Bahan Pemutih Kayu Di Yogyakarta, Bagus Untuk Kursi Kayu Mahoni

Kayu mahoni yang memiliki karater warna merah seringkali menjadi favorit. Tidak hanya warna saja, tetapi tingkat kekuatan kayu mahoni juga disukai karena di bawah kayu jati. Serat kayu mahoni yang cenderung lurus dan juga tidak beraturan ini memiliki nilai estetis yang tidak kalah menarik dengan kayu jati. Lalu bagaimana jika Anda hanya ingin mendapatkan serat kayu mahoni tetapi tidak menginginkan warna kayu mahoni yang kemerahan?

Bahan Pemutih Kayu Di Yogyakarta, Bagus Untuk Kursi Kayu MahoniBahan pemutih kayu di Yogyakarta yaitu White Agent 250 bisa menjadi solusinya. Anda bisa melakukan bleaching kayu ini pada kayu mahoni baik sebelum kayu dibentuk maupun kayu setelah dibentuk. Jika Anda akan melakukan pada kursi mahoni caranya sangat mudah yaitu hanya dengan kuas dan mengoleskan bahan ke seluruh permukaan saja.

Baca Juga : warna walnut cokelat untuk furniture dari kayu jati

Jika Anda sudah selesai melakukan bleaching dan mendapatkan hasil warna putih seperti kayu jati belanda maka Anda bisa mulai berkreasi dengan finishing warna lainnya seperti warna walnut brown, warna jati maupun warna natural kayu lainnya.

Mengapa Harus Memilih Bahan Pemutih Kayu WA 250?

Apa saja keunggulan dari WA 250 sehingga Anda harus menggunakannya untuk memutihkan kayu mahoni? Tentu saja keunggulan yang didapatkan bukan seperti bahan pemutih kayu kebanyakan. Apalagi untuk mencerahkan kayu mahoni yang warnanya sangat merah. 

Baca Juga : cara mengecat kayu jati dengan warna walnut brown

Tidak semua bahan pemutih bisa mencerahkan warna kayu mahoni dengan cepat dan hasilnya memuaskan. Ada beberapa alasan mengapa Anda harus memutihkan kayu mahoni dengan WA 250 sebagai berikut ini:

  • Tidak merusak serat kayu

Bahan pemutih kayu terbuat dari bahan kimia yang sangat keras, sehingga bahan ini bisa merusak serat kayu. Kerusakan bisa terjadi pada saat setelah bahan diaplikasikan, bisa juga terjadi dalam jangka waktu yang lama. Inilah yang menjadi perbedaannya dengan White Agent 250. 

WA 250 tidak akan merusak kayu karena terbuat dari bahan yang tergolong aman. Hal ini dibuktikan dengan bahan pelarut yang digunakan adalah air. Jadi Anda tidak perlu takut kayu mahoni akan rusak setelah diaplikasikan WA 250.

  • Cara mengaplikasikan yang praktis

Proses aplikasi dari WA 250 tergolong sangat praktis. Untuk kayu yang masih berupa saw timber, proses aplikasi bisa dengan cara direndam saja. Maka membutuhkan tempat yang cukup besar dan air serta bahan yang cukup banyak untuk perendaman. 

Namun jika Anda hanya ingin memutihkan kursi kayu mahoni, bisa menggunakan kuas saja. Setelah WA 250 dilarutkan dengan air, Anda cukup menguaskan bahan ke seluruh permukaan kursi secara merata. Bahan akan menyerap langsung ke pori kayu karena sangat encer. 

  • Lebih hemat karena pelarutnya air

Selain praktis digunakan, WA 250 adalah bahan pemutih kayu yang paling murah di antara produk lainnya. Alasannya adalah bahan pelarut yang digunakan adalah air. Berbeda dengan bahan lain yang biasanya memanfaatkan pelarut thinner yang harus dibeli. 

Dengan hanya pelarut air Anda sudah bisa memutihkan kayu mahoni hingga mendapatkan warna putih cerah. Sedangkan jika Anda menggunakan bahan seperti H2o2 harus membeli bahan pelarut yang tidak murah harganya.

  • Tidak tergantung panas matahari

Cara kerja dari bahan bleaching berpelarut air ini tidak tergantung panas matahari dalam prosesnya. Setiap kali selesai mengaplikasikan satu lapisan Anda hanya perlu mendiamkan kayu mahoni di dalam ruangan. Tidak perlu menjemur karena bahan akan meresap ke dalam por dan bekerja perlahan. 

Hasilnya pun tentu saja menjadi lebih merata warna putih cerahnya. Anda tidak perlu lagi menunggu panas matahari untuk memutihkan kayu. Bahkan pada musim hujan pun Anda bisa memutihkan kayu mahoni dengan mudah. 

