Cara Mengecat Kayu dengan Pernis Water Based

Cara Mengecat Kayu dengan Pernis Water Based

Pernahkah Anda mencoba untuk melakukan finishing water based? Jika belum pernah Anda harus mencobanya karena ada banyak yang keuntungan yang akan didapatkan. Ada yang banyak salah persepsi tentang cat water based.

Banyak orang yang mengatakan bahwa cat water based adalah cat yang tidak tahan lama dan sangat mudah luntur. Namun sebenarnya tidak, perkembangan teknologi membuktikan bagaimana cat kayu water based dapat bersaing dengan cat pendahulunya yakni cat solvent based.

Hingga kini cat water based adalah jenis cat yang banyak digunakan pada sebagian besar pabrik furniture ekspor ke luar negeri seperti Amerika dan juga Eropa. Kebanyakan dari negara tersebut memang meminta produsen furniture dari Indonesia menggunakan cat water based.

Alasannya adalah keamanan lingkungan. Cat kayu water based adalah jenis cat kayu yang tidak akan memberikan masalah lingkungan. Cat ini didesain dengan baik untuk rendah kandungan racun dan juga akan melindungi lingkungan tempat ia diaplikasikan khususnya para penggunanya.

Masalah polusi udara yang meningkat karena pelepasan gas beracun yang berasal dari bahan cat cukup serius. Bahkan bisa menjadi pemicu terjadinya berbagai macam jenis kanker dalam tubuh. Inilah yang harus diwasapadai dan disadarai sejak saat ini.

Nah bagi Anda yang ingin melakukan finishing, memilih bahan cat yang terbuat dari bahan water based adalah pilihan yang bijaksana. Dalam artikel ini Anda akan mengetahui lebih dalam apa saja kelebihan jika menggunakan cat kayu water based dan bagaimana cara pernis kayu menggunakan alat semprot.

Kelebihan dari Pernis Kayu Water Based

Jika banyak orang mengatakan bahwa pernis water base hanya dapat digunakan pada furniture dalam ruangan, mudah luntur dan aplikasinya boros, hal tersebut dapat dipatahkan ketika Anda menggunakan cat water based beturut-turut secara rutin. Kelebihan yang akan didapatkan bahkan lebih jauh dbandingkan penggunaan cat solvent based.

Nah apa saja kelebihan yang akan didapatkan jika menggunakan cat water based ? Berikut ini kelebihan-kelebihannya.

  1. Kecepatan kering

Pernahkah Anda membandingkan bagaimana kecepatan kering cat water based dengan cat solvent? Faktor apa saja yang mempengaruhi kecepatan kering masing-masing jenis cat atau pernis. Cat solvent based terkenal dengan cat yang dapat kering karena faktor panas atau sinar matahari. Penjemuran wajib dilakukan ketika kayu selesai difinishing.

Jika tidak langsung terkena panas atau dilakukan dimusim hujan maka akan muncul efek putih pada lapisan cat yang dikenal dengan mengembun. Lapisan ini tidak akan bisa hilang. Berbeda dengan cat solvent yang bergantung dengan panas matahari, cat water based akan kering tanpa membutuhkan hal tersebut.

Faktor penting dalam pengeringan cat water based adalah ruangan dengan sirkulasi udara yang baik dan juga kering. Cat akan kering dengan sempurna bahkan dalam waktu yang sangat cepat.

  1. Hasil finishing

Cara Mengecat Kayu dengan Pernis Water BasedPernis kayu digunakan untuk finishing warna natural transparan. Cat solvent terkenal dengan kandungan formalin yang tinggi. Ini akan mengakibatkan efek menguning setelah lapisan cat mengering. Efek menguning ini tidak bisa hilang bahkan akan sulit dihilangkan. Sedangkan itu cat water based tidak mengandung formalin sehingga efek menguning pada finishing pun tidak akan terjadi.

  1. Tidak mengeluarkan bau

Bau dari cat yang menguap adalah sumber polusi. Seperti yang telah dikatakan di atas, cat water based tidak mengandung banyak bahan kimia bertoxic. Ini menyebabkan pada saat penguapan maka tidak banyak racun yang akan mempengaruhi tubuh menjadi keracunan bahkan timbul efek kanker.

Padahal jika menggunakan cat solvent, efek bau yang ditimbulkan seringkali menimbulkan pusing, mual bahkan sampai pada muntah.

  1. Tahan lama

Banyak yang mengatakan cat water based mudah luntur. Padahal pada kenyataannya tidak, cat water based bahkan bisa bertahan lama lebih dari lima tahun. Jika Anda membutuhkan lapisan pernis untuk furniture kayu di outdoor seperti taman bahkan pantai Anda bisa menggunakan pernis water based.

Di sini Anda bisa menggunakan pernis kayu yang mengandung bahan polyurethane. Bahan ini akan memperkuat lapisan coating sehingga lapisannya akan menguat dan juga tahan terhadap perubahan cuaca yang ekstrim atau penggunaan yang sering.

Dengan keempat kelebihan cat kayu water based di atas maka sudah dapat dipastikan cat yang ramah lingkungan ini patut digunakan di semua furniture yang Anda miliki. Salah satu produk yang diperkenalkan sebagai pernis nomor 1 di Indonesia tidak lain adalah BioColours.

Aplikasi Pernis Water Based dengan Alat Semprot

Produk pernis kayu BoColours adalah pernish yang cara aplikasinya menggunakan alat semprot. Bagi para DIY pasti menggunakan alat semprot sudah sangat familiar. Alat semprot atau ini membutuhkan kompresor dan juga spry gun untuk aplikasinya. Keduanya akan memberikan tekanan dan bukaan pada spray gun sehingga cat akan teraplikasikan pada permukaan kayu sesuai dengan yang diinginkan.

Hasil finishing yang diberikan adalah warna kayu natural transparan dengan pori kayu tertutup. Keempat tahapan ini perlu dilakukan berurutan untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Jika Anda ingin menggunakan cat BioColours sebaiknya gunakan empat produk secara bertahap. Cara mengecat kayu dengan pernis BioColours bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Cara Mengecat Kayu dengan Pernis Water BasedBersihkan permukaan kayu terlebih dahulu. Permukaan kayu yang bersih dan juga rata akan membuat hasil finishing yang sempurna. Kayu juga harus kering dengan kelembaban standar.
  2. Lakukan penutupan pada pori kayu dengan BioColours wood filler. Proses aplikasinya mudah cukup mengaplikasikannya pada permukaan kayu dengan pisau palet secara merata. Setelah itu tunggu kering dan amplas hingga warna dan serat kayu terlihat.
  3. Jika lapisan dasar sudah kuat tambahkan lapisan dasar kedua yakni BioColours sanding sealer. Campurkan sanding sealer dengan air dahulu danaduk rata dalam suatu wadah. Masukan ke dalam tabung dan semprotkan merata. Tunggu kering kemudian amplas dengan amplas 400.
  4. Lapisan ketiga adalah lapisan cat warna, lapisan ini akan memberikan warna sesuai dengan yang diinginkan. Campurkan wood stain dengan air kemudian aduk rata dan semprotkan secara merata keseluruh permukaan kayu. Jika sudah kering amplas ambang kembali dengan amplas 400. Khusus pada lapisan ini apabila Anda merasa kurang cerah warnanya lakukan pengaplikasian kembali.
  5. Lapisan akhir adalah BioColours top coat. Ada dua tampilan yang bisa Anda pilih pertama adalah lapisan gloss dan kedua adalah matte. Pemilihan ini tergantung dengan hasil yang diinginkan. Campurkan top coat dengan air dahulu dan aduk rata. Semprotkan keseluruh permukaan kayu hingga rata. Pada lapisan akhir ini Anda perlu menunggu semalam atau 24 jam hingga lapisan benar-benar kering sempurna.

Nah bagaimana cara aplikasi cat kayu BioColours series ini sangat mudah bukan? Siapa saja bahkan yang bukan profesional dapat mengaplikasikannya dengan mudah. Semakin mudah dan semakin cepat kering maka proses aplikasi tidak membutuhkan waktu berhari-hari seperti halnya cat solvent.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X