persiapan mengecat dengan cat duco

Persiapan Mengecat dengan Cat Duco Terbaik agar Tahan Lama

Saat ini kita hidup di zaman yang serba cepat termasuk proses finishing. Ada banyak tawaran produk cat duco terbaik yang proses aplikasinya hanya dengan kuas saja. Bahkan ada perusahaan yang menawarkan produk cat tanpa langkah persiapan langsung kuas. 

Sebuah kesalahan besar jika persiapan tidak dilakukan dalam tahapan mengecat. Untuk beberapa kasus seperti perbaikan hal ini boleh saja Anda lakukan tapi untuk proyek-proyek besar sebaiknya jangan. 

Cat duco adalah produk cat warna solid yang tidak bisa diaplikasikan sendiri, ada beberapa produk lain yang juga harus disertakan. Jadi sebelum mengambil tindakan langsung mengaplikasikannya tanpa persiapan, Anda harus tahu apa maksud dari produsen cat mengeluarkan produk tersebut. 

Apa alasan mengapa muncul produk tanpa persiapan dan bagaimana cara menggunakan cat duco agar hasilnya tahan lama? Anda bisa mengikuti trik di sini. 

Trik Mengecat dengan Cat Duco Terbaik agar Lebih Tahan Lama

Persiapan dalam menggunakan cat duco terbaik

Apa yang dimaksud produk tanpa persiapan finishing sebagian besar adalah tidak membutuhkan pengamplasan. Boleh saja Anda tidak mengamplas permukaan kayu seperti yang dianjurkan oleh pabrikan karena cat akan tetap menempel pada permukaan kayu. 

Hanya saja akibat yang lebih jauh adalah cat tidak bertahan lama. Bahkan ketika Anda sudah menggunakan cat duco terbaik yang harganya mahal sekalipun. Kecuali jika Anda sering bosan dan berencana terus mengganti tampilan furnitur kayu maka tidak masalah. 

Sebenarnya tahapan persiapan itu sangat simpel dan hanya ada empat jenis saja. Jika Anda mengikuti langkah mudah ini maka lapisan coating dapat bertahan lama. Furnitur pun juga akan disukai, tampilannya juga berbeda. 

Trik 1. Memperbaiki Furniture sebelum Mengecat

Ketika memiliki proyek refinishing maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah dilihat permukaan kayu secara mendetail. Apakah terdapat bagian yang tidak memiliki kaki, cacat lubang atau pegangan laci yang copot? Pada tahapan inilah saatnya Anda melakukan perbaikan. 

Baca Juga:  Pabrik cat kayu yang bagus BioVarnish Untuk Finishing Wooden High Chair

Untuk cacat kayu seperti lubang, isilah dengan dempul kayu yang dicampur dengan serbuk kayu. Tapi jika hanya cacat goresan atau lubang kecil Anda bisa menutupnya langsung dengan dempul saja. 

Bisa juga menggunakan lem yang dicampur dengan serbuk, tetapi dampak buruknya adalah cat tidak menghasilkan warna yang sama rata nantinya. Kemudian jangan lupa untuk melepaskan ornamen pada furnitur yang terbuat dari besi agar tidak kotor. 

Sebelum membersihkan Anda perlu memilih cat duco terbaik apa yang hendak digunakan. Bayangkan jika furnitur dilapisi oleh warna dari cat duco. Dengan begitu Anda bisa dengan mudahnya mendapatkan hasil sesuai bayangan. 

Trik 2. Membersihkan Furniture sebelum Mengecat

Selain memperbaiki cacat dengan mendempul atau mengelem bagian yang lepas Anda juga harus membersihkan furniture. Permukaan kayu cenderung terlapisi dengan debu dan kotoran lainnya. 

Langkah ini begitu penting dan tidak boleh dilewatkan jika tak ingin nantinya permukaan coating chipping atau mengelupas setelah lama digunakan. Cara membersihkannya adalah dengan mengelap permukaan kayu menggunakan kain. 

Jika permukaan lapisan coating lama tak diinginkan lagi Anda bisa membersihkan dengan thinner. Tapi jika lapisannya sudah habis atau sebelumnya adalah unfinished furniture, Anda bisa mengelapnya dengan air sabun. 

Jangan lupa lap setiap bagian furniture dan jangan sampai ada bagian yang tertinggal baik permukaan luar dan dalam. Anda akan melihat betapa banyak debu dan kotoran yang menempel di bagian dalam dan luar furniture, sehingga tampilan kayu berubah cemerlang. 

