Finishing Dengan Cat Kayu Eksterior Interior

Finishing Dengan Cat Kayu Eksterior Interior

Pengecatan furniture baik itu furniture interior dan furniture eksterior adalah salah satu proses yang tidak boleh dilupakan. Mengapa finishing atau pengecatan sangat penting. Bagi sebagian besar orang masih mennganggap bahwa melakukan pengecatan hanyalah salah satu bagian yang penting untuk memberikan tampilan pada furniture lebih menarik, berwarna dan juga terlihat mewah atau mahal. Akan tetapi alasan utama mengapa furniture harus di cat bukan hanya masalah tampilan saja tetapi juga untuk perlindungan.

Finishing Dengan Cat Kayu Eksterior Interior
Living room gaya futuristik.

Jenis-jenis perlindungan yang diberikan oleh cat memang tidak langsung terlihat tetapi dapat dirasakan apabila furniture sudah selesai di cat selama beebrapa bulan. Dari sana Anda akan melihat eprbandingannya antara furniture yang tidak di cat dan yang telah di cat. Pertama warna yang didapatkan akan memudar khususnya bagi furniture outdoor. Kedua adalah furniture akan mudah rusak baik itu karena jamur dan juga rayap. Ketiga adalah furniture sudah tidak dapat digunakan kembali.

Permasalahan tersebut akan teratasi apabila Anda melakukan proses finishing menggunakan jenis cat kayu yang tepat pada furniture tersebut. Jika furniture diberikan lapisan cat maka lapisan film yang melapisi bagian luar furniture tersebutlah yang akan terkena terlebih dahulu dari panas matahari maupun terkena basah air hujan. Perubahan cuaca dan juga goresan adalah yang paling penting untuk dihindari karena perubahannya akan mempercepat proses pelapukan kayu yang mampu menyerap kelembapan.

Jika Anda akan melapisi furniture maupun bagian rumah yang menggunakan kayu seperti pagar atau tiang rumah maka dapat menggunakan cat kayu eksterior atau cat kayu interior. Jenis cat yang dipilih harus memberikan lapisan film yang kuat dan keras agar memberikan proteksi yang bagus pada material kayu.

Pemilihan Bahan Finishing Yang Menentukan Hasil Akhir

Dalam menegcat, produk utama yang harus Anda pilih sejak awala dalah cat. Tentu saja siapa yang tidak mengenal cats ebagai bahan pelapis furniture saat ini? Bahkan cat selalu tersedia dengan banyak merk di toko besi. Nah untuk mengawali proses pengecatan maka Anda harus mendapatkan produk cat yang bagus dengan kata lain berkualitas tinggi untuk masalah proteksi pada kayu.

Baca Juga:  Tentang Biocolours Sanding Sealer
Finishing Dengan Cat Kayu Eksterior Interior
Seorang wanita sedang mengecat meja dengan kuas,

Tak hanya proteksi saja, cat yang berkualitas untuk digunakan sudah pasti akanmemberikan tampilan yang menarik mulai dari segi pemilihan warna hingga dari segi tingkat glossy atau sheen level. Jika Anda ingin mendapatkan produk cat yang berkualitas ini maka pilh produk cat dengan ciri berikut ini:

  • Pilih cat yang aplikasinya mudah

Tidak semua proses aplikasi cat ini mudah karena ada juga cat yang memiliki hasil bagus jika diaplikasikan dengan spray system. Maka dari itu Anda dapat memilih cat dari cara aplikasinya. Untuk cara aplikasi paling mudah adalah dengan menggunakan kuas. Aplikasi cat dengan kuas selain mudah juga murah.

  • Pilih cat yang mengandung anti jamur

Dalam kemasan cat Anda dapat memperhatikan kandungan yang ada di dalamnya. Pastikan cat telah mengandung anti jamur. Ini sangat berfungsi apabila peletakan furniture ini berada di ruangan yang memiliki kelembapan yang sangat tinggi.

  • Pilih cat yang mengantung anti rayap

Bahan kayu adalah jenis material yang sangat mudah untuk dirusak oleh rayap. Apabila Anda memilih cat pastikan juga cat mengandung bahan anti rayap. Rayap akan merusak serat kayu karena kayu adalah makanannya. Apabila tidak terkandung bahan anti rayap maka kayu atau serat alam yang digunakan akan mudah rusak dimakan oleh rayap.

  • Pilih cat yang mengandung anti karat

Bahan cat yang mengandung anti karat maka cat tersebut dapat diaplikasikan pada material besi dan alumunium. Material besi jika tidak dilindungi oleh lapisan cat yang tepat akan menimbulkan karat terutama jika sering terkena air hujan yang mempercepat timbulnya karat.

