Tips Memilih Cat Kayu Transparan untuk Pagar Kayu dan Bambu

Tips Memilih Cat Kayu Transparan untuk Pagar Kayu dan Bambu

Memilih cat kayu transparan untuk pagar rumah berbahan kayu dan bambu memang tidak mudah. Hal ini terkait dengan karakteristik pagar kayu dan bambu yang membutuhkan perawatan yang berbeda.

cat kayu transparan

Pagar adalah elemen eksterior rumah yang paling cepat rusak, karena sering terpapar secara langsung cuaca ekstrim. Apalagi jika pagar yang Anda gunakan menggunakan bahan natural seperti bambu atau kayu. Bambu dan kayu sangat rentan terhadap cuaca, sehingga diperlukan perawatan khusus agar tahan lama.

Pagar yang terbuat dari bahan kayu dan bambu saat ini sedang naik daun kembali. Para pengembang sering menawarkan desain rumah ramah lingkungan yang menggunakan pagar berbahan kayu atau bambu. Selain dianggap ramah lingkungan, pagar natural juga dianggap lebih artistik dan lebih humanis dibanding pagar tembok rapat. Ini sesuai dengan karakter dasar orang Indonesia yang lebih menyukai hidup bersama dalam komunitas sosial.

Pagar berbahan kayu dan bambu memerlukan perawatan yang terjadwal. Hal tersebut penting untuk dilakukan untuk mempertahankan keindahan dan keawetannya. Memberi cat yang transparan menjadi pilihan yang seringkali diambil untuk perawatan pagar kayu dan bambu. Cat berwarna transparan ada beberapa jenis, namun yang umumnya digunakan adalah plitur. Plitur bening ini berfungsi untuk melapisi bahan kayu dan bambu, sehingga warna pagar bisa lebih indah dan tahan lama.

Tips Memilih Cat Kayu Transparan yang Baik

cat kayu transparan
Biocolours® Biovarnish™ merupakan pernis non konvensional untuk keperluan indoor.

Berikut kami sampaikan beberapa tips untuk memilih cat kayu transparan tahan cuaca yang baik untuk pagar berbahan kayu dan bambu:

  • Pilih yang praktis dan mudah diaplikasikan. Ini memudahkan siapa pun yang melakukan proses finishing menggunakan cat kayu yang warnanya transparan.
  • Pilih cat kayu transparan yang berkualitas tinggi agar umur pagar lebih awet. Memilih cat yang efektif dan efisien dalam membentuk lapisan film akan membantu pagar Anda menjadi lebih tahan lama.
  • Pilih yang aman dengan kandungan VOC di bawah ambang batas yang ditetapkan dan juga non toksik. Anda pasti tidak menginginkan keluarga tercinta dan mereka yang mengaplikasikan cat tersebut mengalami gangguan kesehatan yang serius akibat cat yang Anda pilih tidak aman. Cat solvent based biasanya menggunakan pelarut organik dengan kandungan VOC tinggi dan mengandung toksik berbahaya. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan cat kayu berwarna transparan yang water based atau menggunakan pelarut air.
Baca Juga:  Aplikasi Cat Kayu Untuk Meja Tamu Yang Usang

Mengenal Produk Cat Ramah Lingkungan dari Bioindustries

cat kayu transparan
Biocolours® Biopolyture™ merupakan plitur non konvensional untuk keperluan outdoor.

Bioindustries merupakan perusahaan yang secara serius mengembangkan produk cat termasuk cat kayu berwarna transparan yang ramah lingkungan. Bioindustries mengembangkan cat water based, yaitu cat yang berpelarut air. Ada beragam varian produk cat ramah lingkungan yang ditawarkan. Untuk jenis cat kayu transparan, diantaranya adalah Biocolours®Biopolyture dan Biocolours®Biovarnish.

Produk-produk tersebut seperti halnya berbagai produk Bioindustries yang lain telah terbukti berkadar VOC rendah, yaitu di bawah standar US-EPA VOC regulation compliance. Selain itu, produk-produk Bioindustries juga telah lolos uji toksik sesuai standar yang ditetapkan EU-ECHA Reach regulation compliance. Jika Anda tertarik untuk mencoba produk-produk dari Bioindustries, silahkan menghubungi Customer Service Bioindustries via email [email protected]@gmail.com dan telp +62.274.388.301. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X