Fungsi Sanding Sealer Pada Material MDF

Fungsi Sanding Sealer Pada Material MDF

Sanding sealer, yang juga disebut sealer lapis pertama oleh beberapa produsen, direkomendasikan saat melakukan finishing furnitur. Meskipun menggunakan sanding sealer adalah langkah yang baik untuk diambil tanpa memperhatikan jenis wood stain yang Anda gunakan, itu terutama diperlukan saat menggunakan cat berbasis air.

Aplikasikan sanding sealer setelah Anda memutihkan perabotan Anda, tetapi sebelum Anda menerapkan wood stain. Sanding sealer memberikan lapisan penting untuk menjaga permukaan kayu dan wood stain dari naiknya minyak kayu ke dalam topcoat berbasis air.

Secara estetis, menggunakan sanding sealer juga membantu mengisi lubang-lubang kecil dan pori-pori yang ada di kayu keras, seperti pohon oak, abu, mahoni dan jati, dan membantu Anda mencapai permukaan yang halus dan rata, yang terutama penting pada permukaan meja seperti meja rias.

Namun kali ini, kami tidak akan membicarakan masalah sanding sealer yang diaplikasikan pada kayu keras atau kayu solid. Kali ini material yang akan digunakan adalah MDF (Medium Density Board). Material MDF akhir-akhir ini lebih banyak dipilih untuk digunakan karena harganya yang murah.

MAD adalah turunan dari hasil kayu buatan selain plywood, Anda dengan sangat mudah menemukan MDF di toko bahan bangunan atau toko khusus yang menyediakan material kayu buatan. Tidak sedikit furnitur yang dibuat menggunakan material ini.

Mengenai ketahanan, sama seperti kayu buatan lainnya MDF juga tidak tahan digunakan pada ruangan luar atau eksterior. Secara logika semua  jenis kayu buatan memanfaatkan serbuk kayu dalam varian ukuran kemudian menyatukannya menggunakan bahn perekat. Selain serbuk kayu veneer yang merupakan lapisan tipis dari kayu digunakan pada bagian luar untuk menunjukan serat kayu sekaligus mengunci serbuk kayu yang direkatkan.

Baca Juga:  7 Pilihan Warna Terbaik Cat Besi Anti Karat Orchid

Nah pada bagian veneer inilah Anda akan menerapkan berbagai macam jenis cat baik itu warna natural atau warna solid. Jika Anda memilih finishing dengan warna solid maka akan lebih mudah pengaplikasiannya bahkan hanya dengan cat kayu water based enamel yang diaplikasikan dengan kuas Anda akan mendapatkannya dengan sempurna.

Namun bagaimana dengan finishing yang menuntut hasil natural? Ada perlakuan berbeda di sini. Berbeda dengan kayu solid dimana Anda akan memperlihatkan serat kayu yang menarik dari lingkaran tahun yang dimilikinya. Pada permukaan MDF tidak ada lingkaran tersebut. Anda hanya memiliki permukaan veneer saja.

Apa yang menarik dari lapisan veneer adalah bentuk serat yang berbeda sekaligus beberapa jenis MDF memiliki tekstur yang berbeda. Selain warna natural Anda bisa meningkatkan warna transparan dengan tekstur yang dimiliki. Anda cukup melapisinya dengan sanding sealer dan top coat saja.

Memilih Sanding Sealer untuk MDF

Memilih produk sanding sealer yang cocok diaplikasikan pada material MDF adalah hal lain. Anda perlu memilih cat yang tidak akan memberikan banyak perubahan seperti melengkung atau kerusakan lainnya setelah lapisan cat mengering.

Lapisan bahan perekat di bawah veneer dapat memberikan banyak pengaruh kerusakan yang terjadi. Tentu Anda tidak ingin kegagalan muncul dalam proyek finishing MDF pertama Anda. Jika Anda memiliki banyak waktu luang melakukan percobaan pada berbagai macam jenis cat bisa dilakukan. Namun jika tidak Anda bisa mencoba produk BioColours sanding sealer beserta dengan top coat nya.

Produk BioColours sangat cocok digunakan pada lapisan veneer MDF. Tidak akan ada efek besar terhadap lapisan bahan perekat di bawahnya. Hanya saja Anda memerlukan teknik aplikasi yang tepat yaitu menggunakan alat semprot.