  • Tidak menimbulkan korosi

Ada beberapa kursi kayu mahoni yang memiliki ornamen dari bahan logam. Karena menggunakan bahan pelarut air, banyak yang menyangka bahwa WA 250 bisa menimbulkan karat. Apalagi bahan pemutih kayu terkenal terbuat dari bahan kimia yang sangat kertas. 

Namun tenang saja, karena WA 250 terbuat dari bahan yang membebaskan logam berat dari karat. Jadi walaupun ketika Anda mengaplikasikan tidak sengaja mengenai bagian logam tidak akan ada karat yang muncul. 

Menggunakan WA 250 untuk kursi dari kayu mahoni memberikan lebih banyak keuntungan. Kursi tidak mudah rusak karena bahan kimia ini aman dan tampilan seratnya pun lebih terlihat. Supaya kursi kayu memiliki tampilan yang lebih menarik lagi, Anda hanya perlu menambahkan bahan wood stain. 

Proses Bleaching Kayu Mahoni Untuk Finishing Warna Kayu Oak

Apakah sulit melakukan bleaching dengan produk pemutih kayu di Yogyakarta? Cara aplikasi produk White Agent 250 tidaklah sulit karena Anda bisa melakukannya dengan mudah. Berikut ini kemudahannya:

  1. Persiapan kursi kayu mahoni yang bersih dan bebas dari minyak kayu karena akan mempengaruhi penyerapan bahan bleaching.
  2. Campurkan bleaching (White Agent 250) dengan air perbandingan 1 bahan : 1 air dan diacampur hingga rata.
  3. Kuaskan bahan pemutih kayu keseluruh permukaan kursi kayu mahoni. Kemudian tunggu kering sekitar 2 hingga 4 jam tanpa dijemur pada panas matahari.
  4. Jika sudah berubah menjadi cerah maka Anda bisa melakukan pembilasan dengan air yang sudah dicampur dengan sunlight. Bilas hingga bersih lalu Anda bisa melakukan proses kiln dry hingga didapatkan MC kayu standar 12%.

Jika Anda sudah melakukan proses bleaching hingga tuntas dan warna kayu mahoni berubah cerah maka Anda bisa melakukan proses finishing. Pertama adalah memilih bahan finishing sesuai dengan warna yang diinginkan. Anda bisa menggunakan Biovarnish Wood Stain warna Oak seperti yellow Ox. Anda cukup menggunakan dempul, Wood Stain kemudian Clear Coat. Berikut cara penggunannya:

  1. Pastikan kayu sudah kering, memiliki permukaan siap finishing seperti bebas debu amplas dan bebas minyak kayu.
  2. Aplikasikan dempul kayu Biovarnish Wood Filler warna ramin dan aplikasikan dengan pisau pallet ke seluruh permukaan kayu searah serat kayu. Tunggu kering sekitar 20 menit saja. Lalu amplas dengan kertas amplas no. 240, amplas hingga mendapatkan serat kayu terlihat.
  3. Campurkan Biovarnish Wood Stain warna Yellow Ox dengan air perbandingan 4 bahan : 1 air kemudian diaduk hingga rata. Kuaskan keseluruh permukaan kayu hingga rata serah serat kayu. Usahakan Anda menggunakan kuas halus atau kuas sponge. Lalu tunggu kering tanpa dijemur pada panas matahari sekitar 60 menit saja. Selanjutnya Anda bisa mengamplas ambang dengan kertas amplas no. 400. Anda bisa mengulangi proses bleaching hingga didapatkan warna yang diinginkan.
  4. Setelah kering Anda bisa menggunakan Biovarnish Clear Coat Gloss yang sudah dicampur dengan air perbandingan 2 bahan 1 air. Aplikasikan dengan kuas searah serat kayu kemudian tunggu hingga kering benar sekitar satu malam.

Mendapatkan Bahan Pemutih Kayu di Yogyakarta

Jika bahan pemutih sangat berpengaruh untuk menciptakan warna kayu menjadi lebih putih dan lebih mudah untuk finishing warna natural mengapa Anda tidak menggunakannya? Bahan pemutih kayu di Yogyakarta merk White Agent 250 ini tidak akan merusak serat kayu seperti pemutih kayu yang biasanya digunakan untuk tekstil.

Untuk pembelian bahan pemutih kayu White Agent 250 ini Anda bisa membelinya melalui online yaitu website ini. Produk yang tersedia dalam kemasan 1 kg, 5 kg dan 20 kg bisa Anda dapatkan di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X