Ingin Lantai Bambu Tampak Cerah? Gunakan Obat Pemutih Bambu Dan Cat Water Based Ini

Ingin Lantai Bambu Tampak Cerah? Gunakan Obat Pemutih Bambu Dan Cat Water Based Ini

Lantai bambu, bukanlah suatu hal yang asing terutama bagi Anda yang tinggal di negara Asia. Tanaman bambu sangat mudah ditemukan di dataran Asia. Membuat banyak penduduk Asia memanfaatkanya menjadi furniture, lantai dan juga dinding. Jika saat ini Anda memutuskan untuk menggunakan menggunakan lantai bambu, maka ada beberapa hal yang perlu diketahui. Bambu adalah tanaman serat alam tidak jauh berbeda dengan kayu, yaitu memiliki pori-pori dan juga memiliki warna yang alami.

Ingin Lantai Bambu Tampak Cerah? Gunakan Obat Pemutih Bambu Dan Cat Water Based Ini
lantai bambu laminasi.

Baca Juga : tips warna cat bambu yang bagus agar mengkilap seperti alami

Ada banyak sekali jenis bambu yang tumbuh di Asia selain itu bambu juga memiliki warna yang berbeda-beda ada yang berwarna kuning, hijau bahkan cokelat. Hal terpenting sebelum menggunakan bambu adalah mengeringkannya terlebih dahulu. Karena bambu tumbuh dengan pesat di lingkungan tropis maka jumlah air yang diserap pun sangat banyak. Proses pengeringan ini sangat membantu pengeringan air yang diserap pada bambu agar tidak timbul jamur di kemudian hari.

Bambu tidak hanya dapat digunakan atau diolah menjadi kerajinan tangan seperti kere, tudung saji, tas anyaman bambu, tikar  dan  lainnya sebagainya. Bambu juga bisa dilah menjadi lantai. Mungkin Anda masih asing mendengarnya, tetapi lantai bambu ini sangat digemari di Jepang. Lantai bambu cenderung lebih ringan dibandingkan dengan kayu. Bahkan untuk hasilnya lebih bagus karena bambu tidak memiliki mata kayu yang menimbulkan minyak kayu.

Bambu yang digunakan sebagai lantai tidak banyak memiliki bekas jamur blue stain seperti pada kayu. Penggunaanya sebagai lantai biasanya diolah terlebih dahulu menjadi palet bambu. Jadi potongan bambu yang kecil kemudian direkatkan terlebih dahulu untuk emnjadi palet-palet bambu yang kemudian akan disusun menjadi lantai bambu yang sangat menarik.

Jika Anda akan menciptakan lantai bambu warna cerah maka Anda bisa menggunakan bahan belaching terlebih dahulu sebelum memasang lantai atau sesudah pemasangan selesai. Proses peblaching ini berfungsi untuk menymakan warna bambu agar memiliki warna yang sesuai dengan yang diinginkan.

Penggunaan Obat Pemutih Bambu White Agent 250 

Mendapatkan hasil warna bambu dengan warna natural dapat dimulai dengan menggunakan produk bleaching. Bahan belaching yang bisa digunakan adalah White Agent 250 yang memiliki hasil tampilan warna cerah natural. Jika Anda menginginkan hasil warna natural apa saja, setelah melakukan proses bleacing maka warna cokelat natural maupun warna putih alami akan tetap didapatkan.

WHITE AGENT
Produk White Agent 250 yang bisa digunakan untuk memutihkan lantai bambu.

Proses bleaching bisa dilakukan jika menggunakan White Agent 250. Hasil yang diebrikan tidak akan menghilangkan serat kayu. Ketika produk White Agent 250 ini digunakan maka jenis bambu apa saja akan berubah menjadi lebih cerah dan Anda akan dengan mudah mendapatkan hasil warna yang diinginkan atau jika Anda ingin mendapatkan hasil natural, bisa dilanjutkan menggunakan lapisan wood stain.

Proses awal yang perlu dilakukan adalah memastikan lantai bambu sudah bersih dan diamplas halus. Ini akan mempermudah Anda dalam mengaplikasikan wood stain nantinya. Campurkan White Agent 250 ini dengan bahan air perbandingan 1 bahan : 2 air, Anda bisa mengurangi takaran air apabila ingin mendapatkan hasil yang lebih cerah lagi. Fungsi air hanyalah untuk menurunkan intensitas bahan saja.

