Begini Cara Perawatan dan Penyimpanan Alat Panahan

Begini Cara Perawatan dan Penyimpanan Alat Panahan

Anda menyukai olah raga panahan atau sekedar hobi membutuhkan tips dalam merawat busur bahkan hingga tempat penyimpanannya. Baik itu busur yang terbuat dari bahan aluminium, fiberglass hingga kayu membutuhkan perawatan rutin yang tidak boleh dilewatkan.

Perawatan ini pun terdiri dari berbagai macam mulai dari pembersihan, penyimpanan dan penggunaan beberapa produk poles yang aman untuk digunakan pada busur. Tidak hanya busur namun juga anak panah hingga tali busur.

Ada banyak akibat buruk yang akan Anda alami jika tidak melakukan perawatan yang benar dan juga tepat. Busur dan anak panah tidak aka melesat dengan cepat dan tepat. Bahkan kelenturan dari busur hingga tali busur juga akan berkurang.

Ketika Anda akan menggunakan dan setelahnya perawatan terus dilakukan menghindari kerusakan busur secara permanen.

Tips Merawat Busur

Busur Anda membutuhkan perawatan yang minimal, tetapi membutuhkan perhatian dan diperhatikan untuk menjaganya agar tetap sempurna. Ikuti langkah-langkah sederhana ini harus memastikan penggunaan busur bebas masalah bertahun-tahun.

  • Disarankan agar Anda menggunakan tali busur (bowstringer) yang tepat pada busur Anda. Penggunaan bowstringer yang tepat akan mencegah anggota badan busur Anda menjadi bengkok. Stringer busur juga menyediakan metode paling aman untuk merangkai busur Anda saat ujung kaki menjauh dari Anda selama proses merangkai dan tidak mengikat.
  • Membuka tali busur Anda saat tidak digunakan.Begini Cara Perawatan dan Penyimpanan Alat Panahan
  • Jangan keringkan tali busur Anda. Ini berarti menembak tanpa panah. Berat panah melambatkan senar ke bawah dan mendorong kejutan. Udara kering tanpa anak panah dapat sangat merusak busur Anda.
  • Simpan busur Anda di tempat sejuk dan kering dan hindari paparan yang terlalu lama terhadap panas dan kelembapan yang berlebihan. Jangan pernah meninggalkan busur di dalam mobil pada hari yang cerah. Udara panas dalam mobil bisa merusak busur Anda. Jangan simpan busur Anda saat basah. Keringkan dulu dengan kain lembut. Jangan gunakan kain kering untuk mengeringkan busur Anda.
  • Jangan gunakan tali busur busur dengan panjang yang berbeda dari yang ditentukan dengan benar untuk busur itu. Jika ragu, tanyakan kepada kepada para ahli terlebih dahulu.
  • Saat merakit tungkai ke pegangan, jangan terlalu mengencangkan baut ekstremitas. Sebuah pas nyaman adalah semua yang diperlukan. Mengencangkan lebih bisa merusak bagian busur yang lainnya.
  • Hanya menembakkan panah yang sesuai untuk busur Anda. Panah yang terlalu ringan dapat menyebabkan kerusakan pada busur Anda.
  • Ganti tali busur Anda setidaknya sekali setahun. Jika Anda menemukan untaian yang longgar atau rusak atau keausan yang berlebihan pada tali busur maka segera ganti. Menggosok tali busur dengan Biopolish Beeswax adalah langkah tepat untuk memperpanjang umur tali busur. Jangan pernah gunakan parafin yang justru akan membuatnya terlalu keras.
Baca Juga:  Memilih Bahan Cat untuk Meja Kayu Minimalis

Tempat Penyimpanan Paling Aman untuk Busur

Saat Anda mendapatkan busur pertama Anda, Anda perlu melakukan perawatan rutin seperti yang telah disebutkan. Tidak hanya perawatan, Anda harus memikirkan cara menyimpannya. Anda akan mulai bertanya-tanya apakah Anda harus melepas busur setelah setiap penggunaan atau memikirkan bagaimana Anda perlu mengangkutnya. Namun, itu tidak terlalu rumit ketika harus peduli tentang busur dan anak panah Anda. Yang diperlukan hanyalah metode penyimpanan dan sedikit perawatan saat membawanya.

Bagian dari busur biasanya tetap dirangkai dan karenanya, haluan busur harus mengakomodasi struktur busur yang digantung. Tapi busur recurve perlu diurai setelah sesi pemotretan selesai.