  • Cepat kering

Cat yang cepat kering akan mempercepat proses aplikasi Anda. Sehingga kapan saja Anda akan melakukan finishing maka cat akan cepat kering. Proses finishing tidak tergantung dengan cuaca panas karena Anda dapat melakukannya di cuaca apapun.

Baca Juga:  Produk Cat Duco Kayu Aman Untuk Kamar Bayi

Pemilihan bahan finishing atau cat yang tepat terakhir adalah Anda juga harus memilih jenis cat. Pada label kemasan cat akan tertera apakah cat tersebut dapat diapliakasikan pada furniture outdoor maupun indoor. Gunakan sesuai dengan furniture yang akan Anda finishing yaitu furniture interior menggunakan cat kayu indoor dan furniture eksterior menggunakan cat outdoor. Jika Anda salah menggunakan cat tentu saja hasil perlindungan yang diberikan sangat berbeda.

Perlindungan yang diberikan cat indoor tidak dapat digunakan untuk furniture outdoor, karena daya tahan yang diberikan tidaklah sesuai. Berbeda jika Anda menggunakan cat outdoor dengan cat idnoor yang kana memberikan tampilan lebih tajam dan perlindungan yang tentu saja sudah pasti kuat. Apabila Anda merasa kesulitan untuk membeli cat interior atua cat eksterior maka Anda sebaiknya Anda membeli cat yang dapat digunakan baik untuk eksterior maupun interior.

Tips Finishing Mengecat Furniture Interior Dan Eksterior

Proses finishing untuk furniture indoor baik itu tahapan finishing awal maupun tahapan recoating maka yang dibutuhkan adalah cara yang tepat. Agar Anda lancar dalam melakukan pengecatan furniture interior berikut ini beberapa tips yang perlu Anda perhatikan:

  1. Cat Kayu Besi Water Based Orchid Kelas Dunia
    Produk cat kayu besi Orchid.

    Pastikan furniture sudah bersih dan kering. Apabila material kayu maka MC kayu yang tepat adalah 12% sehingga Anda tidak akan kesulitan atau timbul jamur di kemudian hari.

  2. Jangan lupa tutup bagian furniture yang tidak akan dicat. Tutupi bagian tersebut dengan isolasi kertas.
  3. Bawa furniture ke luar ruangan agar Anda lebih mudah melakukan finishing.
  4. Jika Anda kesulitan mengeluarkan furniture maka alasi bagian bawah furniture dengan kertas koran agar cat tidak mengotori lantai.

Tips di atas berlaku jika Anda akan melakukan finishing pda furniture interior saja. Tips berikut ini adalah jika Anda akan melakukan finishing pada furniture outdoor.

  1. Pastikan cuaca harus terang jangan sampai hujan. Walaupun Anda menggunakan cat cepat kering Anda tidak bisa mengaplikasikannya dalam kondisi hujan.
  2. Jangan lupa untuk menutup seluruh bagian yang tidak akan dicat misalnya bagian knob pintu, bagian pegangan laci dan lain sebagainya.
  3. Berikan alas koran apabila agar cat tidak tumpah ke banyak tempat dan menimbulkan kotor.
  4. Furniture harus kering sebelum dilakukan pengecatan.

Dari tips di atas, ada satu hal penting lain yang perlu Anda perhatikan yaitu Anda harus menyiapkan bahan finishing atau cat yang tadi telah dipilih. Larutkan terlebih dahulu cat yang akan digunakan dengan bahan pelarut sesuai dengan cat yang Anda pilih baik itu water based maupun solvent based.

Jika Anda mencari produk cat yang digunakan maka Anda juga dapat menggunakan cat kayu water based yang lebih aman baik bagi lingkungan maupun untuk perlindungan furniture. Salah satu merk cat yang bisa Anda gunakan tidak lain adalah cat kayu besi Orchid. Cat kayu besi Orchid adalah cat yang dapat Anda aplikasikan dengan kuas dan juga air saja.

Jika Anda akan membeli produk cat kayu besi water based Orchid maka Anda bisa langsung membelinya melalui situs ini. Di sini juga tersedia banyak sekali produk cat water based lainnya dengan hasil warna tampilan yang berbeda-beda juga. Jika tidak Anda bisa datang langsung ke alamat Jl. Kisabalanang no. 23 Megucilik, Weru, Cirebon, Jawa Barat.

 

Baca Juga:  Memanfaatkan Penyerap Kelembapan Kontainer

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X