Apakah Cat Finishing Kayu Terbaik untuk Kabinet Dapur? Inilah Cat yang Tepat

Apakah Cat Finishing Kayu Terbaik untuk Kabinet Dapur? Inilah Cat yang Tepat

Dapur wajib memiliki kabinet yang berfungsi untuk menyimpan peralatan makan dan masak. Tanpa adanya kabinet maka semua barang yang ada di dapur tidak tertata rapi. Tidak terlindung dari tempat tertutup akan membuat semua peralatan dapur berdebu bahkan rusak.

Tempat penyimpanan yang tertutup dan terlihat rapi dapat diperlihatkan oleh pemilihan bahan finishing kabinet yang tepat. Memilih cat untuk kabinet dapur adalah salah satu tugas berat yang harus dilakukan pemilik rumah.

Ingin memiliki dapur yang terang atau gelap juga ditentukan dari pemilihan warna cat. Memilih warna yang tepat adalah langkah yang penting untuk membuat dapur yang sempurna.

Banyak sekali pilihan warna yang disediakan oleh produsen cat di Indonesia. Memudahkah Anda untuk memilih, berikut ini beberapa pilihan hasil finishing menggunakan cat kayu.

  • Cat kayu solid
Apakah Cat Finishing Kayu Terbaik untuk Kabinet Dapur? Inilah Cat yang Tepat

Mengecat kabinet dapur menggunakan cat kayu solid memberikan pilihan warna yang sangat luas untuk mendapatkan aksen pada dapur Anda. Mengecat kabinet dari kayu seperti jati belanda, mahoni, pinus dengan cat kayu warna solid akan menutup warna aslinya.

Cat ini akan menghasilkan finishing yang halus dengan penampilan bersih. Beberapa pemilik rumah memilih cat ini dengan warna yang terang atau warna kontras dengan dinding yang akan menciptakan aksen ruangan.

  • Staining

Staining artinya memunculkan warna natural dan serat dari kayu. Aplikasi stain sangat mudah bisa dengan alat semprot, menyeka atau dengan kuas. Perlu Anda perhatikan ketika  menggunakan finishing staining yaitu apakah warna natural akan membangkitkan karakteristik dari kayu.

Menggunakan stain Anda harus memperhatikan menarik atau tidaknya serat dari kayu. Serat yang menarik adalah serat lurus yang berpadu, adanya mata kayu di beberapa titik bisa menimbulkan kesan artistik.

  • Finishing dengan Pernis

Jika staining Anda memberikan pigmen pada kayu maka pernis akan menghasilkan warna transparan. Apabila kayu Anda sudah memiliki warna yang menarik maka finishing dengan vernis adalah cara yang sangat singkat.

Baca Juga:  Tempat Jual Plitur Kayu Biovarnish Pilihan
Apakah Cat Finishing Kayu Terbaik untuk Kabinet Dapur? Inilah Cat yang Tepat

Pada aplikasi pernis perlu diingat adalah cat dasar kayu memiliki peranan yang sangat penting. Cat dasar kayu yang digunakan tidak lain adalah sanding sealer. Fungsinya untuk menutup pori kayu sehingga tidak ada minyak kayu yang naik.

  • Finishing antik

Tampilan antik juga bisa diterapkan pada kabinet dapur. Jika Anda memilih untuk memberikan finishing antik maka perlu diperhatikan perpaduan gaya yang digunakan dalam dapur.

Finishing antik membutuhkan proses yang cukup sulit yaitu dimulai dengan rustik. Menimbulkan tekstur kerusakan pada kabinet dapur akan membantu menimbulkan kesan anti. Lalu penggunaan glaze yang akan mengisi bagian rusak pada kabinet dan memberikan hasil yang dalam.

Berdasarkan hasil finishing kabinet tersebut, manakah jenis finishing yang akan Anda pilih? Pilihlah berdasarkan kebutuhan kabinet dapur serta gaya pada dapur rumah Anda.

Tips Ketika Memilih Warna Cat untuk Kabinet Dapur

Kabinet yang dicat, tidak di finishing atau melapisi dengan pernis saja bekerja dengan baik. Apapun jenis material yang digunakan berasal dari serat alam sangat mudah untuk di finishing.

Khusus untuk kabinet dapur, Anda perlu mempertimbangkan beberapa aspek untuk memilih cat yang tepat. Cat yang dipilih haruslah cat kayu yang bagus dan tahan lama. Mampu menahan segala kerusakan yang biasanya menyerang pada furniture dapur.

Anda bisa menggunakan cat untuk outdoor yang memiliki perlindungan dari panas, kelembaban, dan perubahan suhu lainnya. Tidak lupa juga ketahanan terhadap goresan karena kabinet akan sering digunakan.

Konsep keamanan juga harus dimiliki oleh cat. Jika dilihat dari keamanannya maka jenis cat yang dapat Anda gunakan adalah cat water based. Cat ini mengandung toxic yang rendah dan sangat dibatasi. Penggunaannya tidak akan menimbulkan gas beracun di udara.

Baca Juga:  Finishing Kusen Dengan Produk Merk Cat Kayu Water Based Biovarnish

Bagi Anda yang ingin menggunakan cat perhatikan beberapa aspek tersebut. Selanjutnya adalah bagaimana Anda memilih warna cat. warna sangat berpengaruh dengan gaya jadi sangat sampai salah pilih.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda gunakan ketika memilih warna cat untuk finishing kabinet dapur di rumah.

  • Perhatikan gaya kabinet

Anda bisa memutuskan warna apakah yang cocok dengan menyesuaikan desain pada kabinet. Jika Anda memiliki dapur tradisional maka warna klasik seperti krem akan terlihat sangat indah. Warna ini akan memperlihatkan kesan terang dan gradasi dengan dinding putih.

Jika Anda memiliki dapur modern maka Anda bisa menciptakan dapur yang kontras. Pilih warna terang seperti merah, hijau dan kuning yang bekerja baik dalam dapur modern.

  • Perhatikan ukuran

Apakah Anda memiliki dapur yang berukuran besar atau kecil? Apakah ukurannya cukup untuk dapur Anda? Pertanyaan ini sangat penting untuk menentukan warna apakah yang akan dipilih. Dapur yang kecil akan diuntungkan dengan warna cat yang lebih terang.

Kabinet dapur yang berukuran besar akan bekerja dengan baik dengan warna hitam.

  • Ciptakan warna kontras

Menggunakan warna kontras akan memberikan keuntungan dan bekerja dengan baik antara warna kabinet. Kontras artinya Anda bisa memasangkan warna kabinet hitam dengan desain dapur lainnya berwarna putih.

Warna abu-abu dan coklat pada kabinet juga akan memperlihatkan tampilan yang menakjubkan. Desain warna terang pada dapur diperlukan sebagai tampilan dasar kontras.

  • Lebih dari dua warna

Ingin berani dan dapur yang menyenangkan? Dua warna pada satu kabinet dapur bisa memberikan warna yang berani. Pilihlah satu warna yang berani dan kombinasikan dengan warna netral.

Apakah Cat Finishing Kayu Terbaik untuk Kabinet Dapur? Inilah Cat yang Tepat
Finishing dua warna pada kabinet dapur

Anda bahkan bisa memadukan antara warna kayu natural dengan warna kayu solid. Dengan begitu dapur akan berkesan lebih menarik dan berbeda. Banyak orang yang menganggapnya tidak membosankan.

Baca Juga:  Plitur Kayu Serbaguna dalam Segala Kebutuhan Finishing

Pilihan Merk Cat Warna Solid dan Natural untuk Kabinet Dapur

Berbicara soal merk cat di Indonesia terdapat puluhan merk cat yang menawarkan berbagai keuntungan. Kabinet dapur memutihkan cat kayu yang bagus dan mengkilap serta aman. Tingkat kilap yang tinggi seperti gloss akan menyembunyikan kerusakan akibat goresan pada bagian atas kabinet.

Apakah Cat Finishing Kayu Terbaik untuk Kabinet Dapur? Inilah Cat yang Tepat
Produk BioColours natural color

Nah jika Anda ingin mendapatkan cat dengan pilihan warna solid dan natural maka gunakanlah produk merk BioColours. Sebagai cat kayu water based, cat ini sangat aman digunakan pada area yang berdekatan dengan makanan.

Berikut ini penjelasan produk BioColours yang bisa Anda dapatkan.

  • BioColours Solid Colour

Produk pertama adalah yang akan menghasilkan warna solid pada kabinet. Terdapat empat produk yang digunakan yaitu BioColours wood putty yang merupakan dempul kayu berfungsi memperbaiki cacat pada kabinet.

Kedua adalah BioColours primer coat, fungsinya adalah untuk menutup warna kayu sehingga menajamkan warna solid diatasnya. Anda bisa melapisi dengan primer hingga dua kali lapisan.

Ketiga adalah BioColours Bioduco, produk inilah yang memberikan warna solid. Anda bisa memilih 24 pilihan warna solid dan juga metalik yang tersedia. Sama seperti primer Anda bisa memberikan lebih dari satu lapisan.

Keempat adalah BioColours top coat, hasil warnanya transparan dengan tingkat kilap berbeda. Anda bisa mendapatkan finishing gloss atau matte.

  • BioColours Natural Color

Hasil finishingnya adalah warna natural, produk pertama yang digunakan adalah BioColours wood filler yang akan memperbaiki cacat kayu. Kedua adalah BioColours sanding sealer, merupakan cat dasar kayu yang akan menutup pori kayu dengan sempurna.

BioColours wood stain yang akan memberikan warna natural pada kabinet dapur. Anda bisa melapisinya lebih dari satu lapisan hingga mendapat warna yang sesuai. Keempat adalah BioColours top coat yang memberikan tampilan gloss atau matte.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X