Untungnya, ada banyak pilihan penyimpanan penyimpanan dan transportasi busur di area panahan. Meskipun demikian, Anda tidak boleh meninggalkan kotak busur Anda dalam keadaan basah seperti garasi, ruang bawah tanah atau gudang atau bahkan di dalam mobil yang panas, tidak peduli apa pun jenis pita yang Anda miliki.

Suhu dan kelembapan yang tinggi dapat melengkung anggota badan busur dan menyebabkan kerusakan permanen. Oleh karena itu, Anda harus selalu merencanakan untuk menyimpan busur Anda di suatu tempat yang aman dan aman.

  • Tas Ransel

Begini Cara Perawatan dan Penyimpanan Alat PanahanJika Anda menggunakan busur recurve takedown, Anda pasti ingin memiliki tas ini! Jenis tas ini sangat bagus untuk mudah dibawa, memungkinkan Anda untuk mengepak semua aksesori lain milik Anda. Tas ini nyaman, tahan lama dan ringan. Mereka dibuat khusus untuk transportasi melalui sarana umum. Namun, tas ini tidak dapat diperiksa di pesawat karena mereka tidak memiliki perlindungan yang cukup untuk haluan.

  • Hard Case

Jenis tas adalah opsi yang bagus untuk pemanah yang ingin memastikan busur dan busur recurve dan aksesoris lainnya dilindungi dengan baik. Kasus-kasus keras umumnya terbuat dari plastik yang sangat padat yang dapat menahan tumpukan dan tumpahan yang cukup besar bahkan jika benda berat lainnya menumpuk di atasnya.

Baca Juga:  Perhatikan Keamanan Politur untuk Sangkar Burung!

Jika Anda memilih shooting panahan untuk rekreasi, Anda tidak akan benar-benar memerlukan hard case atau bahkan jika Anda melakukannya, satu kasus akan cukup. Namun, jika Anda berencana untuk sering berkompetisi, Anda harus pergi untuk kasus ganda yang akan mengakomodasi baik busur utama maupun busur cadangan. Masalah utama dengan kasus-kasus ini adalah berat mereka, mereka sangat berat dan besar.

  • Soft Case

Tas semacam itu umumnya terbuat dari kain tugas berat dan dilengkapi dengan bantalan busa. Mereka dibuat khusus untuk busur majemuk. Bentuk casing tergantung pada gaya busur yang Anda bawa dan bahan yang ingin Anda simpan selama perjalanan. Kebanyakan pemanah menggunakan tabung teleskopik atau selubung untuk mengangkut panah dan menyimpannya dengan busur jika ada ruang di dalam kotak. Jika tidak, tabung dibawa secara terpisah. Keuntungan utama: mereka ringan dan mereka memiliki banyak kantong dan penyimpanan untuk mengatur aksesoris. Tetapi Anda tidak perlu memeriksa kasus yang lunak untuk perjalanan udara.

  • Roller Case

Begini Cara Perawatan dan Penyimpanan Alat PanahanKami menganggap opsi ini yang terbaik untuk pemanah profesional yang sering bepergian ke kompetisi atau berburu di seluruh negeri. Jenis kasus ini cukup kuat untuk melindungi 1 atau 2 busur saat bepergian melalui udara. Ini lebih ringan daripada kotak plastik keras dan jauh lebih serbaguna. Ada banyak kantong dan Anda bahkan bisa membawa beberapa pakaian di dalamnya.

  • Pertimbangan lain untuk penyimpanan

Banyak kasus-kasus kerap memiliki sisipan yang terbuat dari busa. Anda dapat memotong dan membentuknya agar sesuai dengan struktur peralatan Anda, seperti penglihatan Anda misalnya. Tetapi jika Anda pergi untuk peralatan berkualitas tinggi, Anda akan melihat bahwa beberapa aksesori datang bersama dengan kasus mereka sendiri. Anda perlu memutuskan apakah Anda menginginkan tambahan kasus atau segala sesuatu dalam satu kasus tunggal.

Baca Juga:  Harga dempul kayu  bagus Untuk Finishing Furniture Solid Color

Selain itu, Anda juga akan membutuhkan ruang untuk mengatasi kotak yang berisi torehan, lem, sekrup, kunci pas, melayani benang dan berbagai alat lain yang dimiliki pemanah. Kotak pancing kecil yang dikemas dengan baik juga bisa masuk ke dalam cangkang. Secara keseluruhan, ketika memilih kotak busur yang akan Anda bawa di perjalanan darat, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki cukup ruang untuk peralatan memanah Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X