bahaya cat

Apa itu Cat Kayu Non Toxic? Bagaimana Cara Memilihnya

Banyak yang mengatakan bahwa cat itu berbahaya itu hanyalah mitos. Menghirup bau cat akan membuat kematian itu juga mitos. Lalu manakah yang merupakan fakta? Tanpa penelitian yang tepat jangan berkata itu mitos karena banyak penelitian bahwa di dalam cat terkandungan bahan yang berbahaya.

Seberapa berbahayanya bahan tersebut untuk kesehatan manusia. Bahaya yang ditimbulkan bukan kematian seketika. Melainkan bahaya yang diserap oleh tubuh dan menggerogoti sel tubuh untuk menjadi rapuh.

Baca juga : Jangan Abaikan Keamanan saat Finishing Kayu, Bahayanya sangat Besar

Anda tidak akan langsung meninggal karena sekali menghirup udara yang sudah tercemar oleh cat. Namun menghirupnya terus menerus membuat pernapasan menyerap bahan organik yang terkandung di udara.

Tentu saja ada akibatnya, Anda akan merasakan pusing, mudah lelah, batuk hingga memiliki imun tubuh yang rendah. Setiap satu atau dua bulan sekali Anda mudah terserang virus flu. Inilah yang akan Anda rasakan ketika rutin menghirup cat yang berada di udara.

Sudah saatnya manusia menyadari bahwa penggunaan cat kayu non toxic sangat penting. Cat kayu tanpa disadari selalu berada di seluruh rumah dan bangunan. Semua cat akan menguap dan mengering.

Uap yang dikeluarkan mengandung toxic tinggi yang akhirnya dihirup oleh tubuh. Inilah yang harus diwaspadai sehingga sangat penting menggunakan cat kayu non toxic.

Baca juga : Bebas VOC, Ini Dia Sanding Sealer Non Toxic yang Banyak Dicari

Bahaya Kandungan Lead dan Formalin

Kandungan apa saja yang membuat cat berbahaya dan bagaimana cara untuk menghindarinya? Cara utama yang wajib dilakukan adalah tidak menggunakan cat dengan kandungan toxic.

Banyak sekali kandungan toxic dalam cat yang sangat berbahaya. Kandungan yang cukup tinggi dan selalu digunakan adalah lead serta formalin. Lead adalah timbal yang digunakan dalam cat dan berfungsi sebagai pigmen.

Baca Juga:  Manufaktur Cat Duco Aman BioColours

Timbal ini berwarna hitam, sebenarnya timbal tidak hanya berasal dari cat. Jika Anda menghirup karbon yang dikeluarkan kendaraan maka terdapat banyak timbal di sana. Timbal dikeluarkan oleh cat pada saat pengeringan.

Ketika timbal masuk kedalam tubuh melalui pernapasan dapat menyerang semua sistem. Kandungan timbal yang terlalu tinggi di dalam tubuh bisa menyebabkan kejang, koma, hingga kematian.

Jika kadar timbal yang ada dalam tubuh Anda masih rendah bisa mempengaruhi otak sehingga sistem saraf pusat. Serangan timbal juga akan tertuju pada sel darah dan ginjal.

Baca juga : Menggunakan Cat Kayu Aman Bebas VOC

Ketika seorang anak kecil menyerap timbal maka efek yang diberikan akan lebih parah. Timbal akan mengganggu pertumbuhan fisik anak dan mempengaruhi mental. Tingkat IQ yang dimiliki anak akan menurun dan perilaku mulai berubah.

Janin, bayi, dan anak-anak lebih rentan terkena timbal daripada orang dewasa karena timah lebih mudah diserap oleh tubuh.Anak-anak mungkin memiliki paparan yang lebih tinggi karena mereka lebih mungkin terkena debu timbal di tangan mereka dan kemudian jari-jari mereka atau benda-benda yang terkontaminasi timbal lainnya ke dalam mulut mereka.

Biasanya anak yang memiliki mainan yang menggunakan cat memiliki kandungan timbal akan merasakan ini. Selanjutnya adalah kandungan formalin dalam cat. Formalin berfungsi sebagai hardener dalam cat

Apa itu Cat Kayu Non Toxic? Bagaimana Cara Memilihnya

Bahaya formalin adalah ketika berwujud gas pada saat pengeringan cat. Gas yang dilepaskan dari formalin yang menguap disebut dengan formaldehyde.

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan A.S. (US Environmental Protection Agency), kadar formaldehid udara terbanyak telah terdeteksi di udara dalam ruangan, di mana ia dilepaskan dari berbagai barang konsumen seperti produk pembersih, bahan bangunan, dan perabotan

Menghirup udara yang terkontaminasi formaldehyde dapat menyebabkan masalah pernapasan seperti batuk, bronkitis, nyeri dada dan mengi. Paparan formaldehid akut melalui inhalasi menyebabkan iritasi pada mata, tenggorokan dan rongga hidung.

