Cat Dapur yang Berbahaya Bisa Mencemari Lingkungan

Cat Dapur yang Berbahaya Bisa Mencemari Lingkungan

Melakukan proyek finishing di rumah khususnya untuk bagian dapur mulai dari furnitur hingga dinding akan membutuhkan waktu yang lama. Namun bagi Anda yang menyukai untuk proses ini tidak akan menjadi masalah berapa lama Anda membutuhkan waktu untuk menyelesaikannya.

Bahan yang digunakan sangat sederhana, jika Anda ingin mengelupas lapisan cat lama paint remover menjadi solusinya. Sedangkan untuk peralatan perbaikan furnitur yang telah rusak Anda bisa memanfaatkan lem kayu, serbuk kayu dan juga engsel pintu atau kabinet yang baru.

Pekerjaan merenovasi bukan pekerjaan yang terlalu berat bahkan jika Anda adalah seorang wanita atau ibu rumah tangga. Namun Anda harus tetap hari-hati dalam mengerjakanya. Produk lem bahkan cat dapur yang digunakan bisa saja berbahaya.

Sudah sangat dikenal bahwa pada lem kandungan formaldhyde yang menguap sangatlah tinggi. Tidak terkecuali bahan cat pada dinding dan furnitur, kandungan tersebut juga masih sangat tinggi. Ketika Anda membuka kaleng cat dan timbul aroma menyengat maka aroma tersebutlah mengandung banyak formalin.

Bahaya yang dihasilkan pun cukup tinggi dan dalam jangka panjang Anda dapat terjangkit kanker yang mematikan. Menghindari hal tersebut maka sebaiknya memilih cat dapur yang tepat adalah solusi terbaik.

Kenali Kandungan VOC pada Cat

Ada banyak jenis cat termasuk beberapa didalamnya memiliki kandungan senyawa organik yang tinggi. Senyawa organik ini merupakan bahan dasar dari cat. Kecenderungan organik berasal dari kekhawatiran atas asap cat yang dibuat oleh bahan-bahan tertentu yang ditemukan dalam cat standar senyawa organik yang mudah menguap, atau VOC.

VOC dapat menyebabkan sejumlah reaksi, mulai dari sakit kepala dan iritasi kulit hingga mual dan pusing. Mereka paling berbahaya bagi tukan cat profesional yang bekerja dengan mereka setiap hari, tetapi bahkan para penghobi dalam hal finising dan woodworking perlu mengambil tindakan pencegahan, terutama ketika mengecat di dalam ruangan seperti dapur. Itu karena, bahkan dengan ventilasi yang baik, Anda terpapar ke tingkat yang jauh lebih tinggi daripada saat mengecat di luar.

Cat Dapur yang Berbahaya Bisa Mencemari LingkunganBadan Perlindungan Lingkungan di Eropa dan Amerika telah menetapkan tingkat emisi VOC yang dapat diterima untuk produk cat. Beberapa negara bahkan memiliki standar yang lebih ketat yang membatasi jenis cat yang dapat digunakan dalam pengaturan khusus. Tetapi Anda bisa melangkah lebih jauh dengan memilih cat berlabel rendah atau tidak-VOC.

Memilih bahan finishing dengan label rendah VOC di Indonesia kini tidak terlalu sulit. Anda bisa mendapatkannya dalam produk bahan finishing water based. Semua produk cat yang memiliki kadar rendah VOC berasal dari cat water based.

Bahan dasar air yang dicampur dengan resin membutuhkan beberapa jenis bahan dapat digunakan untuk menggabungkan keduanya. Inilah sebabnya cat water based tidak mengandung logam berat tinggi karena bahan tersebut harus dapat menyatukan antara resin dan juga air.

Melihat bahan dasar air yang digunakan maka pelarut yang digunakan pun adalah air. Ketika Anda menggunakan cat solvent dengan kandungan VOC tinggi, bahan pelarut yang dibutuhkan adalah thinner atau spiritus dimana bahan pelarut keduanya terkenal dengan tinggi kandungan VOC.

Inilah mengapa Anda harus memilih cat water based yang tidak akan menimbulkan pencemaran lingkungan khususnya dalam dapur Anda. Ketika Anda menggunakan bahan finishing ini Anda tidak perlu kahwatir lagi akan bau menyengat hingga pengaplikasian yang rumit.

Penggunaan Cat Water Based yang Aman dan Ramah Lingkungan

Persiapan untuk mengecat harus melindungi Anda seperti jendela, lantai, dan perabotan dan mungkin membutuhkan waktu lebih lama daripada mengecat yang sebenarnya, tetapi ini menghabiskan waktu dengan baik. Ingatlah kiat-kiat dalam mengecat  yang sehat ini:

  • Lindungi lantai dan perabotan. Letakkan lembaran plastik atau terpal di atas lantai dan perabotan apa pun yang tidak dapat dipindahkan ke ruangan lain.
  • Tandai ruang cat. Gunakan selotip pelukis untuk menentukan ruang yang akan Anda lukis. Gunakan ini untuk melindungi area yang tidak Anda lukis, seperti tepi luar jendela, bingkai jendela, dan pinggir.
  • Maksimalkan ventilasi. Bahkan dengan formulasi rendah atau tanpa-VOC dan tidak berbau, Anda harus tetap memberikan ventilasi sebanyak mungkin. Buka jendela dan, setelah selesai, nyalakan kipas di area tersebut. Bahkan ketika Anda menggunakan pilihan cat yang paling sehat, asap dapat memperburuk kondisi pernapasan seperti asma.
  • Menggunakan alat perlindungan. Kulit Anda bisa menyerap bahan kimia. Kenakan sarung tangan, lengan panjang, celana, dan topi mengecat untuk menjaga agar tidak mengecat di kulit Anda.
  • Praktek keselamatan tangga. Disarankan untuk menggunakan tangga dengan dasar yang lebar dan bar pendukung dan merekomendasikan merek dengan kaki yang dapat disesuaikan yang memungkinkan Anda untuk mengecat dengan aman di tangga atau tingkat yang berbeda. Sebelum Anda menggunakan tangga apa pun, periksa untuk memastikan kondisinya baik.
  • Jangan mengecat jika Anda hamil. Meskipun morning sickness dapat mengubah Anda dari jenis proyek ini, mengecat saat hamil umumnya bukan ide yang baik untuk alasan lain. Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Environmental Health menunjukkan bahwa paparan asap cat tertentu selama trimester pertama dapat mengakibatkan cacat lahir. Juga tidak pernah aman untuk bangun di tangga selama kehamilan.

Dalam banyak kasus, Anda dapat tidur di kamar yang dicat pada malam Anda mengecatnya, terutama jika Anda menggunakan cat yang aman, berventilasi baik, dan mulai pada pagi hari. Namun, jika ada bau berlama-lama membuat Anda merasa sakit atau pusing atau jika Anda sakit kepala, tidur di tempat lain.

Tandanya penggunaan cat dalam ruangan kamar tidak aman. Sama halnya ketika Anda menggunakan dapur. Mungkin Anda telah membuka jendela saat berada di dapur. Namun sirkulasi udara belum tentu menjamin tidak adanya  polusi yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Sangat mudah bukan untuk menggunakan cat dapur berbasis air? Untuk produk yang disarankan agar Anda bisa menggunakannya dengan maksimal adalah dengan menggunakan produk BioColours. Produk ini memiliki beragam warna solid yang bisa dipilih.

Warna dari cat berbasis air dari BioColours akan menutup warna asli dari semua furnitur kayu. Ya untuk penggunaan Anda tidak perlu bingung karena Anda cukup menggunakan bahan pelarut air dan juga sistem semprot dengan spray gun.

Aplikasi tidak bergantung dengan  panas matahari, baik pada saat mendung dan hujan cat akan mengering dengan sempurna dan dalam waktu yang sangat cepat. Ketika Anda akan menggunakan bahan cat biasanya panas matahari membantu untuk menyempurnakan tingkat pengeringan.

Hal tersebut hanya terjadi pada cat solvent dan tidak pada cat BioColours yang berbasis air ini. Nah tunggu apalagi untuk memulai proses finishing dengan bahan cat Anda? Kini yang perlu Anda lakukan adalah membeli bahan dan memulai untuk proses pengecatan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X