mengecat dengan Biovarnish

Pernis Kayu Mahoni Terbaik untuk Semua Jenis Serat Alam

Ada banyak merk pernis kayu yang beredar dipasaran. Masing-masing pernis memiliki kelebihan yang berbeda dan Anda harus memastikan bahwa jenis pernis adalah terbaik. Kelebihan khusus yang diberikan pernis tersebut bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. 

Misalnya saja Anda membutuhkan pernis kayu untuk memberikan perlindungan dari panas. Bisa juga Anda memilih pernis kayu yang mampu memberikan warna transparan sehingga warna kayu di bawahnya terlihat lebih tajam. Mungkin saja Anda membutuhkan pernis kayu yang mudah digunakan sekaligus memberikan tampilan tahan lama. 

Nah bagaimana jika Anda bisa menemukan semua kebutuhan hanya dalam satu produk. Tentu saja menggunakan produk tersebut akan lebih praktis daripada menggunakan pernis dengan satu kelebihan saja. Bagaimana dengan pernis kayu yang juga memberikan tampilan warna seperti kayu mahoni? 

Banyak orang menyukai warna kemerahan alami yang dihasilkan kayu mahoni. Warna ini bisa Anda temukan pada stain yaitu cat yang berada di bawah lapisan pernis atau clear coat. Fungsi pernis adalah melindungi warna dari stain mahoni tersebut agar tidak mudah pudar. Anda bahkan bisa menggunakannya tidak harus pada kayu mahoni. 

Jenis-Jenis Serat Alam yang Membutuhkan Pernis Kayu Mahoni

Menggunakan rangkaian produk cat pernis kayu mahoni untuk finishing kayu mahoni adalah pilihan yang tepat. Untungnya pernis tersebut tidak wajib hukumnya untuk digunakan pada kayu mahoni saja. Anda bisa menggunakannya untuk berbagai macam jenis kayu lain dengan warna berbeda. 

Bahkan banyak serat alam yang tampilannya akan sangat menarik jika menggunakan pernis kayu mahoni. Apa saja jenis serat alam yang membutuhkan perlindungan dan tampilan dari pernis kayu mahoni? Berikut ini macam-macamnya. 

  • Rotan

Rotan adalah material serat alam yang lentur mirip seperti bambu. Rotan yang sudah dikeringkan cenderung memiliki warna coklat yang pucat. Disinilah Anda perlu menggunakan rangkaian produk pernis dengan warna mahoni. Sehingga semua jenis olahan rotan memiliki warna kemerahan yang menyala. 

  • Bambu
Baca Juga:  Bioduco Chalk Paint : Tanpa Amplas Mengecat jadi Lebih Mudah

Jenis serat alam yang kedua untuk digunakan adalah bambu. Terkenal sebagai material pengganti kayu baik dalam furniture dan juga bahan bangunan. Bambu yang sudah kering memiliki warna sama seperti rotan yaitu cenderung pucat. Oleh karena itu memberikan pernis warna mahoni akan sangat tepat. 

  • Eceng gondok

Indonesia juga terkenal sebagai penghasil tanaman eceng gondok. Tanaman ini seringkali dimanfaatkan sebagai berbagai macam jenis kerajinan. Misalnya saja tas, keranjang atau hiasan lainnya. Keunikan eceng gondok akan tampak lebih maksimal setelah di finishing dengan pernis kayu mahoni. Warna merahnya akan memberikan kesan natural sekaligus perlindungan dari jamur atau rayap. 

Produk Pernis Kayu Mahoni untuk Serat Alam

Jika membandingkan antara produk pernis satu dengan yang lainnya Anda pasti akan bingung memilih manakah yang terbaik. Nah untuk itu sebaiknya pilih Biovarnish series yang terdiri dari wood filler, sanding sealer, liquid stain dan juga clear coat. Keempat produk ini perlu diaplikasikan dengan bergantian dan berurutan untuk membentuk lapisan film yang kuat. 

Biovarnish adalah satu-satunya produk cat yang bisa Anda aplikasikan menggunakan kuas atau menggunakan alat semprot. Masing-masing aplikasi membutuhkan cara yang tidak jauh berbeda. Anda cukup membuat larutan kemudian menguaskan atau menyemprotkannya. 

Jika ingin mendapatkan hasil terbaik pada serat alam yang dianyam sebaiknya gunakan cara disemprot. Jika Anda hendak mengecat permukaan yang tidak dianyam misalnya furniture kayu, maka bisa menggunakan kuas. Perhatikan juga viskositasnya, semua produk membutuhkan viskositas 11-12 detik NK2. 

Ada banyak keuntungan yang akan didapatkan serat alam ketika menggunakan Biovarnish series. Berikut ini keuntungannya. 

