Cat Kayu Besi Yang Bagus Dan Tahan Lama Warna Merah

Pemberian warna merah pada suatu ruangan biasanya jarang digunakan. Mengapa? Warna merah bagi sebagian orang dianggap terlalu mencolok sehingga untuk sebuah ruangan dianggap kurang nyaman. Padahal jika bisa memadukan dengan warna lain, maka warna merah bisa masuk dalam berbagai gaya bahkan tidak akan terlalu mencolok.

Cat Kayu Besi Yang Bagus Dan Tahan Lama Warna Merah

Di sini akan membahan serbagai contoh desain kamar yang menggunakan warna merah dan bagaimana Anda bisa menggunakannya. Bahkan ada alasanya kuat mengapa Anda harus menggunakan warna merah pada sebuah ruangan. Biasanya kebanyakan orang memilih warna yang netral seperti warna cokelat, cream, putih, hitam bahkan transparan.

Baca Juga : tips cat tembok agar tidak luntur

Setiap orang memang memiliki alasannya sendiri tetapi bukan berarti semua orang tidak menykai warna merah. Penempatan warna merah yang tepat harus menjadi poin yang perlu diperhatikan apabila Anda ingin mendekor rumah dengan warna merah menyala. Untuk menjaga warna merah tetap tahan lama dan juga bagus Anda bisa menggunakan cat kayu besi Orchid. Cat ini bisa diaplikasikan menggunakan kuas dua hingga tiga kali sehingga didapatkan warna yang diinginkan.

Baca Juga : apa merk cat yang bagus untuk tembok lembab ?

Cat kayu besi Orchid adalah cat yang dapat digunakan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Cat ini sudah mengandung bahan yang anti jamur, anti rayap dan juga anti karat. Baik itu material kayu atau serat alam bahkan material besi akan terlindungi dari perubahan cuaca agar tahan lama. Cat kayu besi Orchid memberikan jaminan tahan lama lebih dari tiga tahun.

Alasan Mengapa Warna Merah Menjadi Pilihan

Jika Anda menyukai warna merah tidak ada alasan Anda harus memilih warna merah karena pada dasarnya Anda sudah menyukai warna merah. Lalu bagaimana dengan Anda yang tidak menyukai warna merah ini? Mengapa Anda harus memilih warna merah pada sebuah ruangan?

Baca Juga : cat kayu putih yang bagus untuk pagar

Cat Kayu Besi Yang Bagus Dan Tahan Lama Warna Merah

Kebanyakan orang menganggap pemberian warna merah akan memberikan efek negatif seperti kekuatan dominasi, teriakan, persaingan bahkan kekerasan. Padahal jika dapat memberikan warna merah sesuai dengan porsinya serta dapat mengkombinasikannya dengan warna yang lain akan memberikan efek komunikatif, dinamis, aktif, kegembiraan dan juga mewah.

Bagi Anda yang memberikan warna pmerah sesuai dengan porsinya apda ruangan maka akan menimbulkan perhatian, percaya diri, dramatis, perjuangan, panas bahkan berani. Bagi Anda yang masih muda dan penyuka warna merah maka dianggap memiliki sifat yang sama yaitu memiliki cita-cita yang keras.

Perpaduan Warna Merah Yang Cocok Pada Kamar

Jika Anda ingin memanfaatkan warna merah pada jangan berikan warna merah pada seluruh ruangan. Anda bsia menggunakannya pada salah satu furniture atau gunakan sebagai lis kecil pada dinding.  Untuk lebih lengkapnya berikan beberapa benda berwarna merah berikur ini pada kamar:

