Gunakan cat kayu outdoor yang bagus untuk gazebo menawan

Ini Dia Cat Kayu Kayu Outdoor yang Tahan Cuaca!

Salah satu kriteria yang wajib Anda perhatikan saat membeli cat outdoor adalah persoalan keawetan cat tersebut. Membeli cat kayu outdoor yang tahan cuaca haruslah diusahakan agar tak rugi.

Cat, sebagaimana yang kita tahu adalah produk yang berfungsi meningkatkan estetika sebuah benda. Namun di luar fungsi tersebut, nyatanya cat juga memiliki fungsi lain yang tak kalah vital: memberikan proteksi. Lapisan cat akan melindungi benda-benda yang dicat agar tidak lapuk. Karena itu, membeli cat yang tahan terhadap faktor-faktor merusak sangat penting. Aplagi bila produk tersebut diperuntukkan untuk kayu yang diletakkan di lingkungan outdoor. Perubahan cuaca, siraman hujan, dan paparan sinat UV akan membuat kayu yang pada dasarnya mudah lapuk, lebih cepat lapuk.

Gunakan cat kayu outdoor yang tahan cuaca untuk gazebo menawan
Gunakan cat kayu outdoor yang tahan cuaca untuk gazebo menawan

Karena itu, membeli cat kayu outdoor yang bagus sangat penting. Salah satu kriteria yang harus diusahakan ialah ketahanannya pada paparan cuaca. Lalu bagaimana cara membeli cat kayu outdoor yang tahan cuaca? Ada beberapa hal yang bisa Anda jadikan panduan. Kami juga akan merekomendasikan produk cat kayu outdoor yang menurut kami sangat bagus.

Kiat Cerdas Membeli Cat Outdoor yang Tahan Cuaca

  • Beli Cat yang Pewarnanya Pigmen Bukan Dye

Pigmen jauh lebih tahan cuaca dibanding dye. Partikel-partikel pigmen lebih besar dibanding dye. Persebarannya yang tak merata justru menjadi kelebihan lain pigmen. Ketika paparan sinar UV mengenai cat dengan pewarna pigmen, kerusakan yang terjadi tidak akan berdampak “sistemik”. Pasalnya, ukuran pigmen bervariasi dan persebarannya pun tak begitu saling berpengaruh. Ini berbeda dengan dye yang ketika salah satu bagiannya rusak, maka susunan partikel keseluruhan ikut tak stabil. Akibatnya warna cat yang mengandung dye lebih cepat berubah dibanding cat berpigmen.

  • Beli Cat Water Based, Bukan Solvent Based

Keunggulan cat water based (berpelarut air) dibanding cat solvent based (berpelarut thinner dan spiritus) adalah fleksilibiltasnya yang baik. Akibatnya, cat water based tak akan muda mengelupas dan retak-retak ketika terjadi perubahan suhu atau terkena paparan sinar matahari.

  • Utamakan Kualitas, Bukan Merek

Jangan memilih sebuah produk dari mereknya saja. Utamakan kualitas di atas kuantitas.

  • Tanya dengan Detil

Jangan ragu bertanya pada perusahaan cat yang memproduksi barang yang Anda beli. Tanyalah dengan detil mengenai kualitas hingga usia lapisan cat bertahan di kondisi outdoor.

Sedangkan produk cat kayu outdoor yang tahan cuaca yang kami rekomendasika adalah:

  • Orchid

cat kayu outdoor yang tahan cuacaOrchid adalah cat enamel berpelarut air dan menggunakan pewarna pigmen. Produk ini secara khusus diperuntukkan untuk keperluan outdoor dan terbukti bisa bertahan lebih lama dibanding cat sejenis lainnya.

  • Biopolyture

Biopolyture memang tak setahan Orchid. Namun Biopolyture menawarkan tampilan warna yang khas dan jauh lebih bagus dari plitur lainnya.

  • Seri Cat Biocolours Water Based untuk Outdoor

Untuk aplikasi finishing yang lebih mengutamakan estetika, sebaiknya pilih seri cat Biocolours water based untuk outdoor. Dari dempul, sanding sealer, hingga top coatnya telah diformulasikan khusus sehingga tahan untuk kondisi luar ruangan.

Demikian tips dan saran produk yang kami rekomendasikan untuk membeli cat kayu outdoor yang tahan cuaca. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X