6 Model Partisi Ruangan Yang Cocok untuk Hunian Minimalis Modern

Menciptakan ruangan yang nyaman dan lega, salah satunya dapat diaplikasikan dengan partisi atau sekat ruangan. Selain fungsinya sebagai sekat, gunakan partisi yang bisa memberi kesan elegan.

Partisi atau dikenal juga sebagai sekat ruangan merupakan salah satu elemen hunian rumah yang cukup sering digunakan guna menjeda ruangan yang satu dengan ruangan yang lainnya. Penggunaan ruangan yang disekat dengan tembok dan partisi akan terasa perbedaannya.

Jika sekat menggunakan tembok akan membuat ruangan terkesan penuh dan tidak fleksibel. Berbeda dengan partisi, yang mana sekat tersebut tidak memakan tempat dan memiliki beragam model yang dapat Anda pilih. Saat ini, banyak partisi yang bisa Anda pilih di pasaran mulai dari kayu, alumunium, kaca, ataupun natural fiber.

Pemilihan material partisi ini harus disesuaikan dengan selera Anda masing-masing. Sebabnya, tidak semua orang menyukai satu model saja. Lalu seperti apakah model partisi yang bagus untuk hunian minimalis?

6 Model Partisi Untuk Hunian Minimalis Modern

Partisi dengan Finishing Natural Kayu

Hunian minimalis umumnya memiliki ruang yang terbatas sehingga dibutuhkan desain ataupun peletakan furnitur serta aksesoris rumah yang tepat. Jika tidak dilakukan dengan tepat maka hasilnya justru ruangan terkesan penuh dan sesak. Maka dari itu, disarankan untuk tidak menggunakan jenis furnitur yang besar dan banyak.

Tidak semua furnitur dapat disesuaikan dengan hunian termasuk hunian minimalis. Maka dari itu, pastikan Anda memilih desain furnitur yang khusus untuk ruangan yang sempit. Nah, untuk menyekat ruangan satu dengan yang lainnya maka Anda dapat menerapkan partisi.

Adapun model partisi untuk hunian minimalis di antaranya:

  • Partisi Gantung

Partisi ini didesain dengan memasang gantungan pada langit-langit. Desain ini membuat ruangan terasa lebih modern. Umumnya, material yang digunakan adalah alumunium karena lebih ringan dan mudah dibentuk.

Pola partisi gantung ini juga bermacam-macam. Anda dapat meminta pembuat partisi sesuai dengan pola yang Anda inginkan. Disarankan untuk tidak memilih pola yang tertutup secara keseluruhannya sehingga ruangan terasa lebih lega.

  • Partisi Kisi Kayu

Salah satu partisi yang saat ini cukup banyak diminati adalah partisi kisi kayu. Pastisi ini dipasang horizontal berjajar sehingga membentuk kisi-kisi yang memperindah ruangan. Selain itu, ruangan yang menggunakan partisi ini akan terasa lega karena terdapat bagian yang terbuka.

Akan lebih indah jika partisi kisi kayu ini menerapkan tampilan natural kayu yang terang seperti warna kayu jati sehingga ruangan terasa lebih lega oleh efek warna cerah pada kayu tersebut.

  • Pastisi Rak Buku

Tidak sedikit orang memilih rak buku sebagai partisi. Tentu saja model rak buku yang digunakan tidak seperti lemari tetapi berbentuk sekat-sekat yang dikhususkan untuk meletakkan buku. Bagi Anda yang hobi membaca, pasti cukup sulit meletakkan buku-buku pada hunian rumah minimalis. Nah, rak buku sebagai partisi bisa menjadi solusi tepat bagi Anda.

  • Partisi Rak Tanaman

Partisi lain yang tidak kalah menarik perhatian adalah partisi rak tanaman. Pada hunian minimalis, umumnya tanaman hias diletakkan pada rak sudut atau rak dinding. Namun, Anda bisa juga menerapkan partisi tanaman untuk menghidupkan ruangan dan juga membuat ruangan tersebut terasa lebih lega.

  • Partisi Sliding Glass

Partisi yang satu ini umum digunakan untuk hunian rumah karena penggunaan kaca. Ya, kaca memberikan ruangan lebih luas dan lega. Oleh karena kaca umumnya tembus pandang, maka Anda dapat mengakalinya dengan penggunaan kaca yang sedikit buram untuk menjaga privasi ruangan Anda.

  • Partisi Geometris

Partisi geometris memiliki desain yang geometris dan umumnya menggunakan material kayu. Namun, Anda juga dapat menerapkan material dari natural fiber. Pola ini akan memberikan nuansa ruangan lebih modern terlebih jika lantai yang diterapkan masih menggunakan semen atau keramik dengan desain semen, sehingga ruangan terasa lebih hidup namun tetap natural.

Finishing Partisi dari Kayu atau Natural Fiber Yang Tepat

Untuk hunian minimalis, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan material dari serat alam atau kayu. Material ini sangat fungsional dan bisa membuat suasa menjadi cukup hidup. Nuansa hidup ini terutama jika Anda menginginkan konsep yang elegan dan natural.

Penggunaan kayu untuk kebutuhan rumah sudah umum sehingga tetap tidak kalah pamor dengan alternatif material lainnya. Meskipun harganya yang kini sudah banyak yang merangkak naik dibandingkan dengan material lainnya, banyak orang lebih memilih merogoh kantong lebih dalam untuk menciptakan nuansa rumah seperti yang diidamkan dengan nuansa kayu.

Agar tidak percuma atau sia-sia dalam memanfaatkan kayu, sebaiknya cat partisi yang terbuat dari kayu menggunakan bahan cat berbasis water based? Kenapa demikian? Sebab, cat water based lebih ramah lingkungan dan sangat cocok jika diterapkan untuk indoor.

Cat water based memiliki tampilan yang tidak kalah dengan cat kayu konvensional seperti pelitur. Warnanya pun cukup beragam. Hal menarik lainnya adalah cat tersebut tidak mengeluarkan bau sehingga ketika diletakkan di dalam ruangan tidak meninggalkan bau yang menyengat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X