meja antik

Kreasi Meja Tamu Unik dengan Bioduco Chalk Paint

Masih bingung memilih jenis finishing yang menarik apakah harus diaplikasikan pada meja tamu di depan? Jika saat ini Anda masih bingung cobalah untuk menggunakan cat Bioduco chalk paint yang proses aplikasinya sangat mudah. Walaupun cara mengaplikasikan cat mudah namun tidak membatasi hasil kreasinya. 

Chalk paint adalah jenis cat water based yang bisa memberikan lebih banyak rekreasi dibandingkan dengan pernis. Anda mungkin sudah bosan dengan warna natural, maka saatnya untuk mengkreasikan gaya dengan lebih berani lagi. 

Anda bisa mendapatkan meja tamu dengan gaya vintage atau shabby chic dengan Bioduco chalk paint. Bahkan Anda bisa mendapatkan tampilan minimalis hingga futuristik. Warna-warna yang dihadirkan oleh chalk paint ini ada 20 varian. Anda bisa memilih manakah warna yang sesuai untuk digunakan. 

Sedangkan teknik aplikasinya hanya dengan kuas, dan jika Anda ingin mendapatkan hasil berbeda hanya memainkan amplas saja. Apa saja kreasi menarik yang bisa Anda aplikasikan hanya dengan Bioduco chalk paint? Berikut ini ulasannya. 

Macam-Macam Tampilan Meja Tamu yang Menarik

Meja tamu adalah salah satu furniture yang harus diolah menjadi lebih menarik. Ketika Anda ingin memperlihatkan kepada tamu bagaimana desain ruang tamu yang menarik, meja akan menjadi perhatian yang utama. Meja tamu yang terbuat dari material kayu paling fleksibel karena berbagai macam hasil finishing bisa didapatkan. 

Memanfaatkan Bioduco chalk paint untuk finishing meja tamu adalah langkah yang tepat. Setidaknya ada lima jenis finishing menarik yang bisa diterapkan. Masing-masing finishing mudah dan memiliki ciri khas menarik untuk hasilnya. Seperti apa finishingnya? 

Meja Tamu dengan Chalk Paint dan Top Coat

Jenis finishing yang pertama ini adalah yang paling mudah. Meja tamu akan mendapatkan hasil warna yang penuh dan permukaan rata dan rapi. Hasil finishing ini bisa didapatkan hanya dalam beberapa langkah. 

Pertama rapikan permukaan meja tamu, bersihkan dari semua kotoran yang menempel. Amplas permukaan meja dengan kertas amplas nomor 220. Lakukan hingga permukaannya menjadi lebih halus. Bersihkan debu amplas kemudian ikuti langkah pengecatan berikut ini. 

  1. Campurkan Bioduco chalk paint dengan warna pilihan bersama air. Gunakan perbandingan 2:1, aduk hingga merata.
  2. Kuaskan chalk paint dengan ringan untuk mendapatkan hasil yang halus. Pastikan tidak ada efek brush mark. Kemudian diamkan hingga mengering. 
  3. Lanjutkan dengan pengamplasan ambang, gunakan amplas 400. Ulangi aplikasi jika warna belum menutup warna kayu dan seratnya. 
  4. Terakhir aplikasikan Bioduco top coat matte yang sudah dicampur dengan air perbandingan sama. Diamkan meja tamu selama semalaman hingga kering benar. 

Meja Tamu Menggunakan Chalk Paint dan Beeswax

Saatnya mencoba hasil finishing yang berbeda. DIsini Anda tidak menggunakan top coat sebagai lapisan terakhir namun bahan poles. Menggunakan bahan poles artinya permukaan kayu akan memiliki warna yang sedikit mengkilap. Proses aplikasi poles harus diulang untuk memberikan perlindungan rutin. 

Ikuti langkah-langkah aplikasinya berikut ini. 

  1. Campurkan Bioduco chalk paint dengan air perbandingan 2: 1. Aduk merata dan kuaskan cat ke seluruh permukaan kayu hingga menjadi lebih merata. 
  2. Diamkan selama 60 menit, setelah kering lanjutkan dengan pengamplasan. Gunakan amplas nomor 320, lakukan pengamplasan merata dan bersihkan debunya. 
  3. Setelah itu aplikasikan Biopolish Beeswax dengan kain. Oleskan tipis saja kemudian gosok ke seluruh permukaan meja tamu. 
  4. Pemolesan bisa diulangi setiap tiga minggu sekali untuk mempertahankan warna dan perlindungannya. 

