Obat Pemutih Kayu di Jawa Tengah Untuk Home Indutsri

Obat Pemutih Kayu di Jawa Tengah Untuk Home Industri

Jawa Tengah memiliki home industri kerajinan serat alam sangat bervariasi. Kerajinan ini salah satunya adalah kerajinan batok kelapa, hanya saja warna yang tidak rata sering menjadi masalah. Obat pemutih kayu bisa jadi solusi yang tepat.

Serat alam batok kelapa ini bisa diproses menjadi berbagai macam kerajinan seperti home decor, tas, hiasan meja, dompet, tempat tisu. Sentra kerajinan yang terpusat di kota Pekalongan ini sangat membantu perekonomian warga bahkan tidak jarang produk kerajinan telah di ekspor ke luar negeri seperti Eropa dan Amerika.

Obat Pemutih Kayu di Jawa Tengah Untuk Home IndutsriIndustri home industri selalu membutuhkan kreasi tinggi untuk mengembangkan usahanya. Salah satu bahan yang meringankan dan sangat dibutuhkan dalam mengolah batok kelapa adalah obat pemutih kayu. Bahan pemutih kayu ini sangat efektif dalam menerangkan warna batok kelapa sehingga waarna batok kelapa bisa diubah.

Memilih Obat Pemutih Kayu Untuk Kerajinan Batok Kelapa

Memilih obat pemutih kayu untuk batok kelapa tidak bisa sembarangan karena bisa jadi tidak memperlihatkan serat batok kelapa tetapi malah akan merusak serat. Bahan pemutih yang masih sering digunakan para pengrajn dan mungkin Anda adalah bahan pemutih untuk tekstil.

Warna yang diberikan adalah putih sehingga serat batok kelapa akan rusak bahkan dalam jangka waktu yang pendek. Jika Anda menggunakan obat pemutih kayu yang tepat maka batok kelapa tidak akan rusak. Ingin tahu bagaimana memilih obat pemutih kayu di Jawa Tengah yang khusus untuk  serat alam? Berikut penjabarannya:

  1. Menggunakan bahan pelarut air

Jika bahan yang digunakan bukanlah bahan kimia keras maka bahan pelarutnya adalah air. Bahan pelarut air cenderung aman dan tidak berbahaya.

  1. Tidak menimbulkan korosi

Obat Pemutih Kayu di Jawa Tengah Untuk Home IndutsriSalah satu bahan yang kimia yang keras dapat menimbulkan korosi atau karat pada material besi. Ketika Anda mengaplikasikannya pada kerajinan yang menggunakan besi maka Anda harus memilih produk obat pemutih kayu yang tidak menimbulkan karat agar tidak berbahaya bagi penggunannya.

  1. Hasil warna yang natural
Baca Juga:  Manufaktur Cat Kayu Mengkilap Biovarnish

Hasil warna selalu menjadi prioritas. Warna yang putih alami akan lebih menarik dibandingkan hasil warna seperti telah dilakukan bleaching. Terlabih lagi apabila setelah itu Anda akan melakukan finishing warna natural. Hasil bleaching warna natural akan lebih menarik dan juga lebih  terlihat serat.

  1. Mudah untuk diaplikasikan

Aplikasi adalah salah satu hal yang harus sangat diperhatikan. Tidak semua produk  mampu diaplikasikan dengan mudah. Salah satu ciri aplikasi mudah adalah dengan kuas atau hanya dengan direndam saja. Bahkan untuk pengeringannya tidak membutuhkan panas matahari atau cukup dengan suhu udara dalam ruangan saja. Maka dalam proses aplikasi tidak tergantung pada musim saja.

  1. Tidaka memberikan efek iritasi

Apabila tidak ada efek iritasi pada kulit normal maka obat pemutih kayu tersebut sangat direkomendasikan. Produk yang tidak menimbulkan iritasi sangat aman digunakan. Kebanyakan produk pemutih atau bleaching ini masih sangat keras bahkan bisa menimbulkan luka bakar.

Apakah Produk Obat Pemutih Kayu di Jawa Tengah?

Melihat potensi dari kerajinan maka apakah obot pemutih kayu di Jawa Tengah yang sangat dicari?  Produk yang sesuai dengan ciri ciri di atas adalah White Agent 250. Produk yang terbuat dari bahan aktif sodium hypochlorite NaClO ini dirancang khusus untuk memutihkan kayu dan bahan serat alam lainnya.

Berbeda dengan bahan pemutih kayu atau serat alam lainnya produk White Agent bisa Anda gunakan tanpa harus direbus atau panas matahari. White Agent 250 yang dikemas dalam kemasan 1 kg, 5 kg dan 20 kg ini bisa Anda akses melalui online ke seluruh wilayah Jawa tengah.

Cara Memutihkan Batok Kelapa dengan WA 250

Mendapatkan warna batok kelapa yang lebih seragam tanpa mengurangi keindahan seratnya memang tak mudah dilakukan. Disisi lain pengrajin dituntut untuk bisa menciptakan tampilan indah menggunakan pernis saja. 

Baca Juga:  tentang situs hargacat.com

Oleh karena itu dibutuhkan WA 250 yang merupakan bahan pemutih kayu aman yang juga bisa digunakan pada batok kelapa. Penggunaannya sendiri tepat sebelum proses finishing dimulai. Jadi akan lebih baik jika proses bleaching ini dilakukan satu hari sebelumnya. 

Waktu yang dibutuhkan untuk mengaplikasikan hanya sebentar, namun proses aging yang diperlukan tidaklah sebentar. Butuh waktu beberapa jam untuk melihat hasilnya. Tapi jika sudah terbiasa maka hanya sekali membuat larutan Anda bisa mendapatkan hasil sempurna. 

Berikut ini langkah-langkah yang bisa diikuti ketika menyeragamkan warna batok kelapa untuk kerajinan dengan White Agent 250. 

  • Mengamplas dan membersihkan batok kelapa

Langkah pertama yang dilakukan adalah mengamplas guna menghaluskan batok kelapa sekaligus membuka porinya. Batok kelapa yang sudah dibentuk menjadi kerajinan tentu tak sulit untuk di amplas. Anda hanya perlu menggunakan amplas nomor 220 saja dan amplas hingga rapi. 

Selesai pengamplasan bersihkan batok kelapa satu per satu menggunakan kanebo. Cara ini lebih praktis untuk mengangkat debu dan kotoran lebih efisien. Sisihkan batok kelapa dan mulai untuk membuat larutan. 

  • Pengenceran WA 250 di wadah yang terpisah

WA 250 adalah obat pemutih kayu yang aman karena menggunakan air. Sebagai home industri bahan ini tergolong sangat hemat. Anda tak perlu membeli pelarut thinner seperti halnya ketika menggunakan pemutih kayu seperti H2O2. 

Pelarutan dimulai dengan mencampurkan WA 250 dengan air perbandingannya adalah 1:1. Namun jika Anda ingin mendapatkan warna yang tidak terlalu cerah dan masih sedikit terlihat warna coklat dari batok bisa melarutkan dengan perbandingan 2:1.

Selesai mencampurkan jangan lupa diaduk. Gunakan pengaduk dari stainless steel yang bersih. Aduk hingga tak ada larutan yang mengendap. Jangan lupa tetap menggunakan masker sebagai perlindungan wajah dan pernapasan. 

  • Melapisi batok kelapa dengan larutan WA 250
Baca Juga:  Jual Bahan Bleaching Kayu WA 250 Bagus Untuk Kayu Pinus

Selesai mengencerkan Anda bisa menggunakan kuas berbulu nilon yang baru. Kuaskan dengan rapi dan mengikuti arah serat batok kelapa. Anda bisa menguaskan tipis saja untuk melihat hasil yang pertama. 

Kuaskan satu lapisan saja dan tunggu proses keringnya selama 4 hingga 6 jam. Waktu mengeringkan tidak boleh dibarengi dengan penjemuran. WA 250 justru akan bereaksi buruk jika Anda menjemurnya langsung di bawah matahari. 

Batok kelapa cukup diangin-anginkan dalam ruangan yang teduh dan bersirkulasi udara baik. Lama kelamaan warna cerah akan terlihat hingga beberapa jam ke depan. 

  • Pengulangan aplikasi dan pembilasan

Setelah 6 jam Anda bisa melihat hasil warna akhirnya. Namun jika setelah itu warna dirasa kurang cerah dan noda kotor masih terlihat, maka ulangi aplikasi satu lapisan lagi. Tunggu beberapa jam dan Anda bisa melihat hasilnya. 

Pengulangan aplikasi ini bisa dilakukan hingga beberapa kali sampai Anda mendapatkan warna yang diinginkan. Jika warna sudah terpenuhi, lanjutkan dengan pembilasan. Gunakan air yang dicampur dengan air sabun untuk mencuci bersih batok kelapa. 

Fungsinya untuk membersihkan sisa larutan yang menyerap ke pori batok kelapa. Sehingga nantinya larutan tidak bekerja terus menerus untuk mencerahkan warna batok. Selain itu juga menjaga tingkat kelembabannya. 

Warna sudah didapatkan dan batok kelapa sudah didapatkan. Anda hanya perlu menjemur batok kelapa hingga kering benar dan masuk ke proses pengecatan. 

Bagi Anda pengrajin batok kelapa akan sangat mudah dan juga aman jika menggunakan obat pemutih kayu WA 250. Anda bisa membelinya dengan mudah melalui webiste ini baik skala kecil maupun dalam skala besar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X