Untuk lantai yang sudah dipasang maka Anda bisa menggunakan roll untuk mengaplikasikan bahan. Yang terpenting adalah seluruh bagian lantai bambu dilapisi oleh bahan. Apabila Anda belum memasang lantai bambu maka Anda bisa mengolesinya satu persati menggunakan kuas atau dengan spray system. Bahkan untuk palet bambu yang berjumlah sangat banyak bisa dilakukan dengan mesin vakum.

Jika seluruh bagian lantai bambu sudah terlapisi dengan penuh maka Anda bisa menunggu hngga bahan pemutih bekerja sempurna sekitar 2 hingga 4 jam. Jika warna sudah sesuai dengan yang diinginkan maka Anda bisa melanjutkannya dengan pembersihan menggunakan air yang dicampur dengan detergen atau sunlight. Bersihkan seluruh kayu dengan air campuran tersbut untuk mengangkan sisa bahan pemutih yang tersisa.

Langkah terakhir adalah menunggu hingga seluruh bambu menjadi kering. Jika Anda menggunakan palet bambu maka Anda bisa mengeringkannya dengan cara di oven hingga mendapatkan MC jayu yang stabdar. Proses warna cerah secara maksimal akan didapatkan setelah 6 jam.

Keunggulan Biothane dalam Melindungi Lantai dari Bambu

Jangan sampai Anda salah memilih bahan finishing untuk lantai bambu karena salah mengaplikasikan bisa membahayakan lantai. Bahan yang tepat adalah cat dengan pelarut air seperti Biothane. Produk berpelarut water based ini akan memberikan tampilan yang menarik dan juga warna pasti yang transparan. 

Anda tidak perlu khawatir soal perlindungan, karena Biothane merupakan cat polyurethane yang bisa memberikan perlindungan lebih dibandingkan pernis biasa. Sebagai lapisan akhir pada lantai bambu, berikut ini beberapa kelebihan yang akan didapatkan. 

  • Bisa digunakan untuk lantai outdoor

Bagi Anda yang ingin menggunakan lantai laminasi bambu untuk bagian outdoor, bisa melindunginya dengan Biothane. Setelah membentuk lapisan coating, Biothane akan menciptakan lapisan kuat bahkan terhadap perubahan cuaca. 

Anda tidak perlu memikirkan soal perlindungan tambahan lainnya, karena Biothane bisa diandalkan untuk melindungi lantai bambu secara maksimal. Bahkan bukan hanya perubahan cuaca tetapi juga untuk penggunaan secara berkala, lapisan kuat dan tahan dari goresan. 

  • Lapisan tidak mudah retak

Apakah Anda sering menemui lantai kayu yang memiliki lapisan coating retak? Biasanya tampilan retak tersebut disebabkan oleh lapisan coating yang kurang berkualitas. Keretakan tersebut muncul karena adanya perubahan bentuk lantai bambu. Sehingga mempengaruhi permukaan coating yang terlalu keras. 

Biasanya coating yang terlalu keras akan mudah retak. Biothane justru memiliki permukaan coating yang fleksibel, jadi walaupun lantai berubah bentuk maka tidak ada masalah dengan lapisan coatingnya. 

  • Memberikan warna pasti transparan

Soal tampilan transparan Anda tidak perlu khawatir, karena coating Biothane memiliki tampilan yang transparan. Tidak ada hasil warna yang menguning atau memutih bahkan setelah digunakan dalam jangka waktu yang lama. Warna transparan adalah tujuan utama pengecatan lantai bambu. 

Tujuannya adalah supaya warna transparan didapatkan dan memberikan hasil yang sangat menarik. Transparansi dari Biothane juga berkat bahan pelarut air yang digunakan. Kandungan logam berat dalam cat tidaklah tinggi membuat hasil warna sudah pasti transparan. 