  1. Kaca adalah salah satu komponen yang penting digunakan di dalam kamar. Cermin sendiri dapat diaplikasikan dengan frame berwarna merah untuk menjadi point of interest di dalam ruangan kamar. Nah selain warna merah pilihlah cermin yang memiliki ukiran. Masih sangat jarang cermin yang memiliki ukiran dan diberikan warna merah karena biasanya menggunakan warna natural saja. Warna merah akan memberikan nuansa yang berbeda apabila diaplikasikan pada frame ukiran.Cat Kayu Besi Yang Bagus Dan Tahan Lama Warna Merah
  2. Berikanlah tempat duduk atau sofa berwarna merah di ruangan kamar. Warna merah dari sofa akan meberikan kesegaran dan memperlihatkan ruangan agar tidak tampak kaku. Warna merah pada sofa bisa dikombinasikan denganw arna merah dari tempat tidur.Cat Kayu Besi Yang Bagus Dan Tahan Lama Warna Merah
  3. Rak buku, bagi Anda yang suka dengan mengoleksi benda-benda seperti buku, action figure atau peralatan hobi lainnya dapat disimpan pada lemari yang terbuak. Lemari inilah yang bisa Anda berikan warna merah menandakan benda yang disimpan pada lemari adalah benda-benda kegeraman. Selain itu warna merah lemari yang berwarna merah akan lebih menghidupkan benda-benda yang disimpan di dalamnya.Cat Kayu Besi Yang Bagus Dan Tahan Lama Warna Merah
  4. Rak dinding, sama seperti lemari Anda bisa memberikan rak dinding warna merah. Akan tetapi rak dinding ini lebih berfungsi sebagai home decor saja. Anda bisa menyimpan hiasan pada rak dinding ini.Cat Kayu Besi Yang Bagus Dan Tahan Lama Warna Merah
  5. Lampu gantung, lampu adalah salah satu bagian terpenting yang ada pada kamar. Jika lampu yang penting ini diberikan warna merah maka akan tampil lebih sempurna dibandingkan dengan lampu yang diberikan warna netral. Lampu akan terlihat seperti menyala.Cat Kayu Besi Yang Bagus Dan Tahan Lama Warna Merah
  6. Tempat tidur adalah salah satu komponen yang paling penting di dalam kamar. Setiap kamar wajib memiliki tempat tidur, Nah untuk memperlihatkan pentingnya tempat tidur ini Anda bisa memberikan warna merah.Cat Kayu Besi Yang Bagus Dan Tahan Lama Warna Merah

Jenis Cat Kayu Besi Yang Banyak Digunakan Abad Ini

Jika Anda ingin mendapatkan warna merah lalu jenis cat apakah yang cocok untuk digunakan? Pada abad ini, cat kayu yang bagus dan tahan lama berbasis air yang sangat mendominasi penggunaan cat untuk semua jenis furniture bahkan untuk furniture di dalam kamar. Cat water based sudah menggantikan posisi cat solvent yang selama beratus-ratus tahun lamanya digunakan.

Cat water based lebih aman, itulah alasan diciptakannya cat ini untuk menggantikan cat solvent. Cat water based yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya adalah cat kayu besi Orchid. Cat ini dibuat sesuai dengan ketentuan standar regulasi luar negeri di Eropa dan Amerika yang melarnag penggunaan bahan kimia seperti timbal dan juga merkuri. Cat kayu besi Orchid dapat dicek keamanannya dari bau yang dikeluarkan. Cat kayu besi Orchid tidak mengeluarkan bau yang menyengat atua bau amonia yang biasanya ditimbulkan akibat kandungan formalin yang tinggi.

Cat Kayu Besi Yang Bagus Dan Tahan Lama Warna Merah

Cat kayu besi Orchid yang merupakan cat pada abad ini mampu bertahan melindungi furniture dari  berbagai macam gangguan seperti rayap, karat, jamur dan perubahan cuaca. Warna cat tidak mudah luntur akibat adanya perubahan cuaca bahkan untuk ruangan kamar yang lembab.

Apakah Anda tidak ingin cat pada kamar Anda aman serta tahan lama. Jika Anda ingin melakukan finishing atau refinishing furniture di rumah sendiri pun tidak akan membutuhkan banyak alat. Anda cukup menyiapkan kuas dan juga air sebagai bahan pelarutnya. Jika ingin hasil yang maksimal Anda bisa mengaplikasikannya hingga dua atau tiga kali.

Untuk hasil tampilan, cat kayu besi Orchid akan memberikan tampilan warna semi gloss. Bahkan tidak hanya warna merah saja tetapi tersedia pula 24 jenis warna lainnya yang bisa Anda beli dalam kemasan 1 kg.

