efek bahaya timbal pada anak-anak

Waspadai Cat Mainan Kayu Mengandung Timbal

Kewaspadaan terhadap cat mainan kayu mengandung timbal harus ditingkatkan. Logam berat tersebut tak jarang ditemukan pada mainan yang Anda berikan pada buah hati. Padahal, dampak paparan timbal tidak main-main. Medscape menyebut timbal bisa merusak berbagai organ dan otak anak. Akibatnya, berbagai aspek pertumbuhan buah hati dapat tergganggu. Mulai dari kecerdasan, pertumbuhan fisik, hingga mobilisasinya beresiko tak tumbuh optimal akibat dampak terpapar timbal. Ditambah dengan perilaku anak yang suka memasukkan berbagai benda ke dalam mulutnya, orangtua harus ekstra waspada.

Bahaya timbal pada anak-anak
Bahaya timbal pada anak-anak

Alasan adanya timbal ada pada cat mainan kayu sendiri terkait fungsi logam berat tersebut. Timbal sering dimanfaatkan sebagai pewarna pada cat. Hingga saat ini, fungsi tersebut masih sering diaplikasikan beberapa perusahaan . Apalagi standar atau regulasi yang berlaku di Indonesia tidak mensyaratkan konten zero lead atau nol timbal. Bahkan Standar Nasional Indonesia untuk Cat Mainan Kayu masih menoleransi kandungan timbal dalam jumlah kecil. Jumlah tersebut mungkin aman. Tapi siapa mau “main untung-untungan” untuk keselamatan buah hati?

Masih Lebih Aman Dibanding Mainan Plastik

Meski bahaya cat mainan kayu mengandung timbal tak bisa disepelekan, akan tetapi produk mainan dari kayu masih merupakan alternatif terbaik. Dibanding mainan plastik, resiko bahaya cat mainan kayu jauh lebih rendah asalkan cat yang digunakan aman. Sebab, pada mainan plastik yang membahayakan bukan hanya pewarna atau catnya, tapi juga berbagai kandungan lainnya. Contohnya saja BPA atau Bhisphenol-A yang diketahui dapat menyebabkan kanker. Belum lagi ftalat, formalin, dan beragam kandungan yang sangat membahayakan. Regulasi memang sudah ada. Akan tetapi kecurangan pada regulasi bukan tak mungkin terjadi.

bahaya cat mainan kayu mengandung timbal
Mainan kayu tetap menjadi alternatif yang baik.

Tips Menghindari Bahaya Cat Mainan Kayu Mengandung Timbal

Ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk menghindarkan buah hati dari bahaya cat mainan kayu mengandung timbal:

  1. Memillih cat mainan kayu SNI atau standar di atasnya
  2. Membeli produk mainan kayu dari perusahaan yang jelas dan tidak punya track record buruk
  3. Tidak membeli mainan yang aroma catnya menyengat (Aroma menyengat merupakan tanda adanya kandungan bahaya. Meski bukan timbal, sebaiknya tetap dihindari).
Baca Juga:  Cat Mainan Kayu Harus Aman dan Berkualitas

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X