assorted color paint buckets

10 Jenis Cat Dasar Kayu Yang Perlu Anda Ketahui

Cat dasar kayu pada proses mengecat memberikan hasil yang dan optimal. Keputusan yang cukup tepat untuk mengetahui jenis cat sebelum memulai prosesnya.

Furnitur pasti tidak bisa lepas dari kebutuhan akan lapisan finishing. Bahan untuk finishing ini pun bermacam-macam. Untuk industrial mebeling, lapisan finishing dapat dilakukan dengan beberapa tahap hingga mendapatkan tampilan yang diinginkan.

Bahan cat yang umum digunakan pada industri mebeling antara lain melamin, pelitur, PU, NC, cat duco dan cat waterbased. Meskipun ada juga beberapa cat yang dapat digunakan oleh seorang pemula untuk mengecat ulang furnitur lama seperti pelitur.

Saat ini, terdapat bahan finishing yang lebih praktis dan sudah banyak dijual di toko home interior seperti PVC, HPL atau veneer. Lapisan tersebut hanya tinggal di tempel seperti pada lemari, furnitur, dinding dll.

Bertambahnya kebutuhan untuk melapisi furnitur tersebut maka semakin banyak pula manufaktur bahan cat yang berkembang di Indonesia. Kebutuhan bahan cat di atas umumnya disesuaikan dengan selera dan kebutuhan dari konsumen itu sendiri.

macam-macam-warna-untuk-interior
Jenis-jenis cat kayu
  • Cat Water Based

Seperti namanya, cat water based yaitu cat kayu yang menggunakan bahan pelarut air. Cat ini memiliki kelebihan tidak mengandung bahan kimia berbahaya sehingga tidak mudah menguap. Selain itu juga lebih ramah lingkungan

Bahan cat satu ini dapat diaplikasikan dengan memoles wax khusus kayu. Umumnya, wax memiliki tampilan yang transparan dengan tekstur yang sedikit padat. Ketika mengaplikasikan wax, Anda hanya perlu menggunakan kain bersih.

Terdapat wax kayu yang food grade sehingga aman jika digunakan untuk benda yang bersentuhan langsung dengan makanan.

  • Pelitur

Cat kayu yang satu ini sudah umum di pasaran bahkan mudah ditemukan karena dijual di mana-mana. Selain itu, cat ini mudah diaplikasikan baik menggunakan kuas ataupun semprot.

  • Melamin
Baca Juga:  Cara Aplikasi Biovarnish Dengan Spray System untuk Warna Natural Pada Sangkar Burung

Melamin seperti halnya dengan pelitur namun memiliki tampilan yang lebih eksklusif dan berkelas dengan aksen tampilan seperti lapisan kaca. Sayangnya, cat ini mengeluarkan bau yang sangat menyengat dan cukup berbahaya untuk kesehatan sehingga tidak disarankan untuk diaplikasikan di dalam ruangan.

  • NC (Nitro Cellulose)

Cat kayu ini juga hampir mirip dengan melamin dan pelitur. Namun, karena membutuhkan tekanan udara saat mengaplikasikannya, maka disarankan untuk diaplikasikan menggunakan metode semprot.

Bahan cat yang satu ini dikenal sebagai pelapis yang sangat kuat atau heavy duty. Cat ini umumnya digunakan untuk lapisan yang kuat seperti media yang terkena air laut, decking, flooring dll.

Cat duco umumnya digunakan untuk mendapatkan tampilan non-transparan sehingga memberikan kesan warna yang bulat dan tajam. Cat ini memiliki warna-warna solid yang indah.

  • Veneer

Lapisan cat non-transparan ini berupa lembaran seperti tekstur kayu dengan ketebalan sekitar 0,5cm. Umumnya, tampilannya sangat mirip dengan kayu dan digunakan untuk lantai, tembok atau furnitur.

  • HPL (High Pressure Laminate)

Seperti halnya dengan veneer, hpl merupakan lembaran dengan tekstur permukaannya yang sangat mirip dengan kayu. HPL dikenal sebagai lapisan cat yang cukup mudah dan praktis.

  • PVC

Lapisan finishing ini umumnya tebal dan dalam bentuk lembaran yang panjang kurang lebih 3 m. Lapisan cat ini paling kuat dibandingkan yang lain. Sayangnya, bahan yang digunakan tidak ramah lingkungan dan hasilnya tidak memperlihatkan tampilan natural kayu.

Cat Kayu Water Based Di Indonesia

Cat water based tergolong jenis cat yang masih terus dikembangkan di Indonesia. Maskipun demikian, cat ini memiliki kualitas yang sangat baik. Bahkan cat water based juga lebih aman dibandingkan cat solvent based karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya serta rendah VOC.

Baca Juga:  Produsen Cat Kayu Water Based Terpercaya Di Indonesia

Kehadiran cat water based di dunia finishing sudah ada sejak abad 19. Awalnya, cat tersebut banyak digunakan untuk cat tembok. Namun seiring waktu, isu tentang cat ramah lingkungan ini mulai redup dan baru muncul kembali pada sekitar abad 20.

Hal ini berkaitan dengan isu keamanan bahan cat yang beredar di pasaran, isu kesehatan bahkan pemanasan global. Saat ini, cat water based dikembangkan menjadi cat kayu bukan hanya cat tembok saja.

Cat water based kemudian dikembangkan guna mengurangi polusi udara yang diakibatkan oleh cat konvensional dengan bahan kimia berbahaya. Selain itu, kandungan bahan kimia dari cat berbahan solven sangat membahayakan kesehatan.

Cat water based yang memiliki kualitas serta bahannya yang aman adalah cat yang dikembangkan oleh manufaktur cat kayu water based Biovnish. Cat ini sangat baik digunakan pada kegiatan mengecat karena memiliki daya rekat film yang kuat serta transparansi yang bagus.

Cat Biovarnish punya kemampuan rekat yang sangat baik pada permukaan media dan memiliki tampilan yang lebih tajam. Tingkat glossy Biovarnish juga sangat baik pada furnitur mencapai angka 80%.

Biovarnish adalah salah satu cat water based yang direkomendasikan. Cat ini terbuat dari water based acrylic yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya serta rendah VOC.

Seperti halnya cat water based lainnya, cat ini juga cepat kering tanpa harus dikeringkan di bawah sinar matahari. Dengan keunggulan tersebut, cat ini dapat diaplikasikan di mana pun dan dalam berbagai kondisi cuaca.

Menariknya, semua produk cat dari Biovarnish memiliki elastisitas yang baik sehingga cat tersebut dapat bertahan dalam kondisi cuaca yang berubah-ubah. Cat produk Biovarnish juga tidak mudah mengalami proses flacking akibat perubahan cuaca.

Baca Juga:  Manufaktur Cat Kayu Jati Biovarnish

Manufaktur Cat Kayu Water Based Biovarnish

Dengan menggunakan cat kayu yang aman yaitu cat water based, maka Anda telah menjaga kesehatan serta mengurangi dampak buruk bahan kimia cat pada lingkungan sekitar Anda.

Bio Industries merupakan manufakturing yang khusus mengembangkan produk-produk bahan kimia dan fokus pada cat yang ramah lingkungan. Salah satu produk unggulannya adalah Biovarnish untuk tampilan natural kayu.

Manufakturing ini tidak hanya menyediakan cat kayu saja melainkan juga berbagai bahan anti jamur, anti rayap, bleaching kayu, poles kayu dan lain sebagainya.

Untuk informasi dan pemesanan cat dasar kayu serta bahan finishing lainnya dari manufaktur cat kayu water based ini, silahkan menghubungi kontak hotline yang tercantum pada website ini. Atau Anda dapat juga menghubungi via email di [email protected]

Apabila Anda ingin memesan produk secara praktis dan mudah, langsung saja memesan via marketplace kesayangan Anda melalui tautan di bawah ini.

marketplace tokopedia
marketplace bukalapak
marketplace shopee

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X