  1. Lebih tahan terhadap serangan jamur dan juga rayap.
  2. Memberikan ketahanan terhadap serangan perubahan cuaca. 
  3. Memberikan tampilan warna kayu mahoni asli sehingga serat alam menjadi lebih indah. 
  4. Proses pengeringan yang tergolong cepat hanya dalam 60 menit tanpa harus dijemur. 
  5. Pengamplasan yang ringan untuk setiap lapisan coating yang sudah kering. 
Baca Juga:  Lapisan Pelindung Agar Kayu Jati Belanda Tahan Air

Cara Mengaplikasikan Biovarnish Series dengan Alat Semprot

Apapun jenis serat alam yang digunakan, jika Anda saat ini sedang berlatih menggunakan alat semprot maka inilah saat yang tepat. Cobalah untuk berlatih mengecat menggunakan Biovarnish karena tidak akan menimbulkan sagging. Jadi hasil finishing akan sangat halus selama Anda mempraktekkan teknik penyemprotan yang sempurna. 

Ada lima langkah yang harus diperhatikan. Mulai dari persiapan, aplikasi wood filler, sanding sealer, liquid stain mahoni dan juga clear coat. Masing-masing langkah tidak boleh dilewatkan. Berikut ini cara mengaplikasikannya sekaligus tips agar aplikasi lebih sempurna. 

Persiapan Serat Alam Sebelum Dicat

Persiapan yang dilakukan untuk serat alam adalah pengamplasan. Apapun jenis serat alam yang digunakan pengamplasan sangatlah vital. Fungsinya untuk membuat permukaan menjadi lebih halus walaupun sebenarnya memiliki goresan. Nah permukaan seperti inilah yang akan mengikat lapisan cat di atasnya. 

Cara mengamplas dimulai dengan kertas amplas nomor 180. Amplas searah serat kayu, jika kertas amplas sudah aus maka ganti dengan yang baru. Jika sudah cukup halus bersihkan dengan kain kemudian gunakan amplas nomor 220. Lakukan proses amplas yang sama. 

Tips : Khusus untuk permukaan anyaman sebaiknya balutkan amplas dengan busa. Jika permukaan datar seperti kayu maka gunakan balok kayu untuk membantu pengamplasan. Anda juga bisa mempercepat pekerjaan dengan mesin amplas. 

Proses Aplikasi Biovarnish Wood Filler

Wood filler berfungsi untuk menutup pori. Namun tidak semua serat alam seperti kayu yaitu memiliki pori dihampir seluruh permukaannya. Cara mengaplikasikannya cari bagian pori serat alam tersebut kemudian isikan dengan wood filler. Manfaatkan scrape untuk meratakan wood filler. 

Diamkan hingga kering baru di amplas merata dengan amplas 240. Tips : Jika permukaan kayu datar dan tidak memiliki cacat, Anda bisa mencampurkan wood filler dengan sedikit air. Kemudian proses aplikasinya bisa menggunakan kain dan cukup diusapkan saja. 

Baca Juga:  Bagaimana Mengecat Kursi Kayu Palet untuk Hasil Black Wash?

Proses Aplikasi Biovarnish Liquid Stain Mahoni

Langkah aplikasi liquid stain dimulai dengan mencampurkannya dengan air. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air hingga mencapai viskositas 11-12 detik NK2. Langsung semprotkan ke permukaan serat alam hingga merata. 

Tunggu hingga liquids stain mengering baru lanjutkan dengan pengamplasan secara ambang. Manfaatkan kertas amplas nomor 400 hingga warna menjadi lebih jelas. Tips : Anda bisa mengulangi aplikasi jika warna mahoni masih kurang tajam. 

Proses Aplikasi Biovarnish Sanding Sealer

Langkah aplikasinya dimulai dengan mencampurkan sanding sealer dengan air. Buatlah larutan hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik NK2 hingga tepat. Baru tuangkan sanding sealer ke dalam alat semprot. 

Semprotkan serat alam dari arah vertikal kemudian horizontal secara merta. Diamkan sanding sealer hingga kering tanpa dijemur. Lanjutkan dengan proses pengamplasan secara ambang dengan amplas nomor 400. Tips : Anda cukup mengaplikasikan sanding sealer sekali saja. Fungsinya hanya untuk memperkuat lapisan cat diatasnya dan melindungi lapisan cat dibawahnya. 

Proses Aplikasi Biovarnish Clear Coat

Terakhir adalah pernis kayu mahoni. Cara aplikasinya tidak jauh berbeda yaitu campurkan dengan air hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik NK2. Semprotkan merata kemudian diamkan serat alam selama semalaman. Selama 24 jam lapisan coating akan mengering sempurna. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X