Baca Juga:  Review 9 Merek Terbaik Cat Plitur dan Cat Duco di Indonesia

Jika Anda tidak memiliki alat semprot disarankan untuk menyewa. Saat ini banyak tempat persewaan alat semprot yang memberikan harga sangat murah. Melakukan penyemprotan juga bisa menjadi pengalaman yang menarik dan membuat Anda ketagihan.

Sesuai dengan fungsinya untuk mengisi pori, di sini sanding sealer akan memberikan permukaan dasar cat yang kuat. Karena permukaan veneer tidak perpori seperti kayu solid, dengan pengamplasan yang tepat sanding sealer akan memiliki cengkraman kuat pada permukaan MDF. Sanding sealer juga akan memberikan permukaan dengan warna natural transparan yang tahan lama.Fungsi Sanding Sealer Pada Material MDF

Ketahanan warna transparan dari BioColours sanding sealer bahkan mengalahkan produk sanding sealer solvent dan water based lain yang masih memiliki kandungan formalin tinggi. Kandungan formalin yang cukup besar akan mengakibatkan efek warna berubah menjadi kuning. Walaupun Anda telah melakukan aplikasi yang benar, formulasi yang salah dari pabrik akan memperburuk hasil finishing Anda.

Proses aplikasi yang tidak membutuhkan wakt lama adalah salah satu keunggulan yang akan Anda dapatkan. Tidak perlu bingung untuk mendapatkan hasilnya karena jika Anda hanya dapat mengecat di akhir pekan, keesokan harinya Anda sudah dapat menggunakan furnitur tersebut. Tidak membutuhkan waktu berhari-hari agar lapisan cat mengering.

Langkah-Langkah Finishing MDF dengan BioColours Sanding Sealer

Lebih lengkap mengenai cara aplikasi ini Anda perlu mempersiapkan permukaan dengan pengamplasan. Karena MDF menggunakan lapisan lem yang keras pastikan pada tahapan pengamplasan Anda menggunakan masker atau respirator. Pengamplasan bertujuan menciptakan goresan pada permukaan MDF agar sanding sealer lebih mudah merekat di permukaan.

Jika furnitur MDF Anda luas Anda bisa menggunakan hand sander listrik untuk mepercepat permukaan. Setelah permukaan material siap maka Anda bisa langsung melakukan finishing. Dua produk yang perlu disiapkan adalah BioColours sanding sealer dan BioColours Top coat matte.

Baca Juga:  Memilih Pewarna Transparan Kayu Pinus dan Teknik Aplikasinya

Pertama campurkan BioColours sanding sealer dengan air. Anda bisa mencampurkan kedua bahan di dalam wadah plastik transparan seperti gelas. Perbandingan campuran dengan air adalah 2 bahan dan 1 air. Jika Anda kesulitan menakar gunakan sendok plastik. Aduk larutan hingga merata jangan sampai terdapat cat yang masih mengendap.

Tuangkan larutan ke dalam tabung spray gun dan coba untuk menyemrptokan ke udara  apakah larutan keluar dengan sempurna. Jika Anda ingin hasil yang maksimal dan sekali jadi, lakukan percobaan pada permukaan MDF yang tidak terpakai. Atur tekanan dan besarnya lubang bukaan spray gun. Pastikan Anda mendapatkan feeling yang tepat.

Fungsi Sanding Sealer Pada Material MDFSemprotkan seluruh larutan sanding sealer ke permukaan MDF. Anda bisa menggunakan teknik cross yaitu aplikasikan ke arah vertikal secara menyeluruh kemudian aplikasikan horizontal untuk mendapatkan permukaan yang rata.

Tunggu lapisan kering selama 60 menit kemudian lanjutkan dengan pengamplasan dengan amplas 400. Pengamplasan dilakukan dengan tangan secara ambang untuk membentuk goresan agar lapisan top coat dapat merekat dengan baik.

Selanjutnya Anda bisa mencampurkan BioColours top coat dengan air kemudian aduk rata. Gunakan perbandingan yang sama kemudian teknik penyemprotan yang dilakukan juga sama. Bedanya Anda tidak perlu melakukan pengamplasan kembali. Pada lapisan akhir ini Anda bisa mendiamkan MDF selama semalaman atau 24 jam agar kering sempurna.

Dalam waktu semalam permukaan lapisan akan mengering dengan sempurna. Anda akan mendapatkan lapisan cat transparan atau bening yang akan melindungi MDF dalam waktu lama.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X