dempul kayu

Cara Aplikasi Dempul Dan Memilih Jenis Dempul Yang Tepat Sesuai Jenis Kayu

Merk dempul kayu yang bermacam-macam memiliki cara aplikasi dempul yang tidak jauh berbeda. Temukan caranya dalam artikel ini.

Semua proses finishing pada furniture kayu atau  serat alam yang lainnya sangat dibutuhkan. Ada banyak sekali cara yang digunakan untuk melapisi furniture dengan bahan pelindung berupa cat ini. Semua cara aplikasi tersebut disesuaikan dengan ukuran materialnya. Misalnya saja Anda akan finishing pintu maka Anda bisa memilih cara aplikasi baik kuas ataupun spray. Tetapi jika pintu tersebut dalam jumlah banyak disarankan menggunakan spray system. Ada lagi jika misalnya yang akan dilapisi cat bukanlah furniture melainkan mainan dengan jumlah yang banyak. Caranya adalah dengan merendam atau proses celup. Proses finishing tersebut tidak terlepas dari hasil yang akan Anda dapatkan. Untuk finishing sendiri ada dua jenis hasil menurut dengan pori-porinya yaitu open pore dan juga close pore. Finishing close pore dimaksudkan untuk menutup pori-pori kayu sedangkan untuk finishing open pore dimaksudkan untuk memperlihatkan pori-pori kayu. Kebanyakan finishing mengarah pada close pore karena menutup pori-pori kayu yang berfungsi untuk menyerap kelembapan dan juga agar furniture atau kerajinan kayu tampak lebih halus dan rata.

Baca Juga : cara aplikasi dempul pintu kayu yang benar

Jika Anda akan melakukan finishing cose pore ini membutuhkan produk yang disebut dengan dempul kayu. Cara aplikasi dempul kayu sendiri sangat lah mudah walaupun ada berbagai macam merk dempul yang ada di Indonesia. Untuk dempul sendiri ada dua jenis yang beredar di pasaran yaitu dempul kayu terbuat dari solvent dana ada dempul kayu yang terbuat dari water based. Keduanya ini berbeda bahan pembuatan dan juga bahan pencampurnya. Masing-masing dempul memiliki kelebihan dan kelemahannya. Anda bisa memilih manakah jenis dempul yang berkualitas dan cocok untuk lingkungan rumah atau usaha Anda.

Cara Aplikasi Dempul Mudah Dan Cepat

Siapa yang tidak ingin mendapatkan cara apalikasi dempul yang cepat. Selain menghemat waktu aplikasi dengan mudah membuat Anda mendapatkan hasil yang maksimal bahkan tanpa seorang profesional pun. Ada dua jenis dempul menurut warnanya yaitu untuk memberikan hasil warna solid disebut dengan wood putty sedangkan untuk hasil finishing warna natural disebut dengan wood filler. Keduanya memiliki fungsi sama yaitu menutup pori pori kayu. Hasil ini disertai dengan cara aplikasi dempul yang mudah, berikut ini cara aplikasi dempul yang mudah dan bisa langsung Anda praktekan.

dempul kayu

  1. Persiapkan alat-alat seperti kertas amplas alumunium oxide, bahan pelarut sesuai dengan dempul kayu yang Anda gunakan bisa air atau solvent, pisau pallet, kain katun bersih dan kering. Siapkan juga media kayu yang kering dan siap untuk difinishing. Media kayu yang siap difinishing memiliki kering MC level 12%, bersih dari kotoran atau debu amplas. Jika permukaan kayu masih belum rata Anda bisa mengamplasnya terlebih dahulu dan jangan lupa untuk membersihkan debu amplas.
  2. Mempersiapkan dempul. Jika Anda menggunakan dempul solvent based maka campurkan dengan thinner sedikit dan aduk hingga rata. Jika Anda menggunakan dempul water based maka Anda bisa mencampurnya dengan air dan juga diaduk hingga rata. Apabila media kayu memiliki cacat yang banyak dan dalam maka Anda bisa mengaplikasikannnya menggunakan pisau pallet dan mengisi lubang dengan dempul kayu. Isi lubang hingga penuh, dan untuk permukaan media kayu yang datar Anda bisa mengoleskannya menggunakan kain katun yang halus dan juga kering. Oleskan sambil ditekan hingga rata ke seluruh permukaan kayu.
  3. Tunggu permukaan kayu hingga kering. Jika menggunakan dempul kayu dari solvent biasanya membutuhkan waktu kering sekitar 1 jam dan dijemur di bawah panas matahari agar dapat kering sempurna. Sedangkan jika menggunakan dempul kayu water based maka Anda hanya membutuhkan waktu 20-30 menit saja tanpa dijemur.
  4. Jika dempul sudah kering benar maka lakukan pengamplasan hingga permukaan kayu rata dan halus. Coba raba permukaan untuk memastikan permukaan sudah halus dan serat kayu sudah terlihat dengan jelas. Apabila cacat kayu yang dalam masih belum terisi penuh oleh dempul maka Anda bisa mengaplikasikan dempul kembali hingga mendapat hasil yang diinginkan. Setelah itu baru Anda bisa mealnjutkan dengan proses coloring.

Cara Memilih Dempul Sesuai Dengan Jenis Kayu

Apabila Anda sudah mengetahui cara aplikasi dempul untuk kayu yang mudah dan cepat maka selanjutany Anda harus mulai mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan bukan? Untuk itu produk dempul kayu yang harus digunakan harus dipilih, banyak sekali merk dempul kayu yang ada di Indonesia. Sekilas di atas telah disebutkan bahwa ada dua jenis dempul yaitu dempul solvent dan juga dempul water based. Kedua jenis dempul ini memiliki perbedaan mendasar terutama untuk kesehatan. Bagi Anda yang masih menggunakan dempul solvent maka ketahuilah bahwa dempul solvent ini berbahaya bagi kesehatan manusia terutama kesehatan dalam jangka panjang. Dempul solvent biasanya mengandung logam berat seperti formalin, merkuri dan juga timbal. Ketiga bahan ini biasanya mendominasi dan sangat berbahaya ketika berubah menjadi gas pada udara yang dihirup manusia. Di masa mendatang bahkan Anda pun bsia terjangkit penyakit kanker.

Berbeda halnya jika Anda menggunakan dempul untuk kayu yang water based yang tidak mengandung logam berat. Bahan air membuat dempul lebih aman untuk digunakan bahkan di lingkungan keluarga. Sedangkan untuk merk dempul Anda bisa menggunakan produk Biovarnish Wood Filler. Produk ini adalah produk yang dibuat sesuai dengan standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan juga US EPA (Enviromental Protection Agency). Untuk itu mari pelajari jenis dempul kayu warna natural yang sesuai dengan jenis kayu. Warna natural untuk furniture atau barang olahan kayu sangat diminati karena akan memperlihatkan serat kayu yang menarik. Dan berikut ini pembahasannya.

  1. BIOVARNISH-WOOD-FILLER-RAMINBiovarnish Wood Filler Ramin

Produk ini sesuai dengan namanya yaitu ramin dan cocok untuk kayu ramin. Warna kayu ramin yang putih atau cerah kekekuningan ini diadaptasi oleh produk Biovarnish Wood Filler. Biasanya produk ini sering digunakan pada jenis kayu pinus, kayu jati belanda, kayu albasia, kayu ulin, kayu sungkai, dll.

  1. Biovarnish Wood Filler Mahogany

Warna mahoni yang kemerahan ini akan memberikan kesan hangat. Dempul ini sangat cocok digunakan untuk hasil finishing warna kemerahan seperti warna kayu mahoni. Untuk jenis kayu lain yang juga bisa diaplikasikan dengan Biovarnish Wood Filler mahogany adalah kayu merbau, kayu bengkirai, kayu eboni, kayu sonokeling, dll.

  1. Biovarnish Wood Filler jati

Produk ini adalah jenis dempul yang paling banyak diminati. Anda pasti sudah familiar dengan jenis kayu jati. Memang kayu jati memiliki warna cokelat mudah atau tua dan juga serat yang indah. Bahkan untuk dempul kayu ini tidak terbatas hanya digunakan untuk jenis kayu jati saja tetapi juga untuk jenis kayu warna cerah lainnya yang ingin diberikan warna seperti jati.

Cara aplikasi dempul diatas juga sama seperti yang telah dijabarkan di awal. Jika Anda ingin membeli produk Biovarnish Wood Filler secara langsung bisa langsung datang ke alamat Jalan Raya Kudus No 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah. Anda juga bisa menghubungi nomor 0878-3934-6433 atau 0822-2026-5056

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X