Bahan Kimia Pemutih Kayu di Cirebon, Untuk Kayu Mahoni

Bahan Kimia Pemutih Kayu di Cirebon, Untuk Kayu Mahoni

Tidak semua orang suka dengan warna merah dari kayu mahoni. Untuk mengubahnya Anda bisa menggunakan bahan kimia pemutih kayu. Begini caranya.

Kayu mahoni adalah jenis kayu favorit kedua setelah kayu jati, kayu mahoni memiliki serat yang lebih memukau. Tetapi ada beberapa masyarakat yang tidak menyukai warna dari kayu mahoni yang kemerahan ini.

Warna kayu mahoni yang kemerahan tersebut sangat bisa diubah menjadi warna kayu lain seperti kayu jati, kayu sonokeling, kayu walnut atau kayu oak yang memilki warna cokelat muda.

Bahan Kimia Pemutih Kayu di Cirebon, Untuk Kayu MahoniBagaimanakah caranya? Cara yang digunakan  adalah dengan proses bleaching. Proses bleaching ini membutuhkan bahan kimia pemutih kayu yang terpercaya. Salah satu bahan kimia pemutih kayu di Cirebon yaitu White Agent 250 akan memutihkan warna kayu mahoni. Hasil yang diberikan adalah warna putih cerah alami.

Jika Anda ditawari untuk mendapatkan warna putih dan merusak serat kayu mahoni sebaiknya jangan digunakan. Biasanya bahan pemutih tersebut akan merusak kayu bahkan untuk hasil warnanya tidak alami. Berbeda dengan bahan kimia pemutih kayu White Agent 250 yang akan memutihkan kayu mahoni hasil alami.

Produk White Agent yang di jual di Cirebon ini terbuat dari bahan aktif sodium hypochlorite NaClO  yang dirancang khusus untuk memutihkan kayu.Tidak hanya untuk kayu mahoni, White Agent 250 bisa Anda gunakan untuk berbagai macam jenis kayu seperti kayu jati, kayu jati belanda, kayu mangga. Kayu ulin dan juga kayu kruing. Selain kayu Anda bisa menggunakannya pada jenis serat alam lainnya seperti bambu atau rotan.

Menilik Keunggulan Bahan Kimia Pemutih Kayu White Agent 250

Warna yang cerah tidak rusak serat kayunya adalah keunggulan yang dimiliki White Agent 250. Namun tampilan bukan hanya kelebihan yang akan Anda rasakan sendiri. Sebagai bahan kimia pemutih kayu ada beberapa kelebihan yang diberikan untuk kayu serta aplikator. 

Baca Juga:  Ingin Lantai Bambu Tampak Cerah? Gunakan Obat Pemutih Bambu Dan Cat Water Based Ini

Apa saja keunggulan yang dimiliki White Agent 250? Anda bisa mengeceknya di sini:

  • Aplikator bebas dari iritasi kulit

Hal yang paling disayangkan oleh bahan pemutih kayu konvensional seperti H2O2 adalah sangat keras. Bahkan ketika terkena kulit akan menimbulkan iritasi atau ruam merah. Sangat berbahaya jika bahan tersebut mengenai wajah Anda. 

Namun menggunakan White Agent 250 akan menghindarkan resiko iritasi pada kulit. Bahan pemutih yang menggunakan pelarut air ini tidak berbahaya untuk kulit. Tak masalah selama Anda memiliki kulit normal, jika tidak sengaja terkena cipratan bahan tentu tidak menimbulkan masalah kulit. 

  • Terdapat logam pada kayu? Tidak akan korosi

Masalah korosi seringkali timbul beberapa minggu setelah Anda mengaplikasikan bahan pemutih konvensional. Namun hal tersebut tidak akan terjadi selama Anda menggunakan White Agent 250. Karat memang menimbulkan masalah penampilan yang kurang baik pada furniture berkayu mahoni. 

Untungnya White Agent 250 bukanlah bahan kimia yang membuat logam untuk korosif. Artinya Anda lebih leluasa saat mengaplikasikannya. Tidak perlu menutup bagian kayu yang berlogam. 

  • Proses aplikasi tidak tergantung cuaca

Pengeringan bahan supaya proses aging bekerja dengan cepat biasanya mengharuskan kayu supaya dijemur di bawah terik matahari. Langkah ini akan berfungsi jika Anda menggunakan H2O2 tetapi tidak dengan WA 250. 

Justru setelah kayu diaplikasikan dengan larutan WA250 Anda tak perlu menjemur. Kayu atau furniture mahoni hanya perlu didiamkan di dalam ruangan. Bahkan ketika musim hujan pun proses aging tetap akan berjalan dengan baik. BUkankah Anda bisa menyelesaikan dengan cepat dan sempurna? 

  • Bahan aplikasi lebih hemat

Dibandingkan H2O2, White Agent 250 memiliki harga yang lebih mahal. Tapi jangan lantas takut mahal Anda memilih H2O2. Sebenarnya penggunaan WA 250 justru lebih hemat karena bahan pelarut yang digunakan adalah air. Ditambah lagi dijual dalam kemasan kecil 1 kg. 

Baca Juga:  Politur Air Biovarnish untuk Tampilan Marmer Kayu Mengkilap

Coba saja bandingkan dengan H2O2 yang proses pelarutannya menggunakan thinner. Berapa banyak bahan pelarut yang harus dibeli? Tentu masih banyak uang yang harus Anda keluarkan. Belum lagi bahan pelarut thinner adalah jenis cairan yang sangat mudah menguap. 

  • Bisa diaplikasikan dengan berbagai macam alat

Anda memiliki keterbatasan alat atau tidak memiliki skill untuk menggunakan spray gun atau roller? WA 250 bukanlah bahan yang sulit diaplikasikan dan hanya menggunakan alat tertentu yang mahal. Anda bisa mengaplikasikannya dengan kuas bulu nilon. 

Pastikan saja kuas harus baru dan bersih. Jangan ragu untuk membeli kuas yang berkualitas tinggi supaya peresapan bahan lebih cepat dan hasilnya maksimal. 

Mencerahkan Warna Kemerahan Mahoni Menjadi Lebih Cerah

Dimanakah Anda biasanya menemukan kesulitan ketika melakukan bleaching kayu? Jika bahan baku atau bahan pemutih yang Anda gunakan adalah pemutih tekstil yang sering digunakan pengrajin kayu maka Anda akan tergantung panas matahari pada proses aplikasinya.  Jika Anda meggunakan White Agent 250 maka Anda tidak perlu bergantung pada panas matahari untuk proses aplikasinya.

Berikut ini cara aplikasi Whie Agent 250 untuk kayu mahoni. Anda bisa menggunakannya pada furniture yang belum di finishing seperti meja, kursi, bangku, tempat tiudr, dll.

  1. Siapkan media kayu yang siap untuk di bleaching seperti bebas dari debu dan juga minyak.
  2. Campurkan White Agent 250 dengan air perbandingan 1: 1. Pencampuran ini berfungsi untuk menurunkan intesitas hasil warna putih. Jika Anda ingin hasil warna tidak terlalu putih, Anda bisa menambahkan campuran air.
  3. Oleskan bahan White Agent 250 dengan kuas ke seluruh permukaan furniture kayu mahoni.
  4. Tunggu kering tanpa dijemur pada panas matahari sekitar 2 hingga 4 jam. Warna perlahan akan menua tetapi akan kembali menjadi cerah.
  5. Jika hasil warna kurang putih sesuai yang Anda inginkan maka Anda bisa mengulangi proses aplikasi. Warna putih terang akan didapatkan setelah 6 jam.
  6. Jika hasil warna sudah sesuai dengan yang diinginkan maka Anda bisa membilas furniture kayu mahoni dengan air yang sudah dicampur dengan sunlight guna menghilangkan sisa bahan pemutih yang tertinggal.
  7. Jemur furniture kayu mahoni dengan kiln dry atau di oven hingga mendapatkan MC kayu yang diinginkan biasanya 12%.
Baca Juga:  Penampilan Baru Sofa Lama dengan Kayu Palet

Tips supaya hasil finishing lebih berhasil adalah selalu ikuti langkah-langkah ini dengan tepat. Jangan pernah lupa untuk membilas kayu supaya residu yang tertinggal tak mempengaruhi tingkat kelembaban kayu nantinya.

Jika pembilasan tidak bersih, nantinya setelah diaplikasikan warna kayu akan terus memutih dan hasilnya belang. Jadi jangan selalu bilas kayu jika warna yang diinginkan sudah muncul.

Kota Cirebon, Cabang Bahan Kimia Pemutih Kayu Terpercaya

Apakah produk bahan pemutih kayu yang saat ini Anda gunakan sudah terpercaya.Hati-hati salah memilih bahan pemutih kayu bisa membuat furniture Anda tidak tahan lama dan penampilan yang tidak sesuai. Maraknya penggunaan bahan pemutih tekstil yang kemudian digunakan untuk kayu harus segera dikurangi. Ini akan mempengaruhi dari segi ketahanan furniture Anda.

Bahan Kimia Pemutih Kayu di Cirebon, Untuk Kayu Mahoni

Di kota Cirebon terdapat salah satu tempat yang menyediakan bahan kimia pemutih kayu. Di tempat ini pun Anda bisa mendapatkan berbagai macam jenis produk cat water based baik warna solid maupun warna natural. Produk Biovarnish dan cat kayu besi Orchid pun menjadi pilihan masyarakat terfavorit karena tingkat keamanannya sudah terjamin.

Manakah produk yang akan Anda pilih? Apakah Anda akan melakukan bleaching dengan White Agent 250 atau Anda akan tetap menggunakan bahan pemutih tekstil yang sudah terbukti cepat merusak serat kayu?

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X