Cara Menggunakan Cat Orchid Warna Merah untuk Furniture Kayu 

Cat kayu besi Orchid memberikan kelebihan dari berbagai macam sisi baik itu keamanan, proses aplikasi hingga tampilannya. Cara penggunaannya pun sangat mudah sehingga siapa saja bisa mengaplikasikan dengan cepat. 

Bagi Anda yang berencana menggunakan cat Orchid warna merah untuk furniture caranya sangat mudah. Pertama, pilih dua warna merah yang tersedia yaitu trafic red dan tile red. Warna trafic red adalah warna merah dan sangat cerah, sedangkan tile red adalah warna merah bata sehingga tampak lebih tua. 

Persiapan kedua adalah memilih jenis kuas yang digunakan. Anda hanya perlu membeli kuas yang terbuat dari bulu nilon. Kemudian pilih kuas yang berukuran sesuai permukaan furniture. Jika furniture datar dan lebar, gunakan kuas ukuran 5 inci ke atas. 

Ketiga siapkan air sebagai bahan pelarutnya dan air sebaiknya memiliki Ph standar yaitu 7. Hindari menggunakan air di bawah Ph tersebut karena biasanya bersifat asam. Jika ketiga hal ini sudah disiapkan Anda bisa langsung mengecat furniture kayu dengan Orchid sebagai berikut. 

  • Mempersiapkan furniture dengan mengamplas

Langkah pertama adalah menggunakan amplas untuk menghaluskan permukaan furniture kayu. Kecuali jika permukaan kayu sudah benar-benar halus Anda tinggal menggunakan kain lap saja. Proses pengamplasan bisa dilakukan secara manual atau dengan mesin. 

Mulailah dengan amplas aluminium oxide nomor 180, kemudian amplas hingga halus. Sebaiknya pengamplasan mengikuti alur serat kayu. Jika permukaan sudah lebih halus ganti dengan amplas nomor 220. Terakhir bersihkan debu amplas dengan kain kering atau kanebo. 

  • Melarutkan Orchid dengan air

Anda bisa melanjutkan proses aplikasi dengan melarutkan cat Orchid dengan air. Prosesnya dilakukan di wadah plastik terpisah dan gunakan pengaduk dari stainless steel supaya cat tidak terkontaminasi. 

Larutkan 1 bagian cat dengan 3 bagian air, jumlah air lebih banyak agar cat tidak terlalu kental dan mudah untuk diaplikasikan. Proses pengadukan sebaiknya dilakukan hingga merata, hindari adanya endapan cat karena membuat aplikasi tidak merata.

  • Proses penguasan cat

Saatnya menguas cat, langkah ini adalah yang paling disukai. Anda bisa mencelupkan cat ¾ bagian terlebih dahulu kemudian ketuk pada permukaan wadah. Setelah itu barulah aplikasikan cat pada permukaan furniture kayu. 

Proses penguasan harus searah dengan serat kayu agar hasilnya rapi. Jika tidak memungkinkan pilih satu arah saja misalnya vertikal atau horizontal dan ikuti arah tersebut. Kuas bisa sedikit diangkat dan jangan terlalu ditekan supaya terhindar dari efek brush mark. 

  • Pengeringan dan pengamplasan

Selesai furniture dilapisi dengan cat, selanjutnya adalah masuk ke tahapan pengeringan. Anda bisa mengeringkan furniture tanpa dijemur dan sebaiknya letakkan di dalam ruangan bersih dan kering. Pastikan tidak ada kipas menyala agar debu tak menempel pada cat yang masih basah. 

Waktu kering yang dibutuhkan adalah 60 menit, jadi setelah waktu tersebut cek apakah cat sudah benar-benar kering. Cobalah menekan cat dengan ibu jari dan jika tidak ada bekas sidik jari maka lapisannya sudah kering benar. 

Lanjutkan dengan pengamplasan ambang. Anda bisa menggunakan amplas alumunium oxide nomor 400. Bedanya cara mengamplas tidak perlu tekanan cukup diambang hanya untuk menghaluskan. Bersihkan debunya dengan kain kering. 

Satu lapisan coating seringkali sudah cukup menutup warna kayu. Tapi jika dirasa warna masih kurang tajam, Anda bisa mengulangi langkah penguasan hingga pengamplasan sampai 2 atau tiga kali. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X