  • Tidak menimbulkan bau yang menyengat

Kebanyakan polyurethane dengan bahan pelarut solvent memiliki kekurangan dalam hal aroma menyengat. Aroma ini disebabkan thinner sebagai bahan pelarutnya. Padahal aroma menyengat ini juga disebabkan oleh kandungan logam berat yang menyengat. Anda tidak perlu mempermasalahkan aroma ini jika Anda menggunakan Biothane. 

Semua coating berbahan dasar air termasuk Biothane tidak mengeluarkan bau menyengat. Jadi siapa saja bisa menggunakannya dengan aman. Cukup dengan pelindung diri masker saja sudah bisa menggunakan menghalangi sisa toxic rendah yang tidak berbahaya bagi tubuh. 

  • Lapisan coating kering mudah dibersihkan

Coating yang sudah mengeras tidak semuanya mudah dibersihkan. Ada beberapa jenis polyurethane yang ketika dibersihkan justru memperlihatkan goresan. Padahal lantai harus dirawat secara berkala supaya tidak mengalami kerusakan. 

Untungnya Biothane adalah jenis produk cat yang paling mudah dibersihkan. Anda tidak perlu kesulitan dan takut akan goresan. Hasil tampilan dari Biothane yaitu mengkilap atau gloss bisa memperlihatkan kesan yang mewah tetapi juga menyamarkan goresan. 

Jadi jika Anda ingin mengaplikasikan coating Biothane pada lantai bambu adalah langkah yang sangat tepat. Anda tidak perlu mempermasalahkan soal coating yang mudah rusak, mengelupas bahkan rusak, karena cat yang sudah melakat sangatlah kuat. 

Proses Pewarnaan  Dan Perawatan Lantai Bambu

Proses bleaching lantai bambu telah selesai, lalu apakah proses selanjutnya yang akan Anda lakukan? Tentu saja memulai proses pewarnaan lantai bambu. Proses pewarnaan yang disebut finishing ini adalah langkah awal melakukan perawatan pada lantai bambu. Jika melihat fungsi dari lantai bambu dimana akan sering terkena gesekan maka pemilihan cat sebagai finishing haruslah tepat.

Ingin Lantai Bambu Tampak Cerah? Gunakan Obat Pemutih Bambu Dan Cat Water Based Ini
Contoh lantai bambu yang telah selesai difinishing.

Cat yang dipilih haruslah tahan terhadap goresan, tahan terhadap perubahan cuaca, tahan rayap dan jamur dua kali lipat dibandingkan dengan cat pada umumnya. Di sini Anda dapat menggunakan polyurethane. Cat kayu polyurethane khususnya produk BioThane yang merupakan cat water based akan memenuhi kebutuhan lantai bambu Anda.

Sebelum Anda menggunakan BioThane, Anda bisa menggunakan sanding sealer terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil finishing yang transparan. Gunakan BioColours Sanding Sealer untuk hasil yang sempurna. Berikut ini cara aplikasi yang bisa Anda praktekan.

  1. Amplas seluruh bagian dari lantai bambu, pastikan permukaan berubah menjadi halus dan juga menjadi lebih rata. Gunakan mesin amplas untuk mendapatkan hasil tersebut. Hilangkan sisa debu amplas. Untuk menghilangkannya Anda bisa menggunakan mesin vakum, pastikan semua debu amplas hingga pada sela kayu bersih.
  2. Campurkan BioColours Sanding Sealer dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk dengan rata kemudian spray ke seluruh permukaan lantai bambu setelah itu tunggu kering sekitar 60 menit hingga benar-benar kering. Lakukan pengamplasan dengan kertas amplas yang lebih halus lagi biasanya menggunakan nomor 400. Vakum sekali lagi untuk menghilangkan sisa debu amplas.
  3. Campurkan BioThane dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk rata. Setelah itu roll seluruh lantai bambu dengan BioThane hingga rata. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal Anda bisa mengulangi pengecatan hingga dua kali. Jika sudah rata tunggu benar-benar kering sekitar satu malam.

Ketiga cara mudah mengaplikasikan produk cat sebagai finishing akan emmbuat lantai bambu lebih tahan lama. Bahkan untuk penampilannya bisa sangat menarik yaitu dengan tingkat gloss yang tinggi. Lantai bambu akan tampak mengkilap setelah proses finishing selesai.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X