Atasi Masalah Kitchen Cabinets Berjamur dengan Cat Ini

Atasi Masalah Kitchen Cabinets Berjamur dengan Cat Ini

Dapur adalah bagian dapur yang paling cepat dan mudah berjamur Kelembaban ruangan yang tidak tidak hanya dimiliki kamar mandi dan juga dapur. Adanya kelembaban inilah yang memicu jamur dan rayap muncul. Kayu apapun yang digunakan untuk membuat kabinet dapur pasti rentan terhadap kelembaban dan akhirnya menimbulkan jamur.

Tentu saja masalah jamur tidak akan muncul apabila sejak awal kitchen cabinets telah diaplikasikan oleh cat kayu anti air yang juga mengandung bahan anti jamur. Perawatan khusus wajib diterapkan pada furniture dapur ini.

Jangan sepelekan kelembaban yang pada di dapur terutama pada musim hujan. Tingkat kelembaban di Indonesia sangat tinggi karena curah hujan yang tinggi di negara tropis ini. Akhrnya membuat semua furniture yang terbuat dari kayu menjadi lebih mudah rusak.

Kerusakan bisa saja dihindari jika Anda benar-benar memilih bahan finishing yang tepat sekaligus dengan perawatan yang rutin. Memang pada tahapan perawatan pemilik rumah seringkali melewatkannya. Hal ini tidak heran karena merawat furniture biasanya dilakukan sekali yaitu hanya pada saat finishing.

Pada dua fungsi cat yang hingga kini dipahami yaitu untuk memberikan penampilan dan kedua untuk memberikan perlindungan. Kedua fungsi dapat bekerja dengan baik asalkan Anda membeli produk yang tepat.

Nah untuk memenuhi kedua fungsi tersebut Anda bisa menggunakan cat kayu BioColours. Produk ini akan memberikan kitchen cabinets dapur Anda, menjadi lebih kuat dibandingkan produk yang lainnya. Kandungan anti jamur juga sudah terdapat di dalamnya. Semua dapat berjalan dengan lancar asalkan cara finishing yang dilakukan sudah tepat.

Cara Finishing Kitchen Cabinets dengan Tepat

Bagaimana melakukan finishing kitchen cabinets dengan tepat? Pertanyaan ini pasti sering muncul oleh DIY di rumah. Tenang saja tidak hanya satu dan dua orang yang kesulitan melakukan finishing kabinet dan hampir para DIY akan menyatakan hal tersebut.

Namun jangan menyerah karena melakukan finishing kabinet yang sudah terpasang bukanlah hal sulit. Anda tidak perlu melepas kabinet dan membawanya ke ruang kerja, dan bisa juga melakukan di dapur.

Melakukan finishing di dapur dengan cat BioCOlours adalah langkah yang tepat. BioColours merupakan cat kayu water based jadi jika Anda ingin mengecatnya dalam ruangan kabinet tetap akan kering dengan sempurna. Selain itu bahan pelarut air yang digunakan tidak menimbulkan polusi di dalam udara.

Atasi Masalah Kitchen Cabinets Berjamur dengan Cat Ini
Melepas pintu kabinet

Jika cat sudah selesai and mengering tidak perlu takut lagi akan toxic yang biasanya menyebar karena proses pengeringan cat. Kenyaman ini tentu tidak akan Anda temukan jika masih bertahan menggunakan cat solvent dengan bahan pelarutnya thinner.

Nah bagaimana langkah menggunakan cat kayu BioCOlours untuk kabinet dapur dengan tepat? Jika Anda ingin mendapatkan hasil warna solid misalnya seperti putih maka Anda bisa menggunakan empat rangkaian produk. Pertama adalah BioColours wood putty dilanjutkan BioCOlours primer coat, ketiga adalah BioColours Bioduco dan terakhir adalah BioColour top coat.

Karena kabinet dapur akan sering bersentuhan dengan kelembaban maka sebaiknya pilihlah tampilan glos. Kitchen cabinets yang menggunakan tampilan glossy juga akan lebih tahan gores serat lebih mudah untuk dibersihkan.

