Tips Memilih Furniture yang Aman Bagi Keluarga untuk Menyambut Lebaran

furniture yang amanLebaran tinggal menghitung hari. Hari yang dinantikan seluruh umat Islam ini seringkali menghadirkan euforia tersendiri. Lebaran identik dengan baju baru, sepatu baru, bahkan penampilan baru. Rumahpun menjadi salah satu bagian yang tak lepas dari sentuhan pembaharuan. Cat rumah baru, bahkan furniture-pun juga ikut baru. Namun ada baiknya kita memilih furniture yang aman bagi keluarga saat mau mengganti furniture untuk lebaran.

 

Tips Memilih Furniture yang Aman Bagi Keluarga

Memilih furniture yang aman bagi keluarga bukanlah pekerjaan yang mudah. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu untuk memilih furniture yang bukan hanya berkualitas, tetapi juga aman bagi keluarga, termasuk untuk si kecil.

  1. Hindari furniture yang di-finishing menggunakan bahan finishing mengandung logam berat

Finishing furniture, apalagi yang menggunakan pelarut solvent, seringkali mengandung logam berat seperti cadmium, lead, arsenic dan mercury. Bahan-bahan ini sangat berbahaya bagi tubuh jika darah mengandung logam berat dalam jumlah banyak. Efek jangka pendeknya bisa menyebabkan iritasi, kelelahan, insomnia, dan kelelahan akut. Dalam jangka panjang bisa memicu efek yang jauh lebih parah, seperti rusaknya syaraf, hipertensi, kesulitan mengatur gerak otot, bahkan keterbelakangan mental.

  1. Pilih furniture yang baunya tidak menyengat dan tidak pedih di mata

Furniture yang baru dibeli saat dibuka di ruangan acapkali mengeluarkan bau menyengat dan menyebabkan pedih di mata. Ini merupakan indikasi bahwa furniture mengandung senyawa berbahaya seperti Formaldehyde, Phtalat, dan jenis senyawa berbahaya lainnya. Terpapar senyawa-senyawa tersebut secara terus-menerus dan dalam jangka panjang sangat berbahaya bagi tubuh manusia, karena bisa merusak organ dalam, bahkan bisa memicu pertumbuhan sel kanker.

  1. Pilih furniture yang di-finishing menggunakan bahan finishing water based

BioColours BioDuco untuk furniture amanFinishing water based biasanya diformulasikan menggunakan bahan yang relatif aman dan ramah lingkungan. Bahkan sebagian produsen cat water based telah memiliki sertifikat berstandar internasional untuk produk-produknya, seperti Bio Industries. Sertifikat ini merupakan bentuk komitmen dari perusahaan untuk menyediakan produk yang benar-benar aman dan ramah lingkungan.

Itulah tips singkat memilih furniture yang aman bagi keluarga dalam menyambut lebaran. Sebuah pilihan bijak saat Anda memilih furniture yang aman bagi keluarga. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X