan kabinet Anda, bisa digunakan sebagai kabinet dapur atau penyimpanan handuk di kamar mandi. Tidak perlu berukuran besar cukup yang minimalis akan membuat suasana dapur Anda atau kamar mandi ke masa lampau.

  1. Meja makan

Siapa sangka Anda dapat mencipatakan meja makan dengan menggunakan kayu jati. Jika dilihat pasti harganya sangat mahal padahal Anda hanya menciptakan menggunakan limbah kayu jati yang murah bahkan gratis. Anda bisa menyusun balok kayu dengan mengelemnya menggunakan lem aman dan ramah lingkungan sebagai top table. Jika tidak mencukupi bagian kaki Anda bisa mengkombinasikannya dengan besi.

  1. Side table
Pemanfaatan Limbah Kayu Jati Menjadi Furnitur Lebaran
Meja sudut yang menggunakan limbah kayu jati.

Jadikan limbah kayu jati menjadi side table di ruang tamu. Anda bisa menggunakan palet dari limbah kayu jati. Setelah selesai Anda bisa meletakan camilan pada side table dan pasti ketika lebaran banyak tamu yang akan meliriknya.

Baca Juga:  Finishing Kayu Kelapa Tidak Harus Sulit, Lihat Di Sini!

Finishing yang Tepat untuk Furnitur Limbah Kayu

Anda kini sudah mendapatkan banyak sekali ide yang dapat digunakan untuk mengolah limbah kayu menjadi furnitur. Namun setelah selesai warna apakah yang akan Anda gunakan untuk finishingnya? Jangan gunakan warna duco karena Anda hanya akan menghilangkan nilai artistik dari limbah kayu jati.

Yang harus Anda lakukan adalah sebaliknya yaitu dengan menonjolkan warna dari limbah kayu jati yang telah lama serta menampilkan keindahan dari serat kayunya. Anda tidak akan menyesal jika Anda banyak berkeksperimen dengan berbagai macam warna natural yang memperlihatkan seratnya.

Berikut ini beberapa saran yang bisa Anda gunakan serta sedikit cara aplikasi yang bisa Anda lakukan untuk menampilkan serat furnitur limbah kayu jati.

  • Finishing warna natural

Anda ingin memperlihatkan serat kayu jati maka finishing yang sangat tepat dan paling mudah adalah dengan warna natural. Anda bisa menggunakan pernis kayu yaitu lapisan bening yang akan memberikan ketebalan film yang tepat untuk melindungi furnitur.

Pemanfaatan Limbah Kayu Jati Menjadi Furnitur Lebaran
Meja TV dari limbah kayu dengan finishing natural.

Caranya Anda bisa menggunakan BioColours Sanding Sealer dengan cara disemprot kemudian Anda bisa melanjutkan dengan aplikasi BioColours Top Coat. Apabila Anda ingin mendapatkan warna mengkilap gunakan TopCoat Gloss dan tunggu kering sekitar semalaman.

  • Finishing natural warna kayu jati

Anda ingin mendapatkan finishing yang halus dan rata maka Anda bisa  memperbaiki cacat warna kayu dengan BioColours Wood Filler jati terlebih dahulu. Kemudian Anda akan mendapatkan permukaan rata tinggal Anda memilih warna wood stain dari BioColours Jati. Terakhir Anda bisa menggunakan BioColours Top Coat dan tunggu kering sekitar semalaman.

  • Finishing drift wood

Siapa sangka jika Anda bisa memperlihatkan tekstur serta warna yang unik. Khususnya pada stool yang terbuat dari susunan cabang kayu jati. Gunakan finishing drift wood yang akan memperlihatkan penampilan furnitur yang lebih berpenampilan tua. Anda cukup menggunakan teknik rustik untuk memunculkan tekstur pada kayu kemudian gunakan BioColours wood stain warna candy brown murni yang dioleskan secara merata.

Baca Juga:  7 Langkah Menciptakan Furniture Tampak Tua

Setelah kering  Anda bisa mengaplikasikan BioColours Wood Stain warna papua rose murni dan aplikasikan dengan kuas. Setelah kering dan amplas Anda bisa menggunakan BioColours Top Coat Death Matte dan tunggu kering sekitar semalaman.

  • Finishing Patina

Anda ingin memiliki furnitur dengan gaya vintage dari limbah kayu? Keinginan Anda akan terwujud dengan mudah jika menggunakan finishing warna patina. Keindahan dari kayu akan terlihat seolah-olah sudah memiliki umur yang sangat lam bahkan memiliki tekstur yang sangat artistik.

Caranya Anda bisa menciptakan tekstur dengan cara rustic terlebih dahulu. Kemudian Anda bisa menggunakan produk BioColours Primer Coat yang telah dicampur air dan aplikasi spray. Setelah kering Anda bisa menggunakan Glaze dark grey perbandingan campuran air 1:7 yang dikuaskan lalu dilap dengan kain basah agar glaze tertinggal dalam serat kayu.

Selanjutnya aplikasikan BioColours Sanding Sealer yang telah dicampur dengan air. Aplikasikan Glaze Black yang dicampur air perbanidngan 1:10 dan dikuaskan kemudian dilap kembali. Terakhir Anda bisa mengaplikasikan BiColours Top Coat Death Matte yang telah dicampur dengan air. Semprotkan dan tunggu cat benar benar mengering selama semalaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X