Berikut ini persiapan yang cukup panjang harus dilakukan:

  • bersihkan dapur dari peralatan masak dan juga berbagai peralatan yang menggantung di dinding. Anda akan menggunakan alat semprot jadi pastikan ruangan bersih juga dari furniture seperti meja makan. keluarkan isi kabinet dapur dari makanan dan peralatannya.
  • Siapkan kertas koran dan juga isolasi kertas. Koran bisa Anda tempatkan di lantau, di dinding perbatasan antara kabinet kemudian pada bagian yang tidak ingin Anda cat. Tutup semuanya dengan rapat dan rapi sebelum memulai finishing. Apabila sebelumnya kabinet memiliki lapisan cat maka bersihkan dengan paint remover.
  • Bersihkan seluruh lapisan cat kayu yang lama, kemudian lihat apakah serta dan warna kayu asli sudah benar-benar terlihat. Lanjutkan dengan pengamplasan seluruh permukaan hingga merata.
  • Gunakan amplas kasar kemudian beralih pada kertas amplas halus. berhentilah setelah mengamplas dengan kertas nomor 220. Dilakukan perbaaan ke seluruh permukaan kayu. Jika sudah merata dan benar-benar haus berhentilah. Bersihkan debu amplas dengan kain yang bersih dan kering. Jangan lupa selama proses pengamplasan gunakan masker. Serbuk amplas sangat berbahaya bagi kesehatan.

Persiapan kabinet memang cukup memakan waktu yang lama. Apabila Anda sudah mempersiapkan kabinet dengan benar, tinggalkan ruangan dan siapkan lapisan cat demi lapisan. Ruangan perlu ditinggalkan sejenak agar debu bekas amplasan mengendap dan tidak mengganggu jalannya finishing.

Siapkan keempat produk cat, pastikan Anda sudah memilih warna kabinet dapur yang baru dari 24 pilihan warna tersedia dari BioColours Bioduco. Siapkan peralatan finishing yaitu kompresor dan alat semprot. Siapkan juga pisau palet dan gelas plastik untuk pencampuran. Siapkan ruangan untuk mempersbihan spray yang sudah selesai digunakan.

Atasi Masalah Kitchen Cabinets Berjamur dengan Cat Ini
Cara spray kabinet dapur

Jika alat dan bahan sudah siap, lanjutkan dengan proses finishing kabinet berikut ini:

  1. Aplikasikan BioColours wood putty, gunakan pisau palet and oleskan bahan ke seluruh permukaan kabinet dapur. Isi semua lubang bekas paku hingga penuh dan rapi. Aplikasikan juga secara merata ke seluruh permukaan kabinet. Setelah permukaan wood putty sudah kering maka lanjutkan dengan pengamplasan. Amplas dengan kertas amplas nomor 240, dilakukan sampai permukaan kayu rata, dan cacat kayu tidak terlihat. Apabila masih terlihat lubang, isis kembali dengan putty and setelah kering amplas. Bersihkan debu amplas.
  2. Lanjutkan dengan mencampur BioColours primer coat dengan air ke dalam gelas plastik. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk secara merata. Tuanglah larutan kedalam tabung semprot kemudian semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Lanjutkan dengan pengeringan, diamkan kabinet sekitar 60 menit baru dilanjutkan dengan pengamplasan ambang dengan kertas amplas 400. Jika warna kayu dan serat kayu masih terlihat aplikasikan primer coat sekali lagi dan amplas.
  3. Lanjutkan pewarnaan kayu dengan BioColours Bioduco. Karena kayu sudah tertutup dengan warna primer maka mendapatkan warna pilihan dengan hasil yang sangat tajam dan berakhir mulus Campurkan BioColours Bioduco dengan air ke dalam gelas plastik, dan aduk merata. Tuangkan seluruh larutan hingga hampir memenuhi tabung and semprotkan ke seluruh permukaan kabinet. Tunggu kering sekitar satu jam kemudian amplas ambang dengan amplas 400. Bersihkan debu amplas.
  4. Lapisan akhir adalah BioColour top coat, campurkan bahan dan air ke dalam gelas plastik kemudian aduk merata. Tuang larutan ke dalam tabung semprot kemudian semprotkan ke seluruh permukaan kayu.  Tunggu hingga kering, pada tahapan akhir ini Anda harus menunggu selama 24 jam dan semalaman. Sebaiknya diamkan dapur Anda dan bersihkan peralatan mengecat. Jangan lepas koran yang masih menempel.
  5. Keesokan harinya setelah cat sudah menempel, Anda bisa melepas lapisan koran hati-hati. Kini kitchen cabinets di rumah sudah memiliki tampilan warna yang baru dan juga anti jamur.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X