Cat Kayu Untuk Gitar Dan Cara Finishingnya

Cat Kayu Untuk Gitar Dan Cara Finishingnya

Alat musik adalah salah satu kebutuhan manusia yang tidak akan pernah hilang atau mati. Bunyi-bunyian yang disusun dan diciptakan dengan apik akan menimbulkan nada harmoni yang mudah untuk dinikmati,. Bahkan musik pun akan menimbulkan suasana hati yang tenang. Ketika Anda lelah dan Anda sedang beristirahat seringkali mendengarkan musik menjadi salah satu alternatif pelepas penat yang nyaman dan juga murah.

Cat Kayu Untuk Gitar Dan Cara Finishingnya
Gitar yang telah difinishing.

Berbeda bagi pendengar musik, para pencipta musik ini selalu berusaha menciptakan musik baik itu dalam urusan pekerjaan atau hanya sekedar hobi saja. Alat musik menjadi bagian yang tidak bisa lepas dari para musisi ini. Karena dengan adanya alat musik maka ketika mendapatkan ide dimana saja dan juga kapan saja akan lebih mudah untuk menyusun ide yang telah didapatkan.

Nah alat musik yang merupakan alat yang sangat penting ini perlu untuk dipelihara dengan baik. Pemeliharaan yang dilakukan bisa dalam segi penampilan atau dalam segi  kualitas dari alat musik itu sendiri. Agar bertahan lama alat musik seperti gitar perlu untuk di service. Bahkan jika Anda ingin memelihara sendiri Anda bisa mulai untuk mempelajari bagaimana  melakukan servis gitar sendiri.

Sedangkan dari segi penampilan, Anda bisa melakukanya dengan memberikan lapisan coating yang aman dan ramah lingkungan namun melindungi alat musik gitar dengan baik. Kebanyakan alat musik bahkan hampir seluruhnya membutuhkan bahan arau metrial kayu seperti gitar, biola, violin, drum, cellow atau alat musik petik dan gesek lainnya. Karena material kayu adlaah jenis material yang mudah rusak karena jamur dan juga rayap maka jenis kayu yang dipilih juga harus berkualitas dimana tahan terhadap rayap dan juga jamur.

Nah untuk masalah finishing penampilan menggunakan cat, maka Anda harus memilih jneis cat yang tepat seperti misalnya Anda menggunakan jenis cat kayu besi water based yang akan memberikan warna menarik untuk gitar dan juga memberikan tampilan yang menarik. Proses finishing menajdi penting karena gitar adalah alat yang menimbulkan bunyi, jangan sampai karena Anda salah melakukan finishing maka hasil bunyi yang dikeluarkan tidak sesuai.

Baca Juga:  Cara Menghitung Kebutuhan Cat Tembok

Pentingnya penggunaan cat kayu untuk gitar ini memang harus dipahami oleh banyak musisi dan juga para pengrajin kayu. Sehingga Anda tidak akans emabarangan memilih jenis cat kayu untuk gitar atua alat musik kayu lainnya.

Jenis Cat Kayu Untuk Gitar

Berbocara mengenai finishing gitar maka jenis cat apakah yang cocok untuk digunakan? memang tidak seluruh bahan finsihing cocok atua memebrikan hasil finishing yang maksimal. Karena bisa satja ketika Anda mendapatkan hasil finishing yang buruk karena Anda tidak menggunakan jenis cat kayu yang tepat. Jenis cat kayu untukvgitar yang pertama adalah aman dan juga ramah lingkungan. Gitar atau alat musik adalah alat yang akan sering berada di sekitar manusia. Jika Anda mengenal pernis taua plitur  pasti Anda akan berpikiran bahwa bahan pelarut yang digunakan adalah bahan yang menggunakan thinner maka efeknya adalah aroma menyengat setelah gitar Anda selesai di finishing bakan ketika di etalaso toko pun masih mengeluarkan bau cat.

Nah jika menggunakan jenis cat kayu yanng aman dan ramah lingkungan, Anda tidak akan menemukna aroma yang menyengat jika Anda menggunakan cat kayu water based. Ya cat kayu water based adalah jenis cat yang tidak akan menimbulkan aroma menyengat karena tidak mengandung formalin sehingga gas amonia akan menyebar dalam udara (itulah yang menimbulkan aorma menyengat).

Karena jenis cat yang aman dan ramah lingkungan tidak menimbulkan bau yang menyengat maka gitar Anda pun tidak akan berbau menyengat. Efek jika Anda menggunakan gitar yang berbau terbsut akan sangat berbahay di masa mendatang. Aroma yang menyengat tersebut akan diserap dalam tubuh kemudian akan mengendap dan menimbulkan berbagai macam jenis penyakit seperti kanker. Maka Anda harus mewaspadai terlebih dahulu penggunaan cat yang mengandung logam berat dengan bahan pelarut thinner.

Baca Juga:  Memilih Box Bayi yang Bagus

Salah satu produk cat kayu yang direkomendasikan untuk finishing gitar adalah cat kayu besi Orchid. Jenis cat kayu besi Orchid adalah cat water based yang sama sekali tidak mengandung logam berat. Bahkan untuk kandungan VOC (Volatile Organic Compound) ahanya sebatas 100gr per liternya dimana standar regulasi US EPA membatasi penggunaan VOC adalah 350 gr per liternya. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan hasil finsihing yang mencempari udara.

Untuk pilihan warna, tentu saja gitar adalah alat musik yang akan menunjukan penampiland ari musisi tersbut. Cat kayu ebsi Orchid hadir dalam berbagai amcam varian warna baik itu warna cokleat maupun warna solid seperti merah, biru, abu-abu dan warna lainnya. Gitar tidak hanya alat musik yang bisa dimainkan oleh orang dewasa saja namun juga anak remaja dan anak-anak. Tidak jarang toko musik menyediakan gitar berukuran kecil untuk anak-anak. Nah untuk jenis gitar ini Anda bisa menggunakan pilihan warna solid yang cerah.

Cara Penggunaan Cat Kayu Untuk Gitar Yang Benar

Jika penampilan warna dari gitar sangat penting maka sanagt pentingv juga Anda mengetahui bagaiamana proses finsihing gitar. Cara ini sangat mudah untuk dilakukanbterlebh finsihing menggunakan cat Kayu besi Orchid. Anda cukup memilih jenis warna yang diinginkan kemudian mempersiapkan bahan cat, air bersih, amplas dan juga kain lap. Proses selanjutnya Anda bsia mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Cat Kayu Besi Water Based Orchid Kelas Dunia
    produk cat kayu besi orchid untuk finishing gitar.

    Siapkan material gitar yang sudah siap difinishing dengan memiliki permukaan halus, yang sudah rata. Jika masih ada kotoran atau debu amplas maka bersihkan terlebih dahulu dengan kain bersih. Kayu yang digunakan juga sudah kering ebanr dnegan MC kayu standar untuk gitar. Ini sangat penting agar tidak tumbuh jamur dikemudian hari pada gitar Anda.

  2. Siapkan BioColours primer coat dengan warna putih abu-abu sesuai dengan hasil warna yang diinginkan (misal ingin warna cerah maka gunakan primer white, jika hasilw arna gelap amak gunakan primer grey). Campurkan primer dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian semprotkan ke seluruh permukaan gitar. Tunggu kering sekitar 60 menit lalu amplas ambang dengan kertas ambang no. 400.
  3. Siapkan cat kayu besi Orchid sesuai dengan warna yang diinginkan. Campurkan dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air. Aduk bahan hingga rata dengan air jangan sampai etrdpata endapan cat yang akan menimbulkan perbedaan warna ketika diaplikasikan.
  4. Kuaskan cat kayu besi orchid ke seluruh permukaan gitar. Lakukan searah serat akyu atau satuarah saja untuk emnghindari brush mark. Namun karena cat kayu Orchid tidak cepat kering ketika diaplikasikan tidak akan timbul brush mark apabila Anda mengaplikasikan dengan benar.
  5. Tunggu gitar hingga kering dengan diangin-anginkan saja tanpa harus dijemur pada panas matahari. Jika sudah kering lakukan pengamplasan dnegan kertas amplas no. 400 hingga permukaan kayu rata dan halus.
  6. Jika warna yang diinginkan belum sesuai maka Anda bisa mengampilkasikan cat kayu besi Orchid dua hingga 3 kali untuk mendapatkan hasil warna sesuai.

Jika ingin membeli produk cat kayu water based maka Anda bisa langsung membeli produk langsung melalui website ini. Situs ini menyediakan produk cat kayu water based yang akan memberikan Anda kemudahan dalam membeli peralatan finishing. Jika Anda ingin membelinya maka Anda juga bisa langsung membeli melalui alamat jl. Raya Kudus Km. 9 – Ngabul – Tahunan- Jepara.

Baca Juga:  Memutihkan Kayu Hitam Dengan Bleaching Kayu di Cilacap

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X