Baca Juga:  Supplier cat kayu kuas BioVarnish Cocok Untuk Furniture Ukiran

Paparan formaldehid yang berkepanjangan atau kronis melalui inhalasi juga dapat menyebabkan sesak napas dan lesi di paru-paru, yang berpotensi menyebabkan kerusakan paru-paru yang tidak dapat diperbaiki.

Bayangkan saja ketika Anda ternyata menyimpan furniture yang mengandung kedua bahan ini. Betapa bahaya yang telah Anda hirup selama ini akan mempengaruhi kesehatan dan keluarga di masa depan.

Proses pengeringan cat yang menguap ke seluruh permukaan udara bisa berjalan dengan sangat lama,. Waktu tersebut bisa mencapai beberapa bulan hingga tahunan. Sangat penting untuk menyadari bahwa penggunaan cat non toxic harus dilakukan memulai sekarang.

Baca juga : Cat Kayu Besi Non Toxic Untuk Rumah Gadang

Cara Memilih Cat Kayu Non Toxic

Apabila Anda ingin menghindari kebiasaan buruk menggunakan cat kayu yang mengandung lead dan formalin maka hentikan penggunaannya sekarang juga. Anda yang takut akan efek di masa depan sebaiknya mulai beralih menggunakan cat yang lain.

Tidak sulit menemukan cat non toxic yang tidak berbahaya ketika digunakan. Cap ramah lingkungan mungkin dengan mudah diberikan, namun belum tentu isi di dalamnya adalah bahan yang ramah lingkungan.

Sebagai panduan, berikut ini ciri dari cat kayu non toxic yang bisa Anda gunakan untuk proses finishing furniture kayu di rumah.

  • Tidak berbau

Aroma adalah salah satu bagian yang sangat penting untuk dicermati. Ketika Anda membuka kaleng cat apa yang Anda cium? Apakah muncul bau yang sangat keras hingga menusuk hidung dan membuat mata perih? Itulah jenis cat yang mengandung banyak formalin.

Apa itu Cat Kayu Non Toxic? Bagaimana Cara Memilihnya

Sebaiknya pilih cat yang tidak menimbulkan bau. Cat yang tidak menimbulkan bau menandakan cat tersebut berkadar toxic rendah atau justru tidak sama sekali.

  • Warna menguning pada furniture
Baca Juga:  8 Langkah Persiapan Mengecat Tembok

Jika Anda menggunakan pernis atau pelitur pada furniture lama maka perhatikan tampilannya sekarang. Apakah pada lapisan bening cat di bagian atas sendiri muncul efek warna menguning?

Lapisan cat bisa saja kotor, namun warna ini tidak bisa Anda hilangkan dengan mudah. Cat ini mengandung banyak formalin yang sangat tinggi. Akibatnya efek warna kuning akan muncul pada lapisan cat yang transparan.

  • Bahan dasar air

Sebagian besar cat kayu dan jenis cat lainnya akan terbuat dari minyak atau bahan solvent lainnya. Menggunakan bahan thinner sebagai pelarut adalah ciri dari cat solvent dan minyak. Inilah yang harus Anda hindari yaitu cat berbahan minyak atau solvent.

Anda perlu beralih menggunakan cat berbahan dasar air. Cat dengan bahan dasar air ini lebih aman karena kandungan toxic yang dibatasi. Anda akan sangat aman ketika menggunakannya.

  • Bertanda khusus

Cat yang rendah toxic memiliki tanda khusus yang menyatakan bahwa cat tersebut aman. tanda ini bisa Anda lihat dalam kemasan. Perhatikan apakah cat terbuat dari air dan rendah VOC. VOC adalah bahan cat yang merupakan toxic.

Jika kadar VOC rendah misalnya di bawah 110 gram per liternya maka cat tersebut dapat dikatakan aman. Anda bahkan bisa mendapatkan cat dengan kandungan voc lebih rendah lagi.

  • Mengikuti regulasi tertentu

Membuktikan bahwa cat tersebut adalah cat aman dan ramah lingkungan biasanya akan pada regulasi tertentu yang diikuti. Misalnya saja regulasi US EPA (US Environmental Protection Agency) yang tadi telah disebutkan.

Mengikuti regulasi tersebut artinya kandungan voc selalu diperbaharui mengikuti regulasi yang dikeluarkan. Setiap tahun regulasi selalu diubah mengenai berapa jumlah kandungan toxic yang digunakan. Tentu saja setiap tahun kandungan toxic selalu diturunkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X