Meja Tamu dengan Tampilan Antik

Kreasi ketiga adalah memberikan tampilan antik pada meja tamu. Tidak hanya warna natural saja yang bisa diberikan tampilan antik namun juga warna solid. Proses aplikasinya termasuk mudah dan Anda perlu menggunakan bahan tambahan yaitu Biovarnish Glaze warna brown atau black. Pemilihan warna glaze tergantung dengan warna chalk paint yang digunakan. 

Proses aplikasinya masih dengan kuas dan Anda harus mempersiapkan meja kayu terlebih dahulu. Permukaan meja harus tetap halus dan di amplas dengan kertas amplas 220. Jangan lupa bersihkan debu amplas setelah proses pengamplasan selesai. 

Setelah itu ikuti beberapa langkah finishingnya berikut ini. 

  1. Campurkan Bioduco chalk paint dengan air perbandingan 2: 1. Gunakan cat dengan dikuas seperti cara finishing biasan. Anda bisa menimbulkan efek brush mark atau finishing halus. 
  2. Diamkan chalk paint hingga mengering, kemudian amplas dengan amplas 320. Bersihkan debunya.
  3. Campurkan Bioduco top coat matte dengan air perbandingan 2:1 air kemudian aduk merata. Kuaskan dengan arah yang sama dengan chalk paint. Biarkan kering dan amplas ambang. 
  4. Encerkan Biovarnish Glaze dengan air kemudian aplikasikan dengan cara diusap. Anda bisa menggunakan kain katun untuk proses aplikasinya. Setelah itu tunggu kering 10 menit. 
  5. Aplikasikan kembali Bioduco top coat matte baru meja kayu dibiarkan mengering selama semalaman. 

Meja Tamu dengan Tampilan Usang Menggunakan Teknik Distressing

Meja tamu bisa terlihat lebih usang dengan teknik distressing. Tidak seperti namanya yang mungkin sulit disebutkan, prosesnya sangat mudah. Anda hanya membutuhkan amplas 180 dan juga amplas 320 untuk menciptakannya. Persiapkan permukaan meja tamu yang halus dengan di amplas sebelumnya. 

Ikuti beberapa langkah aplikasinya berikut ini. 

  1. Encerkan Bioduco chalk paint dengan air perbandingan 2:1. Aduk merata dan kuaskan ke seluruh permukaan kayu. Anda bisa menciptakan efek brush mark karena ketidaksempurnaan justru membuat tampilan lebih estetis. 
  2. Diamkan meja tamu mengering selama 60 menit kemudian gunakan amplas 180 untuk mengamplas bagian siku dan yang menonjol dari meja. Bersihkan debu amplas. 
  3. Amplas kembali secara merata dengan amplas 320. Bersihkan debu amplas.
  4. Terakhir aplikasikan Bioduco top coat matte dengan kuas. Diamkan meja tamu mengering selama 24 jam. 

Meja Tamu dengan Tampilan Rustic

Kreasi yang terakhir dan perlu persiapan lebih pada aplikasinya adalah tampilan rustic. Sesuai dengan namanya Anda akan menciptakan kesan tua dan rusak pada permukaan meja tamu. Caranya adalah dengan menggunakan sikat kawat dan palu. Sikat permukaan meja searah dengan serat kayu. 

Kemudian pukul ringan bagian siku meja hingga menjadi tumpul secara acak. Bersihkan debu dan kotoran kayu yang mengelupas. Amplas permukaannya dengan amplas 220. Setelah ikuti langkah-langkah aplikasi chalk paint berikut ini. 

  1. Campurkan Bioduco chalk paint dengan air perbandingan 2:1. Kuaskan cat ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Pastikan masuk ke bagian cekungan yang telah dirusak. 
  2. Diamkan hingga kering kemudian amplas permukaannya dengan amplas 320. Bersihkan debu amplas. 
  3. Encerkan Biovarnish Glaze dengan sedikit air. Usapkan glaze dengan kain searah dengan serat kayu. Biarkan sedikit mengering selama 10 menit. 
  4. Aplikasikan Biovarnish top coat matte yang telah diencerkan dengan sedikit air. Kuaskan ke seluruh meja tamu dan biarkan mengering selama semalaman. 

Pada teknik yang lebih sulit, Anda bisa menggunakan lebih dari satu warna dari chalk paint. Hasilnya akan lebih menarik dan prosesnya cukup menantang. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X