Industri rotal nasional diharapkan menemukan titik cerah dalam pasar bebas Asean mulai akhir 2015.

Menguasai Pasar Rotan Asean dengan Produk Water-based

Industri rotal nasional diharapkan menemukan titik cerah dalam pasar bebas Asean mulai akhir 2015.
Industri rotan nasional diharapkan menemukan titik cerah dalam pasar bebas Asean mulai akhir 2015.

Menguasai pasar rotan Asean harus menjadi target Indonesia dalam pasar bebas Asean mulai akhir 2015. Syaratnya, produk harus ramah lingkungan.

Indonesia merupakan “surga” bagi tumbuhnya industri rotan. Sekitar 80% dari 600 jenis rotan dunia ada di negeri khatulistiwa ini. Berkah dari Tuhan ini merupakan keunggulan Indonesia dibandingkan negara-negara kawasan Asean lain. Sehingga konsumen memiliki keleluasaan dalam memilih jenis rotan yang sesuai dengan kebutuhan. Karena itulah industri rotan Indonesia hampir pasti menguasai pasar rotan Asean tersebut (www.kemenperin.go.id).

Persoalan yang kemudian muncul bagi industri rotan nasional adalah seputar teknologi dan produk yang ramah lingkungan atau eco friendly product. Dilihat dari sisi teknologi, sekitar 80% perajin rotan masih menggunakan alat manual. Biasanya, hal seperti ini berpengaruh pada kecepatan dan ketepatan jadwal produksi furniture rotan, serta kualitas produksi.

Di sisi lain, industri rotan Indonesia memiliki tuntutan baru, yaitu menyediakan rotan ramah lingkungan. Damayanti Siahaan, Head of International Relation AMKRI (Asosiasi Mebel dan Kerajinan Rotan Indonesia), menyebut pentingnya ketersediaan produk ramah lingkungan yang bisa segera mensubstitusi penggunaan produk-produk kimia yang tidak ramah lingkungan. Disinyalir, banyak produk menggunakan bahan kimia mulai ditolak pasar ekspor.

Produk Water Based, Solusi Rotan Ramah Lingkungan.

Solusi produk ramah lingkungan sudah ada sejak diperkenalkannya produk berbahan dasar air atau water-based products, seperti dilakukan BioIndustries. Produk yang diformulasikan BioIndustries sudah digunakan banyak produsen furniture rotan, kayu, dan bahan serat alami lain untuk menjawab kebutuhan akan furniture yang aman dan ramah lingkungan.

Misalnya, jika pasar ekspor membutuhkan pewarna ramah lingkungan yang bisa menonjolkan warna alami rotan, BioIndustries memiliki Wood Stain Indoor sebagai solusinya. Ada juga produk ramah lingkungan Wood Stain Solid yang diformulasikan untuk menghasilkan berbagai macam warna furniture rotan yang sesuai dengan keinginan konsumen. BioIndustries juga memiliki produk untuk melindungi furniture rotan terhadap serangan jamur, rayap, serangga dan mikroorganisme. (*)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X