Trik 3. Pengamplasan Terakhir sebelum Mengecat

Anda mungkin sudah tidak sabar untuk menggunakan cat duco terbaik yang telah dipilih sejak lama. Namun persiapan furnitur tidak lengkap tanpa proses pengamplasan. Pada trik pertama Anda sudah melakukan perbaikan kayu dari lubang hingga bagian yang lepas. 

Baca Juga:  Menggunakan Cat Kayu Aman Bebas VOC

Tepat sebelum mengaplikasikan coating apapun, Anda harus masuk ke tahapan pengamplasan. Jenis amplas yang digunakan adalah aluminium oxide dengan nomor sesuai tingkat kasar permukaan kayu. 

Kayu yang sangat kasar bisa dimulai dengan amplas nomor 150 yang kemudian beralih ke nomor 180. Amplas terakhir yang digunakan cukup halus yaitu nomor 220. Pelajari bagaimana teknik pengamplasan yang benar sebelum akhirnya Anda mengecat. 

Trik 4. Melindungi Bagian yang Tidak Dicat

Apakah Anda memiliki bagian furnitur yang tidak ingin dicat? Jika iya, maka lindungi area tersebut dengan isolasi kertas. Jangan lupa letakkan pada bagian yang benar-benar tidak ingin terkena cat. Sehingga hasilnya akan lebih rapi, terlebih jika Anda menggunakan alat semprot. 

Mengapa menggunakan isolasi kertas? karena alat penutup ini sangat rapat menjaga permukaan kayu agar tidak terkena cat. Selain itu sangat mudah dilepaskan setelah selesai mengecat. 

Jika dibandingkan dengan isolasi plastik biasanya akan merusak permukaan kayu karena daya rekatnya yang terlalu kuat. Apalagi jika anda akan menutup bagian material dari besi. Cat bisa mengelupas dan menempel pada isolasi. 

Trik 5. Mengaplikasikan Primer Coat

Ada beberapa proyek yang memungkinkan Anda tidak perlu menggunakan primer. Anda mungkin bahkan melewatkan lapisan primer karena ingin mengecat lebih cepat selesai. Tapi bagaimana Anda bisa tahu hasilnya padahal kemasan cat menganjurkan untuk menggunakan primer? 

Melewati langkah aplikasi primer akan menjamin lapisan coating yang diciptakan tak akan bertahan lama. Di sini tujuannya adalah Anda mengecat untuk mendapatkan coating yang bertahan hingga tahunan. 

Apalah jika Anda akan mengecat pada jenis kayu yang berpori besar dan mudah bleeding. Dengan begitu penggunaan primer adalah wajib sebelum mengaplikasikan cat duco terbaik. Anda tinggal memilih saja warna primer mana yang tepat. 

Baca Juga:  Mendalami Tentang Wood Filler yang Harus Digunakan

Apabila semua trik persiapan ini dilakukan, maka Anda sudah siap masuk ke cara cat duco kayu. Tapi sebelumnya jangan lupa untuk memilih manakah jenis cat kayu yang tepat untuk digunakan. Karena ada begitu banyak merk di pasaran. 

Merk Cat Duco Kayu Terbaik yang Bisa Dipilih 

Berbicara soal merk, Anda harus mencari yang mampu memberikan perlindungan tahan lama. Ada dua jenis cat duco kayu sesuai dengan bahan pelarutnya yaitu solvent dan air. Sangat disarankan untuk menggunakan cat duco water based karena tingkat polusi yang rendah. 

Maksudnya ketika cat masuk ke tahapan aplikasi hingga pengeringan, bahan pelarut tidak menciptakan polusi udara. Merk cat duco terbaik yang direkomendasikan adalah Bioduco. Cat duco kayu series ini sudah lengkap terdiri dari dempul hingga top coat. 

Dengan adanya series produk ini Anda bisa menciptakan lapisan pelindung kayu yang kuat dan hasil warnanya lebih tajam. Warna cat duco kayu yang tersedia ada 20 pilihan warna. Anda tinggal memilih saja manakah warna yang sesuai. 

Apa yang membuat Bioduco istimewa adalah karena aplikasinya bisa dengan kuas atau spray gun. Selain itu bahan pelarut yang digunakan air mampu menghemat pengeluaran saat mengecat. Bagi Anda yang memiliki proyek besar cat ini cocok membantu mendapatkan keuntungan lebih besar. 

Apakah Anda ingin membeli Bioduco? Proses pembelian bisa dilakukan langsung melalui beberapa link berikut ini. 

  1. https://www.tokopedia.com/catkayu 
  2. https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased 
  3. https://shopee.co.id/biovarnish.official 